MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Cara Mendesain Kaos: 3 Tips Praktis dari Para Profesional

  • 05 December 2023
  • Windofa Apparel
Cara Mendesain Kaos: 3 Tips Praktis dari Para Profesional

Jasa Sablon Manual - Ingin tampil beda dari yang lain dengan desain kaos unik yang Anda buat sendiri? Ingin memproduksi pakaian kerja khusus untuk tim Anda atau mungkin Anda ingin membangun kesadaran merek dengan sablon kaos yang unik? Apa pun alasan Anda ingin membuat desain kaos pesanan, Anda perlu mengetahui beberapa aturan dasar tentang cara mendesain kaos agar dapat melakukannya dengan benar pada kali pertama.

Inilah sebabnya tim ahli sablon kaos kami di Windofa Apparel memutuskan untuk menyusun daftar tip desain kaos yang berguna ini untuk Anda. Dari warna, detail karya seni, hingga teknik pencetakan, semuanya kami bahas di bawah ini. Mari kita mulai!

1. Desain Kaos dengan Kepribadian

Setiap desain kaos dibuat karena suatu alasan. Jika Anda memiliki bisnis, Anda mungkin ingin membuat seragam untuk meningkatkan semangat tim atau Anda mungkin mencoba mempromosikan merek Anda di sebuah acara atau di jalan dengan pakaian bermerek baru yang menarik perhatian.

Jika itu masalahnya, Anda perlu mendesain kaos yang mencerminkan merek Anda. Warna, font, logo, dan kepribadian semuanya menjadi faktor penentu. Selain itu, menghasilkan desain kaos keren yang disukai karyawan Anda berarti mereka benar-benar akan melakukannya. Mereka akan punya alasan untuk mengenakan pakaian bermerek Anda di waktu luang mereka juga, sehingga memberi Anda lebih banyak eksposur merek.

Dalam semua skenario ini, tips yang berguna untuk memulai karya seni Anda adalah dengan terlebih dahulu melakukan brainstorming tentang ciri-ciri kepribadian yang ingin Anda tunjukkan pada kaos tersebut. Apakah Anda ingin terasa lucu dan sarkastik atau mungkin ironis dan santai, atau mungkin Anda mencari getaran rock & roll yang kental? Apapun jawabannya, tuliskan dan terus tuliskan semua asosiasi yang muncul di benak Anda, termasuk lelucon, hal-hal yang Anda sukai, dan gambar yang menurut Anda sesuai dengan kepribadian kaos Anda.

2. Pilih Warna Anda dengan Bijak

Memilih warna adalah hal yang jelas untuk dilakukan, jadi bagaimana ini bisa menjadi tip profesional? Nah, ketika berbicara tentang cara mendesain kaos dengan sukses, yang terpenting bukan hanya tentang memadukan warna favorit Anda. Berikut adalah beberapa hal utama yang perlu dipertimbangkan dan alasannya:

  • Warna kaos: Aturan umumnya adalah menggunakan warna terang pada kaos berwarna gelap dan warna gelap pada kaos berwarna terang untuk kontras yang lebih baik. Namun, kombinasi warna menjadi lebih penting jika kaos Anda tidak berwarna hitam atau putih.
  • Lebih sedikit lebih baik: Terlalu banyak warna dapat mengganggu. Biasanya, desain dengan hanya tiga warna yang serasi dapat memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan desain yang memiliki lusinan warna. Gunakan kemampuan diri untuk membuat desain dan pesannya menonjol.

Baca Juga: Berapa Lama Cetakan Kaos Digital Bertahan?

  • Biaya untuk warna: Jika Anda baru mengenal pencetakan kaos, Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi semakin banyak warna yang ditampilkan pada desain kaos, semakin mahal biaya produksinya. Selain itu, sebagian besar mesin cetak kaos memiliki jumlah warna maksimum yang dapat mereka cetak dalam satu desain.
  • Tidak semua warna sama: Warna yang sama persis tidak bisa dipastikan. Tinta printer kaos akan menghasilkan warna yang paling mendekati warna yang Anda tampilkan kecuali Anda menggunakan tinta Pantone (PMS) atau CMYK khusus. Itu dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang sama persis, tetapi ini merupakan pilihan yang lebih mahal.

3. Ukuran itu Penting

Ada beberapa cara di mana ukuran dapat memengaruhi produk akhir desain kaos Anda baik pada karya seni digital asli maupun pada kaos di kehidupan nyata.

Ukuran kaosnya

Apakah Anda mendesain kaos standar dewasa, kaos remaja, atau crop top? Berapa ukuran kaos yang Anda buat dan apakah Anda membuatnya hanya dalam satu ukuran atau beberapa ukuran? Semua pertanyaan ini penting pada tahap desain karena ukuran karya seni bervariasi berdasarkan ukuran kaos.

Ukuran file digital

Untuk siap dicetak, desain kaos Anda harus disiapkan dan diformat dalam file digital khusus. Ukurannya sangat penting untuk faktor-faktor berikut:

  • Ukuran cetak: Ukuran cetak atau ukuran sebenarnya dari gambar pada kaos.
  • Ukuran file gambar: Diukur dalam byte, ukuran gambar mencerminkan berapa banyak ruang yang digunakan file gambar di drive dan ini merupakan indikasi kualitas yang baik. Biasanya semakin besar ukurannya, semakin baik kualitasnya namun beberapa sistem pencetakan memiliki persyaratan ukuran maksimum.
  • Resolusi: Setiap gambar digital terdiri dari ribuan titik atau dot (piksel) di layar. Kepadatan piksel disebut resolusi gambar dan diukur dalam DPI (dot per inci) untuk cetakan atau PPI (piksel per inci) untuk gambar digital. Semakin rendah resolusinya, gambar akan semakin buram. Resolusi yang disarankan untuk pencetakan kaos adalah minimal 300ppi.

Sebagian besar perusahaan percetakan akan menyarankan Anda untuk membuat desain kaos Anda sebagai vektor (PDF, EPS, AI, atau SVG) karena grafik vektor tidak berhubungan dengan resolusi, sehingga mudah diskalakan dan mudah disesuaikan dengan ukuran kaos apa pun.

Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala