MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Kenali Teknik Sablon Kaos Rubber Foam Lebih Dekat

  • 30 March 2022
  • windofaapparel
Kenali Teknik Sablon Kaos Rubber Foam Lebih Dekat

Sablon kaos rubber foam merupakan salah satu teknik sablon yang membentuk busa menggelembung pada kaos saat finishing. Teknik sablon ini terbuat dari bahan karet, biasanya dalam proses pembuatannya si penyablon akan melakukan langkah pemanasan khusus sehingga bisa memberikan efek timbul. Ingin tahu lebih banyak tentang Sablon Kaos Rubber foam? Yuk, simak ulasan berikut! 

Seputar Sablon Rubber Foam

Untuk Anda yang belum tahu nih, Sablon Kaos Rubber Foam memiliki tingkat lekatan yang sangat kuat pada kaos. Selain itu, sifat rubber foam juga sangat elastis sehingga membuatnya menjadi salah satu jenis sablon terbaik saat ini.

Dalam dunia Garment, Sablon Rubber Foam memiliki nama lain yaitu Puff Print. Pada teknik penyablonan satu ini, tinta yang digunakan tidak boleh sembarangan. Terdapat tinta khusus yang digunakan agar bisa memberikan hasil akhir yang timbul atau meyerupai busa karena lembut dan juga empuk. Menariknya, bahan tinta sablon rubber termasuk sangat murah lho!

Tinta yang dimaksud ialah tinta rubber dan plastisol. Perbedaannya bisa Anda lihat pada hasil akhir saat cetak kaos atau media cetaklainya. Selain itu, tinta juga bisa dicampur antara rubber dan foam dengan perbandingan 80 : 20, 70 : 30 atau 60 : 40, semua bisa disesuaikan dengan seberapa besar pengembangan yang dibutuhkan.

 

Keunggulan Sablon Rubber Foam

Ada banyak keunggulan dari penggunaan Sablon Kaos Rubber Foam, antara lain:

  • Sablon Rubber Foam memiliki sifat elastis karena terbuat dari karet.
  • Saat penggunaan jangka panjang, sablon akan mengikuti ukuran kaos dan tidak murah rusak.
  • Harga jauh lebih terjangkau.
  • Sablon mudah diperbaiki karena berbasis air.
  • Sablon rubber foam bisa menggunakan 3 jenis tinta, Tinta Rubber putih untuk sablon berwarna putih kain warna gelap, tinta rubber netral untuk penetral warna dan tinta rubber transparan untuk dicampurkan dengan warna lainnya.
  • Sablon mudah kering.
  • Tidak mudah luntur.

Dalam dunia konveksi, jika Anda bertanya apa jenis sablon terbaik setelah plastisol? Maka sudah pasti jawabannya ialah sablon rubber. Tidak heran mengapa rubber termasuk jenis sablon yang paling banyak peminatnya saat ini.

 

Baca juga ulasan tentang menarik seputar Perbedaan Bahan Kaos Katun Combed, PE, Carded, TC, dan Katun Bambu.

 

Cara Merawat Sablon Rubber Foam

Selain proses penyablonannya yang mudah, proses perawatan sablon rubber juga tidak terlalu sulit lho! Ingin tahu stepnya? Yuk, simak ulasan berikut :

  • Mencuci sablon rubber foam, cukup rendam sebentar dan pastikan tidak terlalu kencang saat mencucinya dengan mesin, dan tidak teralalu keras saat mengucek ketika mencuci manual agar sablon tidak koyak.
  • Tahap menjemur sablon rubber, pastikan menghindari sinar matahari secara langsung dan gunakan hanger dengan memposisikan sablon di bagian dalamnya.
  • Menyetrika, atur panas normal untuk menyetrika sablon karena bahan ini termasuk bahan yang tidak tahan terhadap panas. Anda bisa melapisi bagian kaos dengan kain ataupun kertas sehingga permukaan setrika tidak menyentuh langsung ke permukaan sablon.
  • Penyimpanan, penggunaan hanger bisa menjadi pilihan terbaik guna menjaga sablon rubber tidak lengket atau mengelupas.

Itulah beberapa ulasan ringkas seputar pengertian, kelebihan hingga teknik perawatan koas sablon rubber foam, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda ya!

IRFAN
IRFAN
+62 815-8456-6554
WhatsApp
ANNISA
ANNISA
+62 812-8426-726
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+62 878-8669-0280
WhatsApp
EVI
EVI
+62 813-8137-2434
WhatsApp
PAYMENT
Payment Option
BCA
2180025319
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
Mandiri
1270005073778
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BRI
033001044536509
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BNI
399499219
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala