MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

5 Tips Mendesain Sebuah Karya Seni untuk Sablon

  • 11 December 2023
  • Windofa Apparel
5 Tips Mendesain Sebuah Karya Seni untuk Sablon

Jasa Sablon Manual - Kita semua tahu bahwa kaos sablon dibutuhkan banyak orang dengan berbagai keperluan. Tetapi mendesain gambar untuk menyablon kaos bisa menjadi PR tersendiri. Berikut adalah beberapa petunjuk penting tentang apa yang tidak boleh dilakukan saat membuat karya seni Anda yang satu ini. Dengan mengikuti panduan ini akan memaksimalkan kualitas pakaian sablon Anda.

1. Gambar Web

Menggunakan gambar dari web bisa jadi berguna, namun perhatikan bahwa sering kali gambar yang bersumber dari web ini berukuran sangat kecil dan disetel ke hanya 72 dpi (kualitas gambar yang sangat rendah). Desainer web menggunakan resolusi dan ukuran serendah mungkin agar halaman mereka dapat dimuat dengan cepat sekaligus menjaga gambar tetap terlihat bagus.

Oleh karena itu, gambar yang diunduh dirancang sedemikian rupa agar terlihat bagus pada ukuran yang relatif kecil seperti yang terlihat di layar dan tidak dicetak di dunia nyata. Dalam hal sablon, bentuk gambar foto seperti ini harus benar-benar dihindari, namun gambar berbasis vektor tidak masalah.

2. Detail

Cobalah untuk menghindari ruang kosong yang sangat kecil karena dapat terisi dengan tinta sablon. Tinta bersifat cair dan oleh karena itu secara alami menyebar sedikit. Jadi ruang kosong yang sangat kecil dapat diisi oleh tinta yang mengelilinginya dengan cukup mudah.

Namun, tidak ada aturan tegas untuk menghindari luntur pada tipe/detail kecil, sehingga setiap karya seni akan dievaluasi berdasarkan kasus per kasus. Namun, pedoman umum yang baik adalah menggunakan font pada atau di atas 12 titik dan ukuran guratan garis atau kerangka lebih besar dari 0,3 pt.

3. Efek Ilustrator

Illustrator memiliki beberapa opsi efek yang keren, namun Anda harus berhati-hati saat menggunakannya, terutama saat membuat karya seni untuk gambar sablon. Cobalah untuk menghindari efek drop shadow atau gradien. Ini sering kali terlihat bagus (pada pandangan pertama) dan menambah dimensi, namun memperumit file Anda dengan mencampurkan jenis gambar dan jenis efek ini tidak berhasil diterjemahkan ke layar.

Jika Anda menginginkan sedikit efek area berbayang atau gradien dalam desain atau logo Anda, itu perlu terdiri dari serangkaian titik-titik yang sangat kecil (jika dilihat dari dekat) yang dari kejauhan akan menciptakan tampilan gradien atau perbedaan tone warna. Ini lebih memakan waktu, tetapi hasil cetakannya jauh lebih baik.

Baca Juga: Keunggulan Lebih dari Sablon Kaos Digital

4. Transparansi

Di Illustrator, ketika dua bentuk tumpang tindih dan yang di atas memiliki opacity yang diatur lebih rendah dari 100%, warna bentuk di bawahnya akan mempengaruhi warnanya. Misalnya, jika lingkaran di bawah berwarna merah dan lingkaran di atas berwarna biru dengan opacity 50%, bagian yang tumpang tindih berwarna ungu. Namun dalam hal sablon, hasilnya hampir tidak pernah seperti itu karena transparansi tinta yang tidak dapat diprediksi dan pigmen yang bercampur. Jika Anda mempunyai skenario tipe merah + biru = ungu, gunakan warna titik ungu sebagai pengganti transparansi.

5. Masalah Warna

Tinta memiliki tingkat transparansi yang berbeda-beda. Beberapa rentang warna sangat transparan dan tidak terlihat bagus bila dicetak pada warna dasar tertentu, baik itu lapisan tinta lain atau warna pakaian Anda yang sebenarnya. Hal ini dapat membuat area tersebut tampak kotor dan tidak rapi. Warna biru yang lebih gelap cenderung menjadi salah satunya dan, kecuali Anda mencetak pada pakaian putih, hindari menggunakannya. Satu lagi yang harus diwaspadai, adalah tinta berpendar terang, tinta ini juga sangat transparan dan cenderung menjadi lebih terang dan kehilangan kecerahan saat dicetak pada alas bawah.

Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala