MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

8 Jenis Sablon Manual Beserta Karakteristiknya

  • 13 January 2024
  • Windofa Apparel
8 Jenis Sablon Manual Beserta Karakteristiknya

Jasa Sablon Manual - Sablon kaos manual ternyata memiliki karakteristik yang beragam serta dan mempunyai keunikannya masing-masing. Hal tersebut mungkin yang juga menjadi alasan mengapa masih banyak yang memilih untuk menggunakan sablon manual sampai saat ini. Meskipun ada beragam jenis sablon manual, kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui semuanya secara umum sebagai sablon yang prosesnya dilakukan melalui cara-cara manual. Padahal jenis sablon yang dalam prosesnya dilakukan secara manual mempunyai ciri masing-masing.

Sablon manual sendiri merupakan teknik sablon yang tidak dilakukan menggunakan mesin melainkan menggunakan alat-alat sablon seperti tinta, screen, dan masih banyak hal lainnya. Sesuai dengan jenis tinta yang digunakan, sablon manual bisa dibagi menjadi dua jenis yakni sablon manual menggunakan tinta water based dan oil based. Tapi berdasarkan dua jenis tinta yang berbeda tersebut, sablon manual tersebut kemudian akan dibagi menjadi beberapa jenis. Lantas apa saja jenis sablon tersebut serta bagaimana karakteristiknya?

Berikut penjelasan terkait jenis sablon manual yang perlu Anda ketahui:

Sablon Discharge

Jenis sablon yang satu ini  menggunakan tinta water based yang  pada umumnya akan sangat cocok digunakan untuk bahan kaos cotton combed 30s. Alasannya ialah karena warna dari sablon tersebut bisa menggantikan warna dasar kaos tanpa mempengaruhi hasil dari sablon itu senditi. Jenis sablon ini juga tidak bau sebab adanya campuran obat odorless didalam proses sablon.

Sablon Flocking

Sablon dengan teknik flocking menghasilkan sablon yang timbul,. Sesuai dengan namanya, dalam prosesnya akan digunakan kertas flocking yang didesain sesuai desain sablon untuk ditempel di kaos dengan menggunakan alat press.

Sablon Foam

Sablon jenis foam akan menghasilkan desain 3 dimensi pada kaos. Sablon ini kemudian juga dikenal dengan sebutan sablon 3D. Sama hanlnya dengan kebanyakan jenis sablon manual lain, diperlukan alat pressuntuk mencetak desain kering supaya bisa tercetak pada kaos dengan baik.

Sablon Foil

Apabila sebelumnya Anda telah memperoleh gambaran terkait jenis sablon flocking, maka Anda juga bisa memahami sablon foil ini. Sablon foil merupakan jenis sablon yang juga dilakukan dengan cara menempel bahan desain ke kaos lalu kemudian dilakukan press. Perbedaannya, bahan yang di press bukan kertas flocking, namun merupakan plastik foil.

Sablon Glow in the Dark

Sablon kaos glow in the dark mempunyai  nilai estetika yang sangat tinggi sebab pengguna bisa menggunakan kaos yang bisa terlihat terang ketika suasana gelap. Teknik sablon ini dilakukan dengan bahan phosphor yang menyerap energi serta memancarkan cahaya.

Baca Juga: Memilih Bahan Kaos yang Nyaman untuk Sablon

Sablon High Density

Sablon kaos ini juga bisa bisa menghasilkan efek 3 dimensi pada kaos. Jenis sablon yang satu ini menggunakan bahan karet yang kemudian hasilnya akan terasa timbul ketika disentuh. Tekstur dari tinta sablon yang digunakan ialah tinta Gel sehingga akan sangat cocok untuk desain typography.

Sablon Pigment

Jenis sablon ini mempunyai hasil yang lebih kaku tapi sablonnya tidak mudah lepas dari kain kaos. Hasilnya memang sangat baik meskipun memang masih lebih bagus sablon superwhite yang dilakukan dengan cara sablon yang sama.

Sablon Plastisol

Sablon plastisol menggunakan jenis tinta oil based. Sablon ini mempunyai karakteristika hasil yang tebal serta tahan lama jika dibandingkan dengan sablon lain.

Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala