MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Jenis Sablon Kaos Manual yang Banyak Digunakan

  • 07 December 2023
  • Windofa Apparel
Jenis Sablon Kaos Manual yang Banyak Digunakan

Jasa Sablon Manual - Teknik sablon kaos manual menjadi salah satu teknik yang hingga kini masih banyak digunakan dalam dunia percetakan ataupun penyablonan. Selain peralatannya yang terbilang sederhana dan terjangkau, kualitas dari sablon kaos manual juga selalu bisa diandalkan.  Disamping itu, jasa penyedia kursus sablon kaos manual juga semakin banyak serta membuat demand jasa sablon kaos di Indonesia kian mengalami peningkatan. Hal ini pun kemudian membuat sablon kaos teknik manual semakin pupuler..

Berikut beberapa jenis sablon kaos manual yang biasa digunakan oleh para pelaku jasa sablon kaos:

Rubber/Karet GL

Sablon jenis ini menjadi jenis sablon manual yang paling sering digunakan. Sesuai dengan namanya, rubber, sablon kaos ini berbahan dasar karet yang memiliki tingkat elastisitas serta kerapatan yang tinggi. Hasilnya, rubber pun bisa menutup permukaan warna kain dengan baik. Jenis sablon ini cocok digunakan untuk menyablon kaos dengan warna apapun. Selain dijadikan sebagai sablon utama, biasanya sablon rubber juga dimanfaatkan sebagai underbase.

Pigment

Pigmen merupakan bubuk pewarna tinta sablon yang sifatnya meresap kedalam serat kain. Jenis sablon yang satu ini hanya dapat digunakan untuk bahan kaos yang berwarna terang saja. Bahan tersebut tidak dapat disablon pada kain kaos dengan warna gelap sebab karakternya tidak bisa mengalahkan karakter pewarna serat kaos. Karena mempunyai karakter tipis serta menyerap, pada umumnya pada kaos bersablon pigmen akan tetap terlihat tekstur dari kainnya meskipun telah disablon. Warna yang dihasilkan cat pigmen cenderung lebih rata dan juga solid jika dibandingkan dengan tinta lain.

Superwhite

Sablon jenis ini mempunyai karakter menembus serat kain. Tinta sablon superwhite sifatnya lebih transparan dan dapat diaplikasikan di kain yang berwarna gelap. Tinta sablon superwhite terdiri atas dua jenis varian, yakni white untuk tinta putih dan juga color tinta warna lainnya. Salah satu ciri khas yang dihasilkan oleh tinta model ini ialah warnanya yang cenderung pudar (turun warna). Hal ini lah yang membuat Superwhite cocok digunakan untuk desain vintage dengan nuasa oldschool.

Plastisol

Jenis sablon yang satu ini merupakan jenis tinta sablon yang berbasis minyak / PVC (oil based). Yang mana salah satu keistimewaan dari sablon plastisol yang tidak dimiliki oleh jenis sablon lain adalah kemampuannya untuk mencetak dot atau raster dengan ukuran yang super kecil dengan hasil yang memuaskan. Hasil dari sablonan Plastisol yang tidak dapat kering dibawah suhu 160 derajat cecius, yang membuat Plastisol memerlukan peralatan tambahan dalam mengeringkannya.

Baca Juga: Keunggulan Kaos Sablon DTF dan Tips Merawatnya

Discharge

Sablon discharge atau yang sering disebut dengan sablon cabut warna merupakan teknik sablon manual yang mana hasil tintanya bisa mengubah warna bahan kaos. Misalnya ada kaos yang berwarna hitam kemudian disablon tinta discharge warna putih. Maka sesudah disablon bahan kaos tersebut akan berubah menjadi putih.Tapi sablon discharge tidak berfungsi dengan baik di semua bahan kaos. Sablon discharge hanya bisa maksimal apabila diaplikasikan di bahan kaos katun murni yang reaktif.

Timbul (Puffy/Foaming)

Sering disebut sebagai puff print, sablon yang menggunakan bahan karet yang menghasilkan efek timbul ini memerlukan proses pemanasan khusus supaya menghasilkan efek timbul yang maksimal. Cat karet yang dihasilkan tinta sablon foaming akan timbul layakanya foam. Sablon ini tersedia dalam dua jenis basis cairan, yakni berbasis air dan berbasis minyak.

Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala