MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Cara Sablon pada Berbagai Jenis Kain

  • 23 January 2024
  • Windofa Apparel
Cara Sablon pada Berbagai Jenis Kain

Jasa Sablon Manual - Dengan teknik masa kini dan tinta sablon modern, hasil luar biasa dapat dicapai, apa pun kain yang Anda pilih untuk dicetak. Berikut beberapa tips sablon berbagai tekstil dengan menggunakan tinta berbahan dasar air. Ini adalah topik besar, jadi kami akan menguraikannya sedikit demi sedikit.

Kain Katun

Campuran katun adalah pilihan populer untuk sebagian besar sablon tekstil. Benang katun biasanya multifilamen sehingga cenderung lebih mudah menyerap tinta dibandingkan benang sintetis. Kain katun khususnya sering kali lembut, sedangkan katun tenunan bisa terasa sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin. Ada juga peningkatan penggunaan kapas organik seiring dengan upaya dunia mencari cara-cara berkelanjutan untuk hidup lebih harmonis dengan planet ini.

Dengan sablon apa pun pada kain apa pun, Anda harus melakukan proses curing cetakan tersebut. Bisnis baru saat ini lebih cenderung menggunakan mesin heat press atau unit flash dry karena alasan biaya dan ruang. Katun juga bisa dikeringkan dengan mesin pengering, disetrika dengan tangan, atau bahkan dipanggang dengan api kecil untuk proses curingnya.

Kain Sutra

Sifat sutra yang bernilai tinggi meliputi kelembutan, kilau tinggi, dan rasio kehangatan terhadap berat yang luar biasa. Meskipun demikian, ada beberapa cara agar sutra dapat ditenun untuk membuat kain seperti taffeta, sifon, atau krep, atau dirajut sebagai jersey.

Saat mencetak pada kain sutra, Anda harus sangat berhati-hati agar kain tidak bergerak di atas meja cetak atau pelat. Untuk menghindari pergerakan kain, gunakan meja khusus untuk menjaga kain tetap di tempatnya, khususnya jika mencetak desain multi-warna. Jika kain sutra sangat halus, maka Anda harus menggunakan saringan dengan jumlah mata jaring yang lebih tinggi. Namun, hal ini dapat menimbulkan beberapa tantangan, terutama untuk printer baru.

Kain Wol

Kain wol umumnya menawarkan permukaan kain yang kurang menyerap untuk sablon. Tidak jarang kain wol mempertahankan lapisan lanolin (minyak wol). Ini merupakan nilai tambah karena tetap hangat saat basah, namun tidak untuk sablon dengan tinta berbahan dasar air. Ketahanan terhadap pencucian, gesekan, dan dry-clean pada sebagian besar sablon pada kain wol kemungkinan besar akan terganggu.

Namun, campuran wol / sutra dan wol / katun benar-benar dapat disablon. Namun untuk printer baru, mencetak dengan bahan wol murni mungkin sebaiknya dihindari sampai Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Baca Juga: Membuat Sablon Unik dalam Proses Transfer Cetak DTF

Umumnya, semakin tebal kainnya, biasanya semakin banyak pula tinta kain sablon yang dibutuhkan. Jika kainnya bertekstur, detail cetakannya tidak ideal. Untuk kain yang kasar, sebaiknya Anda memilih desain yang tidak terlalu rumit dan menargetkan desain detail dengan hasil yang lebih tajam hanya pada kain halus. Hal ini berlaku untuk kain lain dan juga wol.

Kain Kaos

Kaos biasanya terbuat dari katun murni atau campuran poliester/kapas dan dibuat sebagai kain Jersey; kain elastis ini cenderung menghasilkan cetakan yang cukup baik. Tinta tekstil berbahan dasar air akan memberikan hasil yang lebih unggul dibandingkan tinta plastisol yang menempel di atas kain.

Tinta berbahan dasar air menawarkan hasil yang jauh lebih lembut. Seperti halnya sutra, konstruksi jersey yang lebih lembut meningkatkan kemungkinan kain bergerak selama proses pencetakan, jadi pastikan untuk menggunakan meja khusus sablon untuk memastikan kain Anda tetap di tempatnya saat Anda mencetak.

Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala