MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Ketahui, Ternyata Begini Step-Step dalam Sablon Kaos DTF

  • 14 March 2024
  • Windofa Apparel
Ketahui, Ternyata Begini Step-Step dalam Sablon Kaos DTF

Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana proses yang terjadi serta step-step dalam pengerjaan print DTF meteran pada jasa sablon. Menggunakan selotip atau vinil untuk menutupi area layar yang diinginkan. Lukis stensil pada jaring menggunakan 'pemblokir layar' seperti lem atau pernis. Menggunakan emulsi peka cahaya untuk membuat stensil, yang kemudian dikembangkan dengan cara yang mirip dengan foto. Desain yang dibuat dengan teknik sablon bisa menggunakan satu warna tinta saja, atau beberapa warna. Untuk item beraneka warna, warna harus diterapkan dalam lapisan individual, menggunakan stensil terpisah untuk setiap tinta.

Mengapa Sablon ini Sering Digunakan?

Salah satu alasan mengapa teknik sablon begitu banyak digunakan adalah karena teknik ini menghasilkan warna yang cerah, bahkan pada kain yang lebih gelap. Tinta atau cat juga terletak berlapis-lapis pada permukaan kain atau kertas, sehingga menghasilkan kualitas sentuhan yang menyenangkan.

Teknik ini juga disukai karena memungkinkan printer mereproduksi desain berkali-kali dengan mudah. Karena stensil yang sama dapat digunakan untuk mereplikasi desain berulang kali, stensil ini sangat berguna untuk membuat banyak salinan dari pakaian atau aksesori yang sama. Hal ini membuat sablon menjadi teknik yang sangat efisien untuk membuat pakaian adat dalam jumlah besar untuk tim olahraga atau seragam kerja.

Jika dikerjakan menggunakan peralatan profesional oleh pencetak berpengalaman, desain warna-warni yang rumit juga dapat dibuat. Meskipun kerumitan prosesnya berarti ada batasan jumlah warna yang dapat digunakan printer, hal ini memungkinkan penggunaan warna yang lebih intens.

Proses dalam Sablon Serta Langkah-Langkahnya

Ada beberapa metode sablon yang berbeda, namun semuanya melibatkan teknik dasar yang sama. Bentuk pencetakan yang akan kita bahas di bawah ini menggunakan emulsi reaktif cahaya khusus untuk membuat stensil khusus; ini cenderung menjadi jenis percetakan komersial yang paling populer, karena dapat digunakan untuk membuat stensil yang rumit.

Di sini, Kita akan memandu Anda melalui proses sablon langkah demi langkah. Kami juga telah membuat proses yang berlangsung pada jasa sablon print DTF meteran ini, sehingga Anda dapat melihat bagaimana para jasa sablon membuat pakaian sablon berkualitas tinggi.

Langkah ke 1: Membuat desain

Yang pertama untuk memulai, printer mengambil desain yang ingin mereka gunakan untuk produk jadi, dan mencetaknya ke film asetat transparan. Ini akan digunakan untuk membuat stensil.

Langkah ke 2: Layar sudah disiapkan

Selanjutnya, printer akan memilih mesh screen yang sesuai dengan kompleksitas desain, dan tekstur kain yang akan dicetak. Layar mesh kemudian dilapisi dengan lapisan emulsi yang reaktif cahaya, yang nantinya akan mengeras jika sudah dikembangkan di bawah cahaya terang.

Langkah ke 3: Emulsi terbuka

Lembaran asetat yang menampilkan desain tersebut kemudian diletakkan di atas layar berlapis emulsi, dan semuanya terkena cahaya yang sangat terang. Cahaya tersebut akan mengeraskan emulsi, sehingga bagian layar yang akan ditutupi desain tetap berbentuk cair. Jika desain akhir akan mencakup lebih dari satu warna, maka layar terpisah harus digunakan untuk mengaplikasikan setiap lapisan tinta. Untuk menciptakan produk multi-warna, printer harus menggunakan keahliannya untuk mendesain setiap stensil, dan menyusunnya dengan sempurna untuk memastikan desain akhir mulus.

Baca Juga: Yuk Intip Bahan yang Digunakan untuk Sablon dengan Teknik Digital

Langkah ke 4: Emulsi dicuci, membuat stensil

Setelah layar diekspos selama waktu tertentu, area layar yang tidak tercakup dalam desain akan menjadi keras. Emulsi yang belum mengeras kemudian bilas dengan hati-hati. Ini meninggalkan jejak desain yang jelas pada layar agar tinta dapat melewatinya.

Layar kemudian dikeringkan, dan printer akan melakukan perbaikan atau koreksi apa pun yang diperlukan untuk membuat cetakan seakurat mungkin dengan desain aslinya. Stensil sekarang siap digunakan.

Langkah ke 5: Barang disiapkan untuk dicetak

Layar tersebut kemudian ditempatkan pada mesin cetak. Barang atau pakaian yang sedang dicetak diletakkan rata di atas papan cetak, di bawah layar. Ada sejumlah jenis pengepresan yang berbeda, termasuk gaya manual dan otomatis, namun sebagian besar printer komersial modern akan menggunakan printer carousel putar otomatis, karena ini memungkinkan beberapa layar berbeda bekerja sekaligus. Untuk cetakan warna-warni, printer jenis ini juga dapat digunakan untuk menerapkan lapisan warna terpisah secara berurutan.

Langkah ke 6: Tinta ditekan melalui layar ke item

Layar diturunkan ke papan cetak. Tinta ditambahkan ke ujung atas layar, dan alat pembersih karet digunakan untuk menarik tinta sepanjang layar. Ini menekan tinta melalui area terbuka pada stensil, sehingga mencetak desain pada produk di bawahnya. Jika printer membuat beberapa item, layar akan dinaikkan dan pakaian baru ditempatkan pada papan pencetakan. Proses ini kemudian diulangi. Setelah semua item telah dicetak dan stensil telah memenuhi tujuannya, emulsi dihilangkan menggunakan cairan pencuci khusus sehingga jaring dapat digunakan kembali untuk membuat stensil baru.

Langkah ke 7: Produk dikeringkan, diperiksa dan diselesaikan

Produk cetakan kemudian melewati pengering, yang mengering tinta dan menghasilkan hasil akhir yang halus dan tahan warna.

Windofa Apparel Print DTF meteran sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa Print DTF meteran yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala