MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Menelisik Sejarah Kaos Crop top Yang Bermula Untuk Binaraga

  • 21 April 2024
  • Tera Asysyifaa
Menelisik Sejarah Kaos Crop top Yang Bermula Untuk Binaraga

Beberapa tahun lalu Indonesia sempat digemparkan dengan perhelatan Citayem Fashion week, yang dimana para pengguna fashion unik memadati sekitaran jalan sudirman guna memadukan kreasi fashion mereka. Salah satu yang kembali terkuak adalah kaos Crop top.

Mungkin bagi kita yang terlahir di kisaran tahun 1900an hingga 200an melihat trend ini merupakan trend yang baru dalam bidang fashion. Namun ternyata kita salah. Kaos crop top telah ada sejak dahulu kala.

Sejarah panjang sejak 1800an, di mana trend kaos crop top lahir dari kalangan negara arab dan juga india. Dimana di jaman itu terjadi peperangan serta negara-negara tersebut mengalami kekurangan bahan, sehingga menggunakan sebagian bahan untuk menutupi bagian tubuh.

Sejarah Crop Top untuk Pria

Pada tahun 1970 para atlit pria terutama binaragawan mencoba menggunakan kaos crop top yang dimaksudkan untuk menghindari binargawan tampil secara bertelanjang dada. Berawal dari pakaian pengganti menjadi sebuah trend yang diterima oleh atlit dan juga rapper di amerika.

kaos polos

Di tahun 1970 memang diwajibkan untuk para pria tidak bertelanjang dada saat berolahraga, maka dari itu trend kaos crop top dirasa tepat untuk mengisi kewajiban tersebut. Apalagi bila kaos crop top dibuat menggunakan cotton combed yang mudah menyerap keringat sehingga tetap memberi kenyamanan saat olahraga.

Sedangkan crop top untuk wanita jauh lebih lama dikemukakan dibandingkan penggunaan untuk pria. Berikut lebih lengkapnya :

Crop Top Untuk Wanita

Percaya atau tidak faktanya pakaian crop top bukan berasal dari barat namun dari bangsa - bangsa india dan juga arab. Ya, pakaian ini terinspirasi dari belly dancer yang ada di jazirah arab dan india.

Mulanya pakaian ini digunakan guna mengikuti tubuh dari si penari, yang memberikan keindahan beserta kenyamanan ekstra. Lantas kapan trend kaos ini masuk ke dunia barat?

Crop Top Masuk di Dunia Barat Sekitar Tahun 1940an

Berawal dari keadaan perang ke-2 yang memaksa masyarakat barat untuk kreatif dalam menciptakan pakaian. Dari situ masyarakat barat mulai memanfaatkan crop top sebagai solusi. Walau dinila kurang tepat.

kaos polos

Crop top awal datang dengan mode berkerah tinggi, rok height weist dan lengan yang pendek. Pada saat itu crop top terkesan terlalu terbuka. Tak sedikit wanita yang mengenakan melapisi nya juga menggunakan helter.

Di tahun 1960 terdapat modifikasi crop top layaknya jaket hippie eropa. Yang memilki rumbai atau aksen fringe. Dan di tahun 1980an crop top berkembang menjadi gaya yang sporty dan juga trendy.

Perkembangan Lanjutan

Ternyata di tahun 1970 masyarakat barat semakin dapat menerima crop top, pada jaman itu terjadi sedikit perubahan yaitu celana yang semakin ke bawah dan kaos polos yang semakin terangkat. Sehingga semakin jelas memamerkan lekuk tubuh.

Menjadi Gaya Sporty di 1980

kaos polos

Entah bagaimana trend ini terjadi, pada saat itu sedang trend untuk membuat seragam yang cantik dan sporty untuk olaraga terutama berlari. Dari situ crop top dianggap model pakaian yang trendy dan sangat keren untuk berolahraga.

Di saat itu diva madona juga tidak mau ketinggalan dengan memadukan crop top dengan bawahan motif macan tutul, yang membuatnya terlihat semakin cute. Dan memiliki gaya khas di saat itu.

Tahun 1990 semakin menjadi ujung tombak dari trend ini. Hampir semua penyanyi dan juga artis menjadikan crop top sebagai daily wear atau pakaian keseharian yang digunakan. Mungkin untuk generasi yang sudah ada di tahun 2000 tak asing bila melihat pakaian crop top yang dipadukan dengan jeans low rise.

Kini crop top kembali terkenal dengan dipadukan jeans atau pun jogger pants. Dengan bahan baku yang tentu lebih nyaman di badan.

Bahan Kaos Crop Top

Awalnya pakaian crop top adalah pakaian sebuah penari yang berkembang menjadi pakaian binaragawan. Pakaian binaragawan tentu mengutamakan kenyamanan dan juga tidak membuat kulit menjadi alergi.

Maka dari itu dapat dibilang, bahan yang dipilih adalah cotton combed ataupun cotton bambu, yang sangat nyaman dan enak ketika digunakan dalam ritme tinggi seperti olahraga. Dengan trend saat ini crop top sangat mudah ditemui cukup dengan mendatangi toko kaos polos dan beberapa dari toko tersebut menyediakan jenis kaos tersebut.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar kaos polos melalui instagram kami di @windofaapparel. Dan nikmati kemudahan berbelanja melalui E-Commerce kami. Selamat Berbelanja.

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala