MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Mengapa Tinta Dapat Memengaruhi Hasil Cetakan Sablon

  • 08 September 2024
  • tera asysyifaa
Mengapa Tinta Dapat Memengaruhi Hasil Cetakan Sablon

Menghasilkan cetakan yang baik tentu merupakan harapan dari semua penyablon dan juga pecinta kaos sablon. Namun untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan berbagai faktor. Salah satu faktor krusial ialah pemilihan tinta sablon.

Bukan hanya sekedar pemilihan warna, tinta sablon juga berperan dalam mengatur tampilan depan, detail serta keserasian antara perpaduan desain dan juga kaos. Dari situlah pemilihan tinta yang tepat untuk menyablon merupakan faktor yang sangat penting.

Lantas apakah benar pemilihan tinta merupakan faktor penting untuk mencapai hasil cetakan sablon yang baik? Pada artikel ini kami akan mencoba untuk menjelaskan secara mendalam, mengapa tinta sablon dapat menjadi faktor penentu dalalm mencetak kaos sablon.

Akan tetapi sebelum mengarah kepada hal tersebut, tak ada salahnya kita sedikit mengulas tinta apa saja yang sering digunakan dalam kaos sablon.

Tinta - Tinta Untuk Sablon Kaos

tinta sablon

Secara umum ada dua jenis tinta yang sering digunakan dalam membuat kaos sablon. Yaitu tinta berbasis Air dan Tinta berbasis minyak.

Tinta Berbasis Air

Pengertian dari tinta sablon berbasis air merupakan tinta yang memiliki bahan dasar air dan juga pigmen, serta merupakan tinta yang memiliki sifat layaknya air. Serta untuk menghasilkan hasil yang bagus kita dapat mencampurkan sedikit air untuk melarutkan tinta tersebut.

Rata - rata tinta berbasis air terbentuk dari resin akrilik serta campuran poliuretan. Dapat dicampurkan dengan air untuk hasil yang lebih maksimal, serta dapat menyerap kedalam kain dengan cukup baik.

Keuntungan Tinta berbasis air diantaranya :

  1. Menyerap cukup baik pada kain
  2. Dapat hilang dengan dicuci dengan air
  3. Lebih tipis dan transparan dari jenis tinta sablon lainya
  4. Ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Salah satu sablon dengan tinta berbasis air ialah sablon rubber yang bisa Anda cek di sini :

Tinta Berbasis Minyak

Yang kedua terdapat tinta berbasis minyak. Tinta yang rata - rata berbahan dasar pvc ataupun plastik ini memiliki kekuatan untuk menyerap dengan sangat baik pada kain. Hingga titik - titik terkecil pada serat kain.

Dapat menghasilkan sablon yang kuat, merekat dengan baik dan tidak mudah mengelupas. Namun tidak tahan akan panas. Sehingga tidak dapat langsung di setrika pada bagian lapisan sablon.

Keuntungan Tinta berbasis minyak diantaranya :

  1. Tidak Mudah Kering dapat digunakan berkali-kali
  2. Memiliki varian warna yang banyak
  3. Menghasilkan sablon yang rapat, kuat dan tahan lama
  4. Tidak memerlukan campuran dan dapat langsung diaplikasikan

Sablon dengan tinta berbasis minyak sering disebut dengan sablon plastisol yang bisa kita cek di sini:

Lantas dari kelebihan serta kekurangan 2 jenis tinta sablon diatas, ada beberapa faktor yang menjadikan Tinta adalah kunci untuk menghasilkan cetakan sablon yang baik. Dan perlu kita perhatikan bahwa kurangnya faktor tersebut dapat berpengaruh pada kurangnya hasil dari sablon.

Nah apa saja faktor tersebut?

Faktor Tinta Yang Memengaruhi Cetakan Sablon Kaos

Daya Penutup Tinta

Tidak bisa dipungkiri ada tinta yang sengaja dimanfaatkan sebagai penutup warna kaos. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan tambalan pada warna kaos. Apalagi bila warna kaos serta warna tinta yang idsablon itu berbeda.

Maka untuk menjaga kontras dari kaos tersebut banyak yang mengakali dengan menambal menggunakan tinta lapisan pertama. Kebanyakan tinta seperti ini berbahan dasar air atau berbahan dasar superwhite.

Daya Serap Tinta

Selanjutnya yang tidak kalah penting ialah daya menyerap tinta pada serat kaos. Tak bisa dipungkiri untuk menghasilkan sablon kaos yang bagus diperlukan kualitas serap yang baik. Hingga celah terkecil pada serat kaos.

Karena semakin sempurna kaos menyerap tinta maka tinta sablon akan merekat secara sempurna. Dari situlah pentingnya memilih tinta sablon dengan kemampuan serap yang baik hingga kedalam celah terkecil serat kaos.

Detail Cetakan

tinta sablon

Kehalusan serta ketajaman cetakan sablon juga bergantung pada tinta sablon yang kita pilih. Karena setiap tinta memiliki kehalusan yang berbeda-beda. Maka dari itu bijak dalam memilih sablon ink sangatlah penting.

Apalagi bila kita memanfaatkan warna-warna yang cenderung beragam atau cerah. Sudah tentu ketajaman warna juga harus dipertimbangkan.

Tahan Luntur

Semua pengguna kaos sablon tentu berharap kualitas terbai dari desain yang dicetak. Maka dari itu tinta yang tidak mudah luntur dan justru awet walau terkena gesekan apapun akan menjadi pilihan utama dalam membuat kaos sablon.

Seperti tidak akan mengelupas walau sering dicuci dan tidak akan rusak walau terkena panas secara langsung dan juga berulang. Jenis sablon seperti ini bisa dimanfaatkan dengan sablon plastisol : https://windofaapparel.com/product-view/51/6/sablon-kaos-manual/jasa-sablon-kaos-manual-plastisol-regular.html 

Ramah Lingkungan

Keberlanjutan lingkungan adalah hal yang perlu kita sadari. Untuk mencapai hal tersebut kita bisa mulai dari pemilihan tinta sablon yang ramah lingkungan untuk digunakan. Misalnya tinta wterbased yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan tinta sablon lainya.

Untuk mendapatkan hasil sablon yang baik untuk kaos sablon, tidak ada salahnya untuk mendiskusikan kepada ahli sablon. Di windofa apparel misalnya Anda bisa mendiskusikan kaos sablon melalui instagram kami di @windofaapparel.

Pastikan Anda memilih tinta sablon dengan kualitas terbaik untuk hasil kaos sablon yang maksimal. Untuk menggunakan jasa sablon bisa kunjungi link berikut : https://windofaapparel.com/product.html 

 

 

 

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala