MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Mengapa sih Kaos yang Jarang digunakan Sering Dihinggapi Jamur?

  • 16 February 2024
  • Tera Asysyifaa
Mengapa sih Kaos yang Jarang digunakan Sering Dihinggapi Jamur?

Mengapa sih Kaos yang Jarang digunakan Sering Dihinggapi Jamur?

Kaos polos atau kaos merupakan sebuah pakaian unisex yang sering kita temui sehari-hari, dan digunakan oleh khalayak ramai. Kaos sangat cocok digunakan berbagai gender serta berbagai kegiatan baik dalam keadaan santai ataupun bergerak aktif.

kaos berjamur

Sebagai salah satu pakaian yang sangat digemari, hampir semua orang memilki minimal satu jenis kaos dengan berbagai desain ataupun warna. Nah hal inilah yang mebuat kita terkadang sulit menentukan pilihan menggunakan baju yang mana.

Lebih buruknya lagi, jarangnya menggunakan sebuah baju akan berdampak pada pada tumbuhnya jamur pada baju. Walau tidak semua orang mengalami hal ini, namun windofa apparel  merasa perlu untuk sedikit membahas apa penyebab kaos polos bisa berjamur.

Mengapa Kaos Dihinggapi Jamur?

Fenomena tumbuhya jamur pada kaos bukanlah fenomena yang baru, ada beberapa faktor yang memngaruhi hal ini sehingga memberikan potensi jamur hidup pada pakaian. Inilah beberapa faktor tersebut.

Tingkat Kelembapan Lingkungan

Faktor pertama serta sering terjadi adalah kelembapan lingkungan. Mungkin masih banyak dari kita yang menyimpan kaos pada lemari tanpa adanya ventilasi. Atau tidak pula memanfaatkan kapur barus atau serap air untuk mengatur kelembapan pada lemari.

Bila dua hal tersebut masih sering dilakukan maka kesempatan jamur menghinggapi kaos kita akan semakin besar. Jamur sangat menyukai lingkungan yang basah atau lembab, di tempat demikian jamur akan tumbuh subur dan sulit untuk dibersihkan.

Pastikan pakaian kering saat disimpan

Keadaan basah dan lembab adalah keadaan yang ideal untuk tumbuhnya jamur. dari hal tersbut kita perlu memahami perlu meamstikan kain dalam kondisi kering saat disimpan. Misalnya setelah terkena keringat atau terkena hujan.

Perlu dipastikan pula untuk menjemur secara sempurna setelah dicuci, untuk menghindari pertumbuhan jamur yang cukup tinggi.

Lingkungan yang kurang Bersih

Sama seperti makhluk hidup pada umunya. Jamur juga membutuhkan nutrisi untuk bertumbuh, biasanya jamur pada kain akan memanfaatkan kotoran seperti sisa makanan, partikel kecil yang menempel untuk dijadikan bahan nutrisi.

Untuk menghindarinya sangat penting dengan cara menjaga kebersihan pada tempat penyimpanan. Pastikan tempat penyimpanan jauh dari lembab serta sering dibersihkan dan tidak memberikan nutrisi pada jamur.

Apakah Kaos Yang Dihinggapi dapat Dibersihkan?

Apakah jamur bisa dihilangkan dari kaos yang trinfeksi? Jawabanya, Tentu saja. Namun menggunakan metode serta pendekatan yang tepat pastinya. Bila menemukan beberapa kasus jamur yang cukup membandel kita membutuhkan sedikit bantuan dan pendekatan tertentu untuk menghilangkanya.

Cara Membersihkan Jamur dari Kaos 

Beberapa metode dibawah ini bisa kita aplikasikan untuk mengusir jamur membandel pada kaos, mulai dari cara yang cukup mudah hingga cara yang bisa dianggap sulit dan membutuhkan sedikit effort. Inilah dia cara membersihkan jamur dari kaos dan kain

Menjemur Pakaian yang Terinfeksi Jamur

Hal pertama serta mudah untuk dilakukan adalah menjemur pakaian yang terinfeksi jamur. Sifat alami jamur sangat takut bila harus berhadapan dengan matahari. Dengan begitu sinar matahari dapat mematikan jamur dengan cara cepat.

Bila jamur yang menginfeksi dalam kategori rendah, cukup jemur bagian yang terinfeksi pada panas matahari.  Pastikan tekstur bagian yang terinfeksi dalam keadaan kering, untuk menghasilkan hasil yang sempurna dan juga cepat.

Pergunakan detergent dan air hangat

Selanjutnya kita bisa memanfaatkan mencuci dengan air hangat dan juga detergent. Cara ini dirasa cukup ampuh untuk membersihkan infeksi jamur pada kaos. Cara nya juga termasuk mudah, pertama rendam dahulu pada air hangat.

Tambahkan detergent terutama pada bagian yang trinfeksi, lalu diamkan beberapa saat. Setelah direndam kucek dengan perlahan bagian yang terkena jamur. Lalu pastikan jamur terangkat serta lakukan hingga benar benar bersih.

Detergent yang digunakan dapat berupa detrgent yang dijual di pasaran, dengan perbandingan satu sendok detergen dengan 5 liter air hangat.

Pergunakan Perasan Lemon

kaos polos

Lemon memilki sifat antiseptic tentu hal ini bisa membuat jamur lari bila terkena lemon. Peras leon tepat pada bagian yang terinfeksi oleh jamur. Lalu usapkan perlahan dan sedikit gosok-gosok. Setelah itu diamkan beberapa saat.

Setelah itu, rendam pada air dengan detergent lalu gosok perlahan hingga jamur benar-benar hilang dan bersih.

Maksimalkan Cuka dan Soda Kue

Bahan pamungkas yang dapat kita manfaatkan adalah cuka atau soda kue. Khusus kedua bahan ini diperuntungkan ketika jamur yang menginfeksi dalam tingkatan tinggi atau agak susah untuk dibersihkan.

Caranya teteskan cuka pada jamur, langsung kucek secara perlahan. Lalu setelah jamur terangkat basuh dengan air bersih mengalir. Basuh hingga kaos benar-benar bersih dari jamur. Pastikan tidak terlalu lama meneteskan cuka, karena sifat asam cuka dapat merusak tekstur kaos.

Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan oleh windofa apparel. Perhatikan tempat penyimpanan Anda apalagi bila menyimpan pakaian yang agak lama tidak digunakan. Pastikan kelembapan pada tempat penyimpanan terjaga.

Dengan demikian kaos polos kesayangan Anda akan tetap terjaga serta terhindar dari jamur, bau apek dan juga kerusakan.

 

 

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala