MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Kaos Polos Pudar? Ini nih cara pencegahanya

  • 18 October 2023
  • Tera Asysyifaa
Kaos Polos Pudar? Ini nih cara pencegahanya

Apakah kamu merupakan sesorang yang menggunakan kaos polos? Namun warna kaos polos kamu mudah sekali luntur? Atau tidak secerah dan setajam ketika saat membeli? Padahal kaos tersebut baru saja dibeli dan dikenakan belum lama?

Permasalahan kusam, kusut hingga lunturnya warna kaos polos merupakan hal yang umum terjadi, bila masa pakai dari kaos tersebut telah lama. Akan tetapi akan menjadi aneh bila sebetulnya kaos tersebut baru saja dikenakan dan warna nya luntur dengan cepat.

Salah satu faktor yang membuat warna kaos menjadi luntur atau pudar adalah kesalahan dalam perawatan. Baik pencucian proses pengeringan hingga faktor luar yang digunakan. Seperti air beserta detergent.

Windofa Apparel memilki kiat - kiat tertentu untuk mengatasi warna kaos yang pudar ataupun luntur. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan kiat tersebut guna para customer kami dapat mengaplikasikanya, dan dapat membuat warna pada kaos polos tidak mudah pudar. Berikut kiat - kiatnya:

Kiat - Kiat Mempertahankan Warna Kaos Polos

Kiat - kiat ala windofa apparel ini merupakan kegiatan yang mudah dan cenderung dilakukan dalam keseharian. Sehingga tidak membuat kiat kerepotan atau kebingungan. Inilah beberapa hal yang perlu dilakuakan untuk menjaga warna kaos tetap tajam

Baca Tag Petunjuk

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membaca petunjuk perawatan yang biasanya terselip pada bagian dalam kaos. Dalam tag tersebut terdapat beberapa saran perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kaos.

Dengan memerhatikan tag tersebut kita akan lebih memahami karakteristik kaos yang kita milki, selain itu pola perawatanya pun akan lebih efektif. Mulai dari pemilihan detergent, suhu air dan lain sebagainya.

Bila mengalami kebingungan dalam membaca tag petunjuk perawatan, jangan ragu untuk bertanya kepada Customer Service pabrikan. Guna mendapatkan pencerahan dan juga mengefektifkan perawatan.

Cuci Dengan Air Bersuhu Dingin

Setelah memahami tag petunjuk, kami menyarankan untuk mencuci kaos polos dengan air yang bersuhu dingin. Di sini air dingin bukan air yang berasal dari kulkas atau beku, namun yang agak jauh dari titik beku.

Atau mudahnya bisa menggunakan air dengan suhu ruangan seperti air yang kita gunakan saat mandi. Dengan menggunakan air dingin warna dari kaos akan lebih terjaga dibandingkan bila direndam pada air hangat.

Walaupun ada beberapa bahan tertentu yang harus direndam dengan air hangat untuk kesempurnaan perawatan, namun penggunaan air hangat berkelanjutan akan membuat partikel pewarna terlepas dari serat kain. Sehingga sangat memungkinkan membuat kelunturan.

Dan yang tidak kalah penting, penggunaan air dingin akan membuat partikel pewarna akan tetap rapat dan menempel sempurna pada kain.

Menggunakan Cuka Saat Mencuci

Cuka adalah salah satu senyawa asam yang bersifat antiseptic. Cuka dapat mengangkat noda dengan cukup cepat tanpa merusak tekstur dan warna kaos polos. Akan tetapi harus dengan dosis yang pas dan tidak berlebihan.

Cuka dapat sedikit disemprotkan kepada bagian kaos yang terdapat noda membandel, lalu diamkan sejenak dan kucek secara perlahan maka noda membandel tersebut akan berangsur hilang. Ada juga noda yang cukup disemprotkan cuka di diamkan sejenak langsung berangur hilang.

Menggunakan cuka dapat menurunkan penggunaan detergent yang dapat mengurangi kualitas kaos dan juga kondisi lingkungan. Karena cuka tidak akan mencemari lingkungan berkat kandunganya yang mudah terurai.

Teknik Menjemur

kaos polos

Bagian akhir dari perawatan warna kaos polos adalah teknik menjemur. Proses menjemur tak kalah penting dari proses lainya, karena kesalahan menjemur dapat berakibat rusaknya kaos besrta lunturnya warna kaos.

Sudah kita ketahui bila sinar matahari dapat merusak tekstur dan juga warna kaos. Namun bila tidak dijemur di bawah sinar matahari terkadang bau apek akan menghinggapi kaos kita. Cara mengatasi hal tersebut dengan menjemur pada ruang yang memilki ventilasi baik.

Lebih sempurna bila ruangan tersebut sedikit terhalang dari sinar matahari, jadi kaos tidak langsung terpapar sinar matahari. Yang tidak kalah penting jangan lupakan untuk memberikan spare waktu yang tidak terlalu lama dalam menjemur kaos.

Waktu penjemuran yang terlalu lama, apalagi berada tepat dibawah sinar matahari akan membuat warna pada kaos rusak. Sehingga setelah kering akan lebih kusut dan juga pudar. Waktu yang pas sekitar 3-5 jam penjemuran.

Apakah bisa kaos diwarnai ulang?

Tentu saja bisa,namun bila kaos yang kita warnai kembali telah terdapat sablon, maka hasinya akan sedikit mengecewakan. Berbeda bila yang melalui proses celup kembali adalah kaos polos. Maka hasil yang dirasakan akan maksimal.

Pewarnaan kembali ibarat obat suatu penyakit, sudah tentu lebih baik mencegah sesuatu yang buruk daripada mengobatinya.

Bila merasa kebingungan dalam proses merawat kaos, jangan ragu untuk menghubungi admin windofa apparel melalui whatsapp. Atau mengikuti instagram kami @windofaapparel untuk mendapatkan berbagai tips and trick seputar perawatan kaos.

Windofa Apparel merupakan toko kaos polos yang berada di Jakarta. Kami siap melayani berbagai kaos, sablon dan juga siap melayani seluruh Indonesia. Sebut saja sablon plastisol, sablon rubber, cetak DTF hingga sablon polyflex siap dilayani oleh windofa apparel.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala