MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Jenis-Jenis Sablon Digital Terpopuler dalam Dunia Industri Fashion

  • 03 October 2023
  • Windofa Apparel
Jenis-Jenis Sablon Digital Terpopuler dalam Dunia Industri Fashion

Jasa Sablon Digital - Seiring perkembangan jaman serta teknologi, teknik mencetak desain yang dilakukan pada permukaan kaos/bahan kain bisa dilakukan dengan lebih mudah. Kini, sudah tidak perlu lagi  membuat layar ataupun membuat pola desain ke layar. Terdapat teknologi mesin yang bisa digunakan secara khusus untuk mencetak desain tersebut baik secara langsung ataupun dengan menggunakan media transfer. Teknik sablon seperti ini disebut dengan sablon digital.

Kini terdapat berbagai jenis sablon digital yang populer digunakan dalam mencetak desain di atas kaos. Lantas apa saja jenis-jenisnya?  Berikut beberapa teknik sablon menggunakan digital printing yang perlu diketahui:

Transfer Paper

Teknik sablon digital yang satu ini dilakukan dengan menggunakan kertas khusus sebagai media transfer artwork/desain ke permukaan kaos. Terlebih dahulu desain dengan menggunakan printer ke transfer paper, lalu kemudian dipindahkan ke permukaan kaos dengan menggunakan proses pengepresan dengan suhu 100 hingga 150oC. Untuk jenis kertas yang digunakan berbeda antara kain warna terang  serta warna gelap.

Kelebihan dari teknik ini diantaranya ialah:

  • Desain serumit apapun dan juga warna sekompleks apapun dapat dilakukan
  • Proses bisa dilakukan dengan sangat cepat.
  • Dapat digunakan untuk beragam jenis bahan kain, misalnya katun, polycotton, polyester, sutera, kanvas, dan lain sebagainya.

Namun untuk hasil sablon ini memang membutuhkan perawatan khusus, terutama ketika mencuci.

Sublimasi

Teknik sublimasi dilakukan dengan mencetak desain pada kertas sublimation dengan menggunakan printer inkjet, lalu dipress menggunakan suhu 200 hingga 250oC. Sablon sublimation dilakukan dengan menggunakan tinta khusus sublime.

Kelebihan dari jenis sablon ini ialah:

  • Proses dilakukan dengan cepat
  • Warna hasil sablon lebih cerah terutama pada kaos yang menggunakan bahan polyester.

Namun pada umumnya jenis sablon ini tidak bisa digunakan untuk mencetak desain dalam ukuran besar.

Rubber Transmax

Teknik sablon yang satu ini merupakan versi  upgrade dari sablon sublimasi, yang mana rubber transmax bisa digunakan untuk mencetak desain untuk jenis bahan katun combed. Proses produksi juga bisa dilakukan dengan lebih cepat yakni hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Kelebihan dari jenis sablon yang satu ini diantaranya ialah:

  • Proses dilakukan dengan sangat cepat
  • Bisa mencetak desain ke bahan katun combed.

Duracotton

Sablon digital teknik duracotton hampir sama atau mirip dengan sublimasi, tinta yang digunakan juga tinta sublime. Tapi desainnya akan dicetak pada kertas khusus duracotton, lalu ditransfer ke kain menggunakan hotpress bersuhu 200 C.

Kelebihan dari teknik ini ialah:

  • Proses sablon dilakukan dengan cepat.
  • Dapat diterapkan pada bahan katun

Namun, untuk warna hasil sablonnya memang tidak secerah sublimasi.

Baca Juga: Solusi Print DTF Meteran untuk Menghemat Biaya Produksi

Ecosolvent

Sablon ecosolvent dilakukan dengan menggunakan tinta khusus yang dipakai untuk mencetak desain dari wide format printer. Llau, kertas dipotong menggunakan plotter untuk kemudiana dipress pada suhu 200oC.

Kelebihan dari teknik ini ialah:

  • Hasil sablon waterproof atau tahan air
  • Hasil sablon lebih cerah
  • Bisa dilakukan pada bahan apa saja, termasuk untuk pakaian olahraga air]
  • Dapat digunakan untuk mencetak desain ukuran besar bahkan yang lebih dari 1 meter
  • Biaya cetak ke kertas transfer biasanya lebih murah

Direct To Garment (DTG)

Apabila untuk jenis-jenis sablon digital sebelumnya dilakukan menggunakan media perantara dalam memindahkan desain ke kain, maka untuk sablon DTG, desain akan dicetak secara langsung ke kaos. Sablon DTG memakai printer khusus untuk garment serta menggunakan tinta khusus yang dapat meresap ke dalam kain dan juga tidak luntur.

Kelebihan dari teknik ini ialah:

  • Proses mudah dan cepat, tidak memakai kertas transfer
  • Bisa mencetak berbagai desain full color
  • Sablon bisa meresap ke serat kain dengan tekstur lembut

Windofa Apparel Jasa Sablon Digital sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala