MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

5 Desain Sablon Yang Membuat Kaos Mu Lebih Menarik

  • 20 September 2024
  • tera asysyifaa
5 Desain Sablon Yang Membuat Kaos Mu Lebih Menarik

Apakah Anda merupakan pecinta kaos? Dan apakah Anda cukup sering mengenakan kaos dalam kegiatan sehari - hari? Bingung mau sablon apa agar kaos tidak terlihat garing?

Desain merupakan faktor yang krusial dalam membuat sebuah kaos sablon. Karena desain dapat membuat kaos menjadi lebih menarik dan lebih enak dilihat. Maka dari itu penentuan sebuah desain kaos sangatlah penting.

Untuk menuangkan desain pada kaos kita membutuhkan metode cetak sablon. Serta penyesuaian metode sablon yang cocok untuk desain yang kita inginkan. Karena semakin rumit desain maka membutuhkan metode sablon yang mumpuni.

Kini bukan hanya sablon dengan metode manual, untuk menuangkan desain dapat memanfaatkan metode sablon digital yang dimana memberikan kemudahan serta kecepatan dalam proses pencetakan. Perbedaan dari sablon digital ialah penggunaan mesin seperti sebuah printer namun di khususkan untuk material garment.

Nah dalam proses membuat desain sablon kaos, tak sedikit dari kita yang terkadang kekurangan ide atau bosan dengan desain kaos yang begitu-begitu saja. Dalam artikel kali ini, windofa apparel akan mencoba memberikan sedikit ulasan desain sablon apa saja yang bisa membuat kaosmu lebih menarik. Berikut ulasanya :

5 Desain Sablon Kaos Yang Keren

Typografi Desain

Secara umum Desain Typografi ialah sebuah desain yang dibuat berdasarkan kata-kata. Dan desain ini cenderung tidak memiliki gambar ataupun latar warna. Hanya sekedar kata - kata yang diuntai sedemikian rupa.

Typografi yang sering dimanfaatkan sebagai desain sablon seperti kata - kata motivasi seperti “Never Give Up”. Atau kata - kata lucu : “im ON -Energy - Saving Mode”. yang kebanyakan dicetak pada bagian depan kaos ataupun bagian punggung.

desain kaos typografi

Selain itu kita juga dapat menyelipkan Quotes atau nasihat dari para tokoh terbaik. Pada beberapa musisi desain typografi juga sering digunakan sebagai desain official merchandise mereka, tentu dengan mengusung nama band atau jargon dari musisi tersebut.

Karena tingkat kerumitan yang tidak terlalu besar, untuk mencetak desain Typografi tidak memerlukan metode cetak sablon digital. Sebagai gantinya untuk medapat hasil maksimal kita dapat memanfaatkan sablon plastisol sebagai metode sablon.

Atau bila memiliki budget yang tidak terlalu besar kita dapat memanfaatkan desain yang dibanderol dengan lebih murah seperti sablon rubber. Apakah kamu mengenal sablon rubber? Yuk simak : https://windofaapparel.com/product-view/50/6/sablon-kaos-manual/jasa-sablon-kaos-manual-rubber-regular.html 

Simak juga pengertian sablon plastisol : https://windofaapparel.com/product-view/51/6/sablon-kaos-manual/jasa-sablon-kaos-manual-plastisol-regular.html 

Ilustration

desain kaos ilustrasi

Yang kedua kita bisa mengaplikasikan desain ilustrasi. Berbeda dengan typografi, ilustrasi lebih mengedepankan gambar sebagai objek paling besar. Kita bisa mengambil tema ilustrasi dari berbagai sumber.

Misalnya kita menggambarkan sebuah karikatur tokoh, hewan  ataupun vektor yang keren. Mungkin banyak dari kita yang sering melihat desain ilustrasi seperti desain para tokoh kartun, anime hingga hewan peliharaan.

Ilustrasi juga dapat berupa desain geometris yang dilengkapi dengan pola - pola unik sehingga menghasilkan ilustrasi yang keren.

Dalam pembuatanya kita bisa memanfaatkan metode cetak sablon manual seperti sablon plastisol untuk menghasilkan desain ilustrasi ini. Namun bila memiliki desain yang lebih detail dan banyak warna lebih di anjurkan untuk memanfaatkan sablon digital dalam mencetak desain ilustrasi.

Seperti memanfaatkan sablon DTG. Yuk Kenali Sablon DTG : https://windofaapparel.com/product-view/74/7/sablon-kaos-digital/jasa-sablon-kaos-digital-direct-to-garment-dtg.html 

Desain Logo dan Simbol Tertentu

Menggunakan logo serta simbol tertentu juga dapat membuat kaos nampak lebih menarik. Desain ini sering diterapkan oleh beberapa perusahaan yang mengaplikasikannya sebagai kaos seragam ataupun metode promosi.

Desian yang dilengkapi simbol tertentu sering juga diaplikasikan pada beberapa komunitas sekolah. Tak bisa dipungkiri bahwa kreativitas anak sekolah terkadang lebih out off the box, sehingga terdapat beberapa logo atau simbol yang jarang kita temui di pasaran.

Desain dengan logo dan simbol tertentu dapat dimanfaatkan sebagai kaos seragam, kaos keperluan promosi hingga kaos untuk kegiatan gathering ataupun wisata sekolah.

Untuk menghasilkan desain logo atau simbol tertentu kita bisa memanfaatkan sablon manual seperti sablon plastisol ataupun sablon rubber.

Desain Tema

Bagaimana maksud dari desain sablon bertema? Kita bisa membuat sebuah desain sablon dengan memerhatikan tema yang kita usung. Misalnya tema alam. Kita bisa membuat sebuah desain yang menggambarkan sebuah gunung, lautan hingga konsep vintage.

Misalnya, untuk tema gunung, kita bisa membuat desain tema gunung dengan membuat sebuah gunung yang lengkap dengan jalan, perbukitan hingga danau yang menjadikan lebih berwarna. Desain tersebut bisa dibilang dengan desain bertema.

Bukan hanya alam, kita juga bisa mendesain tema vintage misalnya. Mulai dari menampilkan mobil vintage yang dilengkapi latar atau font yang membuat tampilan mobil tersebut menjadi semakin lawas.

Karena desain bertema cenderung memilki objek yang besar, beragam serta detail yang membutuhkan banyak warna. Dianjurkan dalam pembuatanya memanfaatkan sablon digital seperti Sablon DTF.

Sablon Direct To Film atau DTF merupakan sablon digital yang menggunakan mesin DTF dalam mentransfer desain. Memberikan kelebihan berupa hasil sangat baik, warna sangat detail serta proses yang sangat cepat. Karena ibarat sebuah printer yang mencetak sebuah desain pada kaos.

Untuk lebih memahami DTF silahkan untuk mengunjungi : https://windofaapparel.com/product-view/80/7/sablon-kaos-digital/jasa-sablon-digital-direct-to-film-dtf.html 

Desain Campuran

desain kaos campuran

Sesuai namanya, desain campuran merupakan desain dengan pencampuran dua buah atau lebih desain. Misalnya Typografi + Ilustrasi. Campuran gambar beserta tulisan yang saling mendukung dan memberikan nilai plus.

Desain demikian dapat diartikan bahwa memiliki kerumitan serta tingkat kompleks yang tinggi. Untuk menunjang hal tersebut dapat memanfaatkan sablon digital untuk menghasilkan desain yang lebih baik lagi.

Setelah menentukan desain sablon, terkadang ada beberapa pihak yang merasa kesulitan dalam mencari referensi desain. Untuk menunjang tersebut bisa mencari beberapa referensi desain sablon pada beberapa cara berikut :

Fokus Pada Minat Anda

Yang pertama bisa menggunakan minat atau prefensi dari Anda sendiri. Misalnya Anda sangat berminat dalam dunia kartun, Hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai model desain untuk dicetak pada kaos.

Karena desain yang berdasarkan dari minat kita akan menghasilkan desain yang sangat baik. Mengingat kita sangat menggemari hal tersebut.

Cari Melalui Social Media

Ada beberapa social media yang khusus menyediakan rekomendasi desain untuk disablon pada kaos. Misalnya Pinterest. Dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai rekomendasi desain kaos yang bisa kita adopsi.

Tentu diperlukan sedikit perubahan agar kita tidak disangka menyontek hasil karya orang lain. Biasakan untuk memberikan kredit bila kita menggunakan referensi orang ain sebagai bentuk apresiasi.

Amati Trend Saat Ini

Selanjutnya kita bisa mendapat referensi desain kaos dari perkembangan trend terkini. Hal tersebut bisa kita observasi dari tampilan sekeliling kita. Baik ditempat kerja, disekolah hingga ditempat umum seperti cafe dan juga taman.

Dengan begitu kita bisa mengadopsi beberapa style ataupun desain dari pihak lain untuk kita terapkan pada desain kaos kita.

Selain hal referensi, kita juga harus mempertimbangkan dimana kita akan menyablon. Salah satu rekomendasi tempat sablon kaos terbaik ialah Windofa Apparel. Dengan pengalaman lebih dari 7 tahun di dunia sablon kaos.

Jangan ragu untuk menyampaikan kebutuhan Anda seputar kaos dan jasa sablon. Anda bisa menghubungi kami melalui whatsapp ataupun e-commerce kesayangan Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala