MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Apa Saja Keuntungan dan Kekurangan Kaos Polos Berbahan PE?

  • 10 September 2024
  • tera asysyifaa
Apa Saja Keuntungan dan Kekurangan Kaos Polos Berbahan PE?

Kaos polos telah menjadi salah satu pakaian yang sangat sering digunakan oleh berbagai kalangan. Termasuk dalam berbagai kegiatan seperti bekerja, bermain, nongkrong , traveling hingga kegiatan berolahraga.

Mungkin banyak dari kita yang sering mendengar kaos polos berbahan PE atau polyester? Kaos dengan perpaduan bahan antara polyester dan serat cotton. Dipintal sehingga menjadi sebuah kain yang memiliki karakteristik unik.

Dibanding dengan cotton dari serat alami, bahan PE memiliki harga yang relatif lebih rendah. Menjadikan kaos dengan bahan tersebut sebagai alternatif dalam mencipakan kaos polos yang berkualitas dengan harga relatif murah.

Lantas, apa sih kaos polos berbahan PE itu? Dan apa kelebihan beserta kekuranganya? Mari kita simak ulasan berikut :

Apa itu Kaos PE ?

Secara bentuk kaos tidak ada yang berbeda dari kaos polos lainya. Yang membedakan ialah bahan bakunya. PE merupakan kain yang berasal dari perpaduan antara polyester dengan cotton. Dengan perbandingan kandungan 65% + 35%.

kaos polos

Hal tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan kain dengan standarisasi cotton alami seperti tekstur yang halus, adem ketika dikenakan serta tidak mudah luntur, melar ataupun susut. Tentu dengan tidak menghilangkan sifat alami dari polyester yang kuat, kokoh serta mudah dalam perawatan.

Dengan begitu kaos polos berbahan PE memiliki karakteristik yang unik dan memiliki beberapa keunggulan beserta kelemahan yang dapat kita jadikan bahan pertimbangan ketika akan membuat kaos.

Lalu apa saja kelebihan dal kekurangan kaos polos berbahan PE?

Kelebihan Bahan PE

Kokoh dan Awet

Hal pertama yang merupakan kelebihan dari bahan polyester ialah kekuatan kain yang kuat dan awet. Tidak mudah melar apalagi robek meski dicuci secara berulang-ulang. Walau di cuci menggunakan mesin cuci sekalipun.

Dari segi warna karna memiliki sifat alami dari cotton, tentu warna kain PE sangat baik dan juga tahan lama. Meski terpapar matahari secara langsung tak membuat kaos polos berbahan PE menjadi cepat luntur ataupun berbulu.

Ketahanan yang baik sudah tergambar dari pandangan depan saja. Dengan melihat dari jauh saja sudah terlihat kalau PE merupakan bahan kaos yang awet dan juga kuat.

Mudah Dalam Perawatan

Pada dasarnya kaos PE didesain untuk memiliki serat yang kuat dan tidak mudah melar. Dan kaos tersebut dipercaya sebagai sebuah solusi yang bisa memberikan kualitas baik tanpa harus merawat dengan ribet.

Maka dari itu, kelebihan dari kaos polos PE salah satunya kemudahan dalam perawatan. Seperti kemudahan dalam mecuci serta menjemur kaos tersebut. Tidak memerlukan teknik pencucian khusus ataupun penyetrikaan yang rumit.

Mencuci menggunakan mesin pun tidak akan berpengaruh pada kaos PE. Meski dicuci menggunakan mesin dalam jangka waktu yang cukup lama ataupun berulang. Yang penting pastikan menyetrika kaos pe dengan suhu yang pas. Karena suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan serat kaos melelh dan juga menempel pada setrikaan.

Tidah Mudah Luntur Serta Tahan Noda

Meski berasal dari serat buatan ( kimia ), PE atau polyester memiliki kemampuan penahanan warna yang cukup baik. Dalam arti kain polyester tidak mengalami pelunturan warna, meski telah dicuci serta diapakai berkali-kali.

Selain itu polyester juga memiliki kemampuan anti noda yang cukup baik. Untuk membersihkan kaos polyester tidak membutuhkan pencucian yang rumit, berat ataupun ribet. Cukup dengan mengucek secara perlahan dengan detergent anti asam. Dengan mudah noda pada polyester akan luntur.

Atau memanfaatkan mesin cuci akan lebih mudah untuk meenyapkan noda pada kaos dengan bahan polyester. Dan kita harus meyakini bahwa kain polyester tersebut tidak akan mudah luntur meskipun telah melalui proses pencucian berulang. Sangat praktis bukan?

Harga Yang Cukup Terjangkau

Salah satu hal terpenting dalam membuat sebuah kaos sablon ialah harga bahan yang relatif terjangkau. Bisa dibilang kaos polos PE memiliki harga banderol yang lebih murah dibandingkan dengan berbagai bahan baku lainya.

Harga terjangkau ini dapat dimanfaatkan sebagai media kaos yang murah, tepat dan praktis. Meski tergolong murah namun bahan polyester tetap dapat diandalkan dalam membuat kaos polos. Salah satu product kaos polos terbaik dengan merk Black Colony seperti berikut : https://windofaapparel.com/product-view/90/1/kaos-polos/kaos-polos-pe-30s-short-sleeve-black-colony-eco-soft-1200-pre-order.html 

Meski menggunakan bahan polyester namun kaos tersebut tetap mudah untuk dipalikasikan dengan cetak sablon. Bila menghendaki membuat sebuah kaos sablon ada baiknya menggunakan metode sablon plastisol untuk menghasilkan desain yang baik. Berikut untuk mengetahui sablon plastisol lebih dalam : https://windofaapparel.com/product-view/51/6/sablon-kaos-manual/jasa-sablon-kaos-manual-plastisol-regular.html 

Meski memiliki banyak kelebihan, layaknya produk apapun kaos berbahan PE juga memiliki kelemahan. Apa saja kekurangan dari kaos berbahan polyester atau PE?

Kekurangan Kaos PE (Polyester)

Agak Gerah Ketika Digunakan

Yang pertama karena bahan PE merupakan bahan sintetis yang dipintal menjadi sebuah kain, maka pada pemakaiannya menyebabkan kita agak sedikit gerah ketika mengenakanya. Hal itu juga didukung dengan serat kaos yang memang lebih kasar dibanding dengan bahan cotton.

Selain itu serat yang rapat dan cenderung tidak memiliki sirkulasi yang mumpuni membuat kaos ini terasa panas saat kita kenakan. Karena udara cenderung terperangkap didalam kaos.

Apalagi bila dikenakan pada kondisi kegiatan yang aktif, akan lebih terasa gerah dan juga panas. Walau beberapa polyester dimanfaatkan sebagai jersey dan juga seragam olahraga.

Kurang Baik Dalam Menyerap Keringat

Selanjutnya, kaos polos dengan bahan PE agak kesulitan dalam menyerap cairan. Dengan kata lain bila saat dikenakan dan kita yang mengenakanya berkeringat maka dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

Hal ini menyebabkan kaos pe tidak layak untuk dikenakan oleh Anda yang memiliki permasalahan dengan bau badan. Apalagi bila Anda termasuk dalam pribadi yang aktif bergerak.

Dapat Menyusut Ketika Terkena Panas Yang Berlebih

Perlu diperhatkan dalam menjemur kaos polos berbahan PE untuk memperhatikan tingkat panas yang terarah pada kaos. Karena semakin tinggi panas yang mengarah pada kaos berbahan PE kaos tersebut dapat susut atau mengecil.

Tak ayal bila banyak pengguna kaos PE mengeluhkan akan mengecilnya kaos sesaat setelah dijemur pada panas matahari langsung. Untuk mengurangi resiko tersebut tak ada salahnya untuk memposisikan kaos polyester tidak langsung terkena cahaya matahari.

Meleleh Saat Distrika

Memang polyester sangat mudah dalam perawatan. Akan tetapi dalam proses penyetrikaan akan mengalami reject atau kerusakan bila disetrika pada suhu yang relatif tinggi. Dengan begitu ada kalanya untuk memberikan alas pada saat menyetrika untuk memberikan keamanan ekstra saat menyetrika.

Atau tidak di setrika juga dapat dijadikan pilihan. Karena sejatinya kaos dengan bahan polyester tidak mudah kusut.sehingga tanpa menyetrikanya pun tidak akan berpengaruh pada keadaan kaos. Akan tetap dapat dikenakan secara rapi.

Demikian beberapa kelebihan serta kekurangan dari kaos polos berbahan PE ( Polyester ). Ulasan diatas hanya bersifat mengedukasi dan memberikan pertimbangan untuk memilih bahan pembuatan kaos polos secara bijak.

Bila Anda berkenan membeli kaos polos dapat menghubungi whatsapp dari windofa apparel. Atau ikuti social media kami untuk mendapatkan penawaran terbaik di @windofaapparel. Pastikan bahan kaos polos kamu merupakan bahan terbaik agar nyaman saat dikenakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala