MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Mengutip Perjalanan Kaos Oblong di Indonesia

  • 24 April 2024
  • Tera Asysyifaa
Mengutip Perjalanan Kaos Oblong di Indonesia

Kaos Oblong - kaos adalah salah satu pakaian yang sering kita kenakan. Baik dikenakan oleh pria, wanita, tua ataupun muda. Pakaian ini dirasa simple namun tetap memilki kharisma tersendiri, belum lagi sangat cocok dikenakan dalam berbagai kegiatan termasuk kegiatan denga ritme tinggi.

kaos oblong

Kaos dikenal sebagai pakaian khas dari barat yang berubah menjadi salah satu pakaian favorit seluruh dunia. Bila kita melihat ke belakang kebanyakan kaos digunakan oleh militer sebagai pakaian dalam, tentu dengan model simple yang tidak secantik sekarang.

Nah, Apakah Anda mengetahui bagaimana sejarahnya kaos Oblong dapat menjamur di Indonesia? Dan hingga kini tetap menjadi sebuah pilihan dalam berpakaian. Kami mencoba untuk sedikit mengumpulkan narasi yang kami kutip seputar sejarah kaos oblong di Indonesi. Berikut ulasanya:

Sejarah Kaos di Indonesia

Pada saat masa penjajahan Belanda, beberapa penjajah mulai memperkenalkan kepada masyarakat kita akan penggunaan kaos. Di jaman itu kaos masih bisa dibilang sangat sederhana, warna yang dimilki hanya warna putih polos dan hanya sering digunakan sebagai pakaian pelapis pakaian utama.

Di Zaman itu belum ditemukan mesin pemintalan di Indonesia, yang menjadikan kaos sangat mahal dan terlihat berharga. Hanya orang tertentu yang dapat mengenakanya. Hingga di tahun 1970 kaos mengalami perkembangan secara besar - besaran.

Perkembangan Kaos Oblong

Di tahun 1970 kaos mulai diperkenalkan dengan cara penggunaan yang berbeda, menjadi sebuah pakaian utama dan dikemas menjadi pakaian yang menarik. Dengan cara dbuatnya kaos dengan berbagai pilihan warna dan juga bahan.

kaos polos jakarta

Kaos terdahulu hanya menggunakan bahan baku katun tipis dan memilki satu warna dari itu kaos dirasa cocok sebagai kaos dalam untuk melapisi pakaian utama. Namun sejak di tahun tersebut kaos mulai dibuat dengan bahan katun namun dengan ketebalan yang dapat dipilih. Dan varian warna yang semakin banyak.

Namun pada perkembangan kala itu kaos masih dipercaya merupakan pakaian yang hanya bisa digunakan oleh kaum pria. Hingga di tahun 1980 mulai banyak merk-merk bermunculan guna memberikan inovasi pada kaos.

Perkembangan lanjutan

Setelah maraknya bermunculan berbagai merek menarik, di tahun 1990 para produsen kaos mulai menggunakan sistem yang berbeda. Salah satunya dengan memanfaatkan metode sablon agar menambah kecantikan dari sebuah kaos.

Tidak hanya itu, kita memungkinkan membuat kaos seragam atau kaos komunitas dengan mudah. Yang penting desain yang kita inginkan sudah jelas. Dan inovasi kreatif ini cukup diminati oleh kawula muda, sehingga bukan hanya kaum pria namun para kaum wanita juga mulai mengenakan kaos sebagai pakaian sehari - hari.

Bukan hanya kaos custom, beberapa industri kreatif juga menciptakan kaos yang telah lengkap dengan desain populer kala itu, serta sudah dicetak menggunakan sablon pada kaos oblong. Menarik bukan?

Hebatnya lagi para pelaku industri ini menjual kaos tersebut melalui sebuah gerai yang mereka sebut “Distro” ( Distribution Outlet ). Dan penjualan seperti ini terbukti membawa animo yang sangat positif.

Kaos Oblong di tahun 2000an

Di tahun 2000an tepatnya sekitar tahun 2010, trend lama kembali muncul. Yaitu mengenakan kaos tanpa desain atau yang sering kita sebut dengan kaos polos. Maka para penggiat kaos pun tidak mau ketinggalan dengan memberikan pilihan kaos polos kepada para pecinta kaos.

Perkembangan yang cukup signifikan juga ada dari segi penjualan, yaitu penjualan tidak perlu lagi melalui toko. Atau kini yang sering kita sebut dengan berbelanja secara daring ( Online ). di sekitar tahun 2010an hingga kini telah berkembangan berbagai proses penjualan melalui digitalisasi.

Salah satunya dengan membeli melalui E-Commerce yang  hanya perlu memilih produk dari gadget, lakukan pembayaran dan produk akan sampai pada kita dengan cepat.

Namun tidak perlu khawatir, walau terdapat berbagai perkembangan pada proses penjualan seperti E-Commerce dan sosial media. Masih banyak berbagai Toko Kaos Polos yang tetap setia dalam menjual produk kaos dengan cara konvensional.

toko kaos polos

Salah satunya adalah Windofa Apparel, Toko Kaos Polos Jakarta yang beralamat di Jl.Haji. Nawi, Jakarta selatan. Menyediakan berbagai kaos mulai dari kaos polos, kaos custom dan juga ber-merek seperti New States Apparel.

Demikian lah beberapa hal yang dapat kami rangkum sebagai hasil dari perkembangan kaos oblong di Indonesia.

 

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala