MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Mengenal 8 Jenis Sablon Manual yang Populer dan Banyak Diminati

  • 19 December 2023
  • Windofa Apparel
Mengenal 8 Jenis Sablon Manual yang Populer dan Banyak Diminati

Jasa Sablon Manual - Sablon menjadi salah satu teknik mencetak pada berbagai media mulai dari kain (kaos, dll), kertas, kaca, plastik dan yang lainnya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon. Kemudian, screen tersebut akan diberi pola yang berasal dari negatif desain yang sebelumnya dibuat di kertas kalkir. Setelah proses fotoresis dan disinari, maka harus disiram air supaya pola bisa terlihat kemudian akan terbentuk bagian-bagian yang dapat dilalui tinta dan tidak.

Penggunaan sablon manual masih cukup populer hingga kini di industri konveksi. Definisi yang telah diuraikan di atas merupakan definisi dari sablon manual. Peralatan yang dibutuhkan diantaranya ialah printer laser, screen dan juga rakel.

Berikut 10 jenis sablon manual yang paling umum digunakan dalam industry sablon:

Plastisol

Plastisol merupakan tinta sablon yang berbasis PVC. Plastisol tidak mudah mampet di screen, serta tidak mudah retak/pecah saat prosesnya dilakukan dengan benar. Tinta Plastisol mempunyai keunikan yang tidak dimiliki jenis tinta sablon lainnya yakni sifatnya yang kuat dan juga sangat cocok di aplikasikan untuk design yang detail yang berupa titik titik kecil. Hasil cetak sablon plastisol sendiri mempunyai tekstur yang sedikit mengkilap dan juga sedikit tebal apabila diraba.

Rubber

Sablon rubber (karet) merupakan jenis sablon yang sifatnya elastis. Sablon rubber ialah jenis sablon yang berbahan dasar air. Dengan kata lain, jenis tinta sablon ini sidatnya menyatu dengan air atau dapat diolah menggunakan air. Sablon jenis ini mempunyai karakteristik meresap ke dalam serat kain yang membuat hasil sablon terasa lebih lembut jika bandingkan dengan tinta sablon yang berbasis minyak.

Pigment

Sablon yang satu ini memiliki kemampuan diserap oleh kain yang berwarna terang dan juga sedikit transparent. Itulah yang membuat sablon pigmen digunakan pada kain yang berwarna dasar terang. Disamping itu, tinta jenis ini hanya memerlukan sedikit bibit warna supaya bisa menghasilkan warna yang ingin dibuat. Biasanya tinta jenis ini dipakai dalam pembuatan kaos sablon dengan harga yang relatif terjangkau.

Glow in the Dark

Jenis sablon ini akan menyala saat digunakan di tempat yang kurang cahaya. Komposisinya mengandung serbuk fosfor dan juga medium sehingga bisa membuatnya menyala di kegelapan. Supaya memperoleh hasil yang maksimal, Anda dapat menyablon tinta ini diatas kain yang memiliki warna dasar terang supaya pancaran cahayanya bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Mengenal Jenis dan Karakteristik Bahan untuk Kaos

Discharge

Tinta jenis ini bisa menipiskan bahkan menghilangkan warna dasar kaos, lalu mengisinya dengan warna baru sesuai dengan tinta yang dipakai. Namun perlu diketahui jika tidak semua kain kaos bisa menggunakan tinta jenis ini (pada umumnya hanya pada katun). 

Foam

Sablon jenis ini mampu menghasilkan desain 3 dimensi. Sablon yang satu ini kemudian dikenal dengan nama sablon 3D. Sama halnya dengan kebanyakan jenis sablon manual lain, diperlukan alat press untuk mencetak desain kering supaya bisa tercetak pada kaos dengan baik.

High Density

Sablon yang satu ini juga bisa menghasilkan efek 3 dimensi pada kaos. Jenis sablon ini memakai bahan karet yang mana hasilnya akan terasa timbul ketika disentuh. Tekstur dari tinta sablon yang dipakai sendiri ialah tinta Gel sehingga cocok untuk desain typography.

Super white

Sesuai dengan namanya, tinta yang satu ini sangat baik apabila digunakan di kain yang dengan warna dasar gelap sebab bisa mampu menghasilkan warna putih yang cemerlang serta memiliki daya tutup yang baik untuk kaos.

Windofa Apparel Jasa Sablon Manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala