MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

cara merawat sablon plastisol

  • 18 July 2023
  • Tera Asysyifaa
cara merawat sablon plastisol

Sablon adalah metode mencetak sebuah gambar pada kaos dengan metode kain kasa atau saring. Salah satu sablon yang paling sering digunakan adalah sablon kaos plastisol. Sablon kaos plastisol sendiri adalah sablon manual yang menggunakan tinta berbasis minyak, dan menghasilkan kerapatan nya lebih baik dari jenis sablon lainnya.

Karena menggunakan tinta berbasis minyak dan menghasilkan sablon yang lebih timbul tak ayal jika sablon kaos plastisol lebih mahal dibandingkan dengan sablon kaos manual. Meski memiliki kelemahan agak lebih sulit kering dibandingkan dengan jenis sablon lainya.

Selain itu sablon plastisol cenderung menghasilkan warna yang terang dan tajam, apalag bila dicetak pada bahan cotton, Seperti kaos cotton combed. Akan menjadi sebuah kaos custom yang kece nan ciamik.

Dengan perbedaan tersebut, tentu sangat disayangkan bila sablon kaos plastisol rusak ataupun mengelotok. Sebetulnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas serta keawetan sablon kaos plastisol. Lebih lengkapnya mari kita simak ulasan dibawah ini.

Cara merawat sablon kaos plastisol anti ngelupas

Hindari menyikat pada sablon kaos plastisol

Menyikat langsung kaos akan merusak tektur kaos dan juga sablonya. Hal ini termasuk untuk sablon kaos manual, sablon kaos digital maupun sablon kaos plastisol.

Memang menyikat kaos sablon plastisol saat mencuci dapat mengurangi noda membandel dengan cukup cepat, akan tetapi menggunakan sikat yang dasarnya bertekstur kasar maka dapat membuat tipisnya ketebalan sablon kaos plastisol yang nantinya akan membuat sablon menjadi ngelontok.

Semakin sering area sablon di gosok maka akan semakin nglontok yang menyebabkan makin lama sablon makin mengelupas dan hilang. Tentu kita semua tidak ingin hal tersebut terjadi.

Sablon ngelontok tetap akan terjadi walau kita menggunakan sikat dengan bahan dasar yang cukup halus, seperti sikat gigi. Karena pada dasarnya menyikat menyebabkan partikel sablon terangkat dan terjadi nglontok.

Maka dari itu untuk menjaga kualitas dari sablon kaos plastisol lebih dianjurkan untuk mencuci dengan metode ucek. Agar kualitas sablon tetap terjaga.

Gunakan detergen yang tidak mengandung asam

perawatan sablon plastisol

Hal kedua ini juga tidak kalah pentingnya. Penggunaan detergen saat mencuci sangatlah berpengaruh. Kandungan asam dalam sebuah detergen dapat mengikis secara perlahan sablon kaos plastisol.

Dianjurkan untuk menggunakan detergen tanpa kandungan asam yang nantinya akan tetap dapat menjaga kondisi sablon plastisol pada kaos. Hindari juga menggunakan pemutih, walau dapat mengangkat noda dengan cepat penggunaan pemutih dapat membuat sablon ngelontok.

Untuk memastikan apakah detergent mengandung kandungan asam, dapat dilihat pada bagian bungkus detergent. Tentang komposisi beserta kandungan yang terdapat pada sabun anti noda untuk mencuci.

Kebanyakan namun tidak semua, detergent yang mempunyai kandungan asam ialah sabun cuci dengan bentuk butrian atau serbuk. Tapi perlu diingat tidak semuanya, maka dari itu dibutuhkan ketelitian dalam memilih sabun untuk mencuci.

Jauhkan dari sinar matahari langsung

Langkah selanjutnya untuk membuat sablon kaos plastisol tetap awet adalah menghindari terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Karena berbasis minyak sablon kaos plastisol akan berubah warnanya (belel)  bila sering terkena sinar matahari secara langsung. Windofa sangat menyarankan untuk menjemur kaos dengan cara dibalik agar tidak terkena paparan sinar matahari.

Atau menjemur di area yang lebih ramah sinar matahari, walau keringnya agak sedikit lama namun dapat menjaga kualitas sablon kaos plastisol leboh aman.

Mau Pesan Jasa Sablon Plastisol : Jasa Plastisol Windofa Appparel

Menyetrika dengan cara dibalik pula

Selain menjemur dengan cara dibalik, menyetrika dengan cara dibalik juga dianggap ampuh dalam mempertahankan kualitas sablon kaos plastisol.

setrika uap untuk sablon plastisol

Ketika menyetrika kaos pastikan kamu menyetrika melalui balik sablon atau menggunakan alas seperti koran ketika menyetrika tepat di sablon kaos plastisol. Panas setrika dapat membuat sablon mengelupas dan belel.

Atau gunakan setrika uap agar lebih ramah pada sablon kaos plastisol. Bila Anda tidak memiliki setrika uap, memanfaatkan ruangan dengan sirkulasi baik juga merupakan solusi. Karena pada dasarnya sablon plastisol bisa kering hanya dengan terkena aliran udara yang lancar.

Sablon Kaos Plastisol Windofa Apparel

Bila kamu mencari jasa sablon kaos plastisol dengan harga terjangkau dan kualitas yang sangat baik pilih saja windofa apparel. Selain itu banyak juga keuntungan bila kamu menyablon di Windofa Apparel : 

  1. Bebas desain
  2. Bisa Gradasi
  3. Menggunakan Tinta berkualitas premium
  4. Pengerjaan Cepat

Selain point point diatas masih banyak keuntungan yang akan didapatkan bila kamu order sablon di windofa apparel. Kunjungi kami di www.windofaapparel.com atau kunjungi social media kami untuk melihat beberapa portofolio yang pernah kami kerjakan di @windofaapparel.

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala