MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Apakah Transfer DTF Sama dengan Sublimasi?

  • 22 February 2024
  • Windofa Apparel
Apakah Transfer DTF Sama dengan Sublimasi?

Print DTF meteran atau Transfer DTF adalah teknologi pencetakan unik karena berbeda dari kebanyakan metode pencetakan atau sablon pada kaos atau material lainnya. Pencetakan transfer yang diterapkan pada kertas khusus memungkinkannya dipindahkan ke kain atau kayu. Karena ada tiga metode pencetakan transfer yang berbeda, perbedaan di antara keduanya sangat menarik. Ini adalah sablon sutra, pencetakan transfer sublimasi dan pencetakan transfer DTF. Di antara metode pencetakan ini, perbedaan antara sublimasi dan transfer DTF adalah yang paling menarik.

Apa itu Pencetakan Transfer Sublimasi?

Pencetakan transfer sublimasi adalah metode yang memungkinkan gambar yang disiapkan di komputer untuk ditransfer ke kertas transfer. Meskipun mirip dengan transfer DTF, namun memiliki beberapa perbedaan. Itu diterapkan dengan bantuan tinta sublimasi dan printer. Hal ini memungkinkan desain yang disiapkan dengan mesin perpindahan panas untuk dicetak. Transfer sublimasi, yang memiliki biaya investasi rendah, dapat digunakan dalam cetakan yang dibuat secara custom sedemikian rupa. Ini juga merupakan teknik pencetakan yang disukai saat membuat produk promosi tertentu.

Apa itu Transfer DTF?

Sablon transfer DTF adalah teknik pencetakan yang menciptakan desain khusus yang dapat diterapkan pada berbagai produk. Teknik pencetakan ini menggunakan teknologi inkjet dan teknologi panas. Karena ini adalah teknik pencetakan digital, waktu pengaplikasiannya sangat singkat. Pada langkah pertama prosesnya, menggunakan empat warna yang disebut CMYK.

Kemudian menggunakan film PET yang disebut polietilen tereftalat. Setelah mengaplikasikan tinta pada film PET, ia mencetak desain pada film tersebut. Selama proses pencetakan ini, lem diaplikasikan. Lem ini membuat hasil cetakan mengeras dan menempel lebih baik pada permukaan. Gambar dipindahkan ke permukaan produk dengan alat press panas dan cetakan siap.

Apa Perbedaan Antara Transfer DTF dan Sublimasi?

Meskipun ada kesamaan antara transfer DTF dan sublimasi, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan. Proses pencetakan dan daya tahan menjadi salah satu perbedaan yang perlu ditonjolkan. Keduanya menggunakan panas dalam proses pemindahan desain ke produk. Namun, dalam pencetakan DTF, lem diterapkan saat mentransfer desain ke produk. Namun, karena tinta sublimasi kuat, tinta tersebut langsung merekatkan hasil cetak ke kain.

Baca Juga: Cara Menggunakan Pakaian Custom untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Di sisi lain, ukuran cetakan juga merupakan perbedaan yang mencolok. Pencetakan DTF biasanya mencetak pada ukuran 12"x15" sedangkan pencetakan sublimasi dapat mencetak hingga 16"x20". Oleh karena itu, pencetakan DTF menghasilkan cetakan yang lebih kecil dibandingkan pencetakan sublimasi. Berdasarkan hal ini, kita dapat mengatakan bahwa print DTF meteran akan diterapkan pada proyek-proyek kecil.

Tekstur cetak juga merupakan perbedaan penting antara transfer DTF dan sublimasi. Dalam pencetakan DTF, tinta diaplikasikan langsung ke kain. Hal ini menciptakan tekstur yang lembut dan halus saat desain diaplikasikan ke permukaan. Hal ini karena tinta menempel dengan baik pada permukaan material. Pada pencetakan atau sablon sublimasi, bahan menyerap tinta sehingga menghasilkan tekstur keras pada kain.

Apakah Hasil Teknik DTF Bertahan Selama Teknik Sublimasi?

Untuk mengukur berapa lama transfer DTF dan sublimasi bertahan, Anda perlu membandingkan kualitas tinta. DTF dan sublimasi keduanya menggunakan tinta unik. Tinta DTF yang benar dan berkualitas tinggi bisa lebih tahan lama dibandingkan tinta sublimasi biasa. Hal ini juga berlaku bila tinta sublimasi berkualitas diterapkan. Kinerja printer juga merupakan faktor lain yang mempengaruhi ketahanan gambar.

Umur panjang transfer DTF dan cetakan sublimasi juga bergantung pada frekuensi dan metode pencucian kain. Hasil cetakan awet bila dicuci dengan air dingin dalam waktu singkat. Namun, secara ringkas, kita dapat mengatakan bahwa pencetakan DTF lebih tahan lama dibandingkan pencetakan sublimasi. Namun, pencetakan sublimasi lebih hemat biaya dibandingkan transfer DTF. Namun demikian, jika Anda ingin menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dan estetis, Anda harus berinvestasi pada printer yang bagus. Atau cukup menggunakan print DTF meteran dari Windofa Apparel.

Windofa Apparel print DTF meteran sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa print DTF meteran yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala