MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Ketahui Perbedaan Sablon Digital dan Manual Sebelum Memilih Jasa Sablon Digital

  • 17 February 2023
  • Windofa Apparel
Ketahui Perbedaan Sablon Digital dan Manual Sebelum Memilih Jasa Sablon Digital

Jasa Sablon Digital - Sablon ialah salah satu teknik cetak populer dalam mentransfer gambar ke media cetak, termasuk juga kategori digital printing. Teknik sablon ini memang paling sering digunakan untuk cetak kaos. Saat ini ada beberapa metode sablon yang berbeda, masing-masing mempunyai karakteristik sendiri, Sablon Manual dan juga DTG (Direct To Garment) ialah 2 contoh pilihan yang cukup populer.

Perbedaan terbesar dari keduanya ada pada metode penerapan tinta ke media cetaknya. Perbedaan tersebut perlu diketahui untuk mempertimbangkan saat memilih mana yang paling baik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terutama jika Anda membutuhkan jasa cetak kaos untuk suatu organisasi, acara, ataupun untuk keinginan pribadi, pembahasan berikut mungkin dapat membantu Anda mengurangi potensi pengeluaran biaya serta menghindari potensi terjadinya kesalahan cetak. Anda bisa menentukan metode yang tepat tergantung dari kualitas dan kuantitas yang Anda butuhkan. Berikut perbedaan sablon manual dan digital yang perlu Anda perhatikan:

Dari segi waktu dan penggunaan warna

Sablon manual merupakan teknik klasik yang telah lama populer di dunia percetakan. Meskipun menggunakan alat-alat sablon yang sederhana dan juga terjangkau, kualitas sablon manual juga tidak perlu diragukan kualitasnya. Namun, sablon manual hanya dapat menerapkan per warna. Itulah mengapa jumlah warna yang dapat digunakan pun menjadi terbatas, sebab setiap ingin menambahkan warna akan memerlukan lebih banyak waktu. Ditambah lagi, hasil cetak sablon tidak dapat menghasilkan warna gradasi, sehingga memang tidak cocok untuk mencetak foto. Oleh sebab itu, sablon manual memang lebih cocok untuk pekerjaan dengan desain yang sederhana dengan penggunaan warna-warna solid.

Secara sederhana, pada sablon manual file dicetak secara digital guna membuat film sablon. Kemudian memisahkan setiap lapisan warna dari file. Jadi ini akan tergantung dari berapa banyak warna yang diterapkan pada desain, maka membutuhkan beberapa film yang berbeda juga. Setelah proses tersebut, baru akan diterapkan ke media cetaknya. Sehingga, apabila dilihat dari sisi waktu, sablon manual memang memerlukan lebih banyak persiapan jika dibandingkan dengan sablon digital.

Sementara itu, DTG merupakan metode baru yang memperoleh banyak popularitas dalam beberapa waktu terakhir sebab peningkatan teknologinya. Printer DTG berukuran besar dan juga mampu menangani segala macam desain dengan berbagai macam warna. Oleh sebab itu teknik cetak sablon digital bisa mencetak foto dengan resolusi sempurna.

Dari segi biaya dan operator

Jika dilihat dari sisi biaya, teknik cetak sablon memerlukan tenaga kerja yang besar, sehingga jika ingin mencetak jumlah yang sedikit memang terbilang mahal dan kurang efisien. Jika dilihati dari sisi operator, sablon manual akan dikerjakan sepenuhnya oleh manusia, dengan demikian hasilnya memang sangat tergantung oleh skill perorangan.

Baca Juga: Tips Memilih Toko Kaos Polos Berkualitas

Sementara itu, teknik DTG tidak memerlukan keterampilan operator, semua hasil yang diperoleh sangat tergantung dari mesin yang digunakan.  Sementara itu, biaya operasional untuk teknik cetak sablon digital memang terbilang cukup murah sebab tidak terlalu memerlukan tenaga kerja yang banyak.

Dari segi daya tahan

Daya tahan memang menjadi salah satu aspek didalam memahami perbedaan sablon manual dan digital. Sablon manual mempunyai daya tahan tinta yang sangat baik dan tergolong tahan lama. Namun, tentu saja ketika berbicara tentang daya tahan, terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi daya tahan itu sendiri misalnya cara mencuci baju ataupun cara menyetrikanya .

Sementara itu untuk daya tahan sablon digital juga mempunyai daya tahan yang baik. Dengan teknologi tinta, kini hasil sablon bisa bertahan sampai tahunan dengan perawatan kaos yang baik. Printer DTG juga bisa mencetak gambar lebih detail dan juga lebih baik daripada sablon manual.

Windofa Apparel jasa sablon digital sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+62 815-8456-6554
WhatsApp
ANNISA
ANNISA
+62 812-8426-726
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+62 878-8669-0280
WhatsApp
EVI
EVI
+62 813-8137-2434
WhatsApp
PAYMENT
Payment Option
BCA
2180025319
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
Mandiri
1270005073778
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BRI
033001044536509
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BNI
399499219
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala