MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Apa itu Sablon? Manfaat & Pengaplikasiannya

  • 29 January 2024
  • Windofa Apparel
Apa itu Sablon? Manfaat & Pengaplikasiannya

Saat ini, jasa sablon manual adalah jantung dan jiwa dari banyak operasi pencetakan pada kaos secara massal. Popularitasnya pertama kali meningkat pada abad ke-18, ketika impor jaring sutra (komponen utama sablon manual) menjadi mudah dari Timur. Pada abad ke-19, sablon menjadi lazim di dunia periklanan, dan sejak saat itu, sablon telah digunakan secara luas di banyak industri, termasuk ritel dan elektronik karena kemudahan penyesuaian yang diberikannya.

Meskipun sablon dapat dilakukan secara manual (terutama digunakan bila hanya diperlukan pencetakan kecil) sering kali dilakukan secara otomatis, menggunakan tinta dan bahan canggih yang dikombinasikan dengan teknologi komputer untuk mencetak secara massal. Salah satu keuntungan terbesar dari sablon manual adalah dapat mencetak pada hampir semua jenis permukaan, baik itu kain, kertas, kaca, kayu, kartu, plastik atau kulit. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sablon manual, kegunaan, dan manfaatnya.

Apa itu Sablon Manual?

Sablon, juga dikenal sebagai sablon sutra, adalah proses memindahkan desain stensil ke permukaan menggunakan saringan jaring, tinta, dan alat pembersih / penyapu yang terbuat dari karet. Proses dasar sablon melibatkan pembuatan stensil pada layar jaring dan kemudian mendorong tinta untuk membuat dan mencetak desain pada permukaan bawahnya.

Permukaan yang paling umum digunakan dalam sablon adalah kertas dan kain, tetapi logam, kayu, dan plastik juga dapat digunakan. Ini adalah teknik yang sangat populer karena berbagai alasan, namun alasan yang paling kuat adalah banyaknya pilihan warna yang dapat digunakan.

Manfaat Sablon Manual

Saat mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi sablon manual, ada baiknya memikirkan manfaatnya, dimana memang banyak manfaatnya. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Keserbagunaan

Salah satu keunggulan utama sablon adalah keserbagunaannya. Dapat digunakan pada banyak sekali jenis media; misalnya kain, plastik, kayu, kaca atau bahkan logam. Selain itu, banyak warna dapat digunakan. Kebebasan desain hampir tak ada habisnya saat menggunakan sablon manual.

Daya tahan

Dibandingkan dengan metode sablon lainnya, sablon dapat menerapkan cakupan tinta yang tebal, sehingga menghasilkan desain yang tahan lama. Selain itu, pelapis dan bahan tambahan tertentu dapat membuat tinta tahan terhadap sinar UV, goresan, kelembaban, dan bahan kimia. Sehingga produk sablon dapat digunakan di luar ruangan dan di lingkungan yang keras tanpa memudar.

Kecemerlangan warna tinta

Warna-warna cerah dan berani yang dihasilkan oleh sablon manual yang cukup sulit untuk ditiru dengan teknik lain. Untuk desain beberapa warna, lapisan terpisah digunakan, yang memungkinkan setiap warna mempertahankan kecemerlangan aslinya.

Baca Juga: Inilah Jenis Kain Terbaik untuk Transfer DTF

Hemat biaya

Sablon manual adalah metode hemat biaya dalam jangka panjang. Setelah pengaturan selesai, mencetak item dalam volume tinggi relatif cepat dan mudah. Jadi, bisa dikatakan semakin banyak Anda menyablon, semakin murah biaya per potongnya.

Kecepatan dan efisiensi luar biasa

Sablon manual adalah salah satu teknik pencetakan yang paling efisien dan cepat setelah screen dibuat. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika desain yang sama ingin dicetak berulang kali dalam jumlah besar.

Proses langsung

Proses sablon cukup mudah, baik otomatis maupun manual. Selain itu, alat yang dibutuhkan juga tidak sulit atau mahal untuk diganti.

Aplikasi Sablon Manual

Sablon manual lebih serbaguna dibandingkan teknik pencetakan lainnya karena dapat menambahkan desain pada bahan dalam bentuk, ukuran, dan ketebalan apa pun. Hasilnya, sablon telah digunakan dalam berbagai cara, termasuk:

  • Desain pada pakaian
  • Alat kesehatan
  • Stiker
  • Balon
  • Label produk
  • Rambu atau penanda
  • Barang dagangan
  • Desain kain tekstil
  • Produk olahraga

Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala