MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Apa Perbedaan Antara Sablon Digital dan Sablon Manual untuk Kaos Custom Anda?

  • 07 February 2024
  • Windofa Apparel
Apa Perbedaan Antara Sablon Digital dan Sablon Manual untuk Kaos Custom Anda?

Jasa Sablon Digital - Jika Anda sedang meneliti kaos custom, Anda mungkin pernah melihat istilah “sablon manual” dan “digital printing” muncul sebelumnya. Ini adalah dua metode paling umum untuk mencetak pakaian khusus.

Meskipun bordir juga ditawarkan sebagai pilihan untuk menghias kaos, kami merekomendasikan sablon manual atau digital print desain atau logo Anda pada jenis kaos apa pun. Sebagai pemimpin industri kaos custom print, kami sering ditanya apakah sablon manual lebih baik dari sablon digital atau sebaliknya.

Jawaban sebenarnya adalah tidak ada pilihan yang lebih unggul di antara kedua jenis proses sablon tersebut. Intinya adalah memahami kebutuhan Anda dan mencari tahu metode mana yang paling cocok untuk desain, warna, dan bahan kain kaos yang Anda pilih untuk didekorasi. Berikut sekilas perbedaan antara kedua metode sablon tersebut sehingga Anda dapat memutuskan sendiri jenis sablon mana yang sebaiknya Anda pilih.

Sablon Digital

Sablon digital adalah metode sablon pakaian khusus yang jauh lebih baru dan umumnya dikenal sebagai sablon langsung ke garmen atau DTG. Daripada menerapkan satu lapisan atau warna pada satu waktu menggunakan stensil, printer direct-to-garmen akan mengaplikasikan semua warna langsung ke pakaian dalam satu lapisan tinta.

Bayangkan proses ini seperti ketika Anda melihat printer kertas biasa mengeluarkan gambar di rumah. Printer menerapkan semua warna yang diperlukan dalam sekali gerakan, dari atas ke bawah, dan akhirnya menghasilkan gambar penuh setelah kertas keluar. Tinta yang digunakan untuk sablon jenis ini adalah tinta berbahan dasar air yang ringan dan mudah menyerap ke dalam serat pakaian tanpa berantakan.

Dua kelebihan utama dari metode dekorasi ini adalah:

Kemungkinan desain tidak terbatas

Dengan tinta yang diaplikasikan langsung ke pakaian, Anda memiliki lebih banyak ruang untuk berkreasi dengan desain kaos custom Anda. Desain yang sangat detail atau rumit dapat dieksekusi dengan sempurna menggunakan metode sablon ini.

Siap cetak foto

Kelebihan lain dari sablon digital adalah kemampuan untuk mencetak gambar langsung. Baik itu foto orang tercinta, makanan segar, hewan, atau apa pun di antaranya, mencetak langsung ke pakaian memungkinkan Anda menampilkan gambar realistis.

Eksekusi lebih mudah untuk pesanan kecil

Dengan pengaturan minimal dan tidak memerlukan stensil, sablon digital sangat bagus untuk mengeksekusi pesanan dalam jumlah lebih kecil.

Baca Juga: Siapa yang Diuntungkan dari Memesan T-Shirt dalam Jumlah Besar?

Sablon Manual

Sejak diperkenalkan pada tahun 1907, sablon manual telah menjadi metode sablon yang paling umum digunakan untuk kaos custom. Nama umum lainnya untuk sablon adalah sablon sutra. Pada awal proses ini, karya seni pertama-tama dibakar ke dalam stensil jaring. Ini menciptakan stensil karya seni Anda yang kemudian akan ditempatkan langsung di atas pakaian pilihan Anda.

Selanjutnya, stensil Anda dimuat ke mesin cetak dan tinta ditambahkan untuk disapu pada “stensil”. Untuk setiap warna dalam karya seni, stensil berbeda dibuat. Setiap lapisan warna dicetak secara terpisah. Langkah terakhir adalah membiarkan tinta pada kaos mengering. Berikut semua manfaat sablon manual:

Skala ekonomi

Semakin banyak kaos yang Anda cetak, semakin murah biayanya. Karena prosesnya sangat mudah, setelah Anda mencapai jumlah 12 potong atau lebih, pekerjaan yang terlibat dalam produksi setiap kaos khusus menjadi lebih sedikit.

Sederhana

Desain sederhana dicetak dengan mudah berkat metode pengaplikasian tinta yang bersih pada setiap stensil, sehingga menghasilkan cetakan berkualitas tinggi. Metode sablon ini juga cenderung memberikan ruang sablon manual yang lebih besar tergantung pada ukuran stensil.

Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala