MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Metode Mana yang Terbaik untuk Kain? DTF atau Sablon

  • 01 March 2024
  • Windofa Apparel
Metode Mana yang Terbaik untuk Kain? DTF atau Sablon

Print DTF Meteran - DTF dan sablon adalah dua teknik sablon kaos yang populer saat ini. Kedua teknik ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, ada berbagai perbedaan antara teknik sablon dan teknik Print DTF meteran. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas teknik DTF dan teknik sablon manual secara detail.

DTF adalah singkatan Film Transfer Langsung, teknik ini menggunakan printer khusus untuk mencetak desain pada kertas film, kemudian pola tersebut ditempelkan pada permukaan kaos dengan menggunakan perekat tepung, kemudian kaos tersebut ditekan dengan suhu tinggi agar desainnya melekat sempurna, sablon merupakan salah satu teknik sablon kaos yang sudah ada sejak lama. Teknik ini menggunakan sablon manual atau mesin sablon untuk mencetak desain pada kaos ada berbagai jenis sablon seperti sablon manual, sablon raster, sablon digital dan sablon sublimasi.

Kekurangan dan Kelebihan DTF Meteran

Kelebihan

  • Hasil cetak yang dihasilkan lebih jelas dan detail.
  • Kualitas warna yang dihasilkan bagus serta lebih tajam.
  • Gambar tidak mudah luntur.
  • Cocok untuk berbagai macam jenis bahan kain, mulai dari katun, rayon, dll.
  • Harga di pasaran yang relatif terjangkau.

Kekurangan

  • Proses pengerjaan yang dilakukan relatif lama.
  • Desain yang terlalu kompleks sehingga dapat menyulitkan dalam proses percetakan.
  • Gambar dapat mengkerut jika baju di setrika.

Kelebihan dan Kekurangan Sablon

Kelebihan Sablon

  • Dalam proses pengerjaan sablon relatif lebih cepat.
  • Cocok digunakan untuk berbagai jenis desain, termasuk desain yang kompleks sekalipun.
  • Harga terjangkau.

Kekurangan Sablon

  • Hasil cetak yang dihasilkan kurang tajam dan kurang detail.
  • Kualitas warna yang dihasilkan kurang bagus
  • Mudah sekali luntur.
  • Tidak cocok digunakan untuk bahan kain yang bertekstur.

Apa Perbedaan Print dan DTF dan Sablon

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan sablon versus DTF, kini saatnya kita membahas perbedaan kedua metode pencetakan ini? Daripada berlama-lama lagi, yuk simak masing-masing perbedaannya di bawah ini!

Perbedaan dalam proses pencetakan

Proses pencetakan DTF menggunakan printer khusus untuk mencetak desain pada kertas film. Kemudian pola tersebut ditempelkan pada permukaan kaos dengan menggunakan perekat tepung. Kemudian kaos tersebut ditekan dengan suhu tinggi agar desainnya melekat sempurna. Proses sablon menggunakan sablon manual atau mesin sablon untuk mencetak desain pada kaos. Ada berbagai jenis sablon seperti sablon manual, sablon raster, sablon digital dan sablon sublimasi.

Baca Juga: Mengangkat Potensi UMKM Jasa Sablon Digital: Inovasi Baru dalam Pengembangan Bisnis

Perbedaan hasil pencetakan

Cetakan DTF umumnya lebih tajam dan detail dibandingkan cetakan sablon. Sebab, DTF menggunakan tinta yang lebih halus dan tidak mudah luntur.

Perbedaan kualitas warna

Kualitas warna hasil sablon DTF umumnya lebih baik dibandingkan hasil sablon manual. Memang DTF menggunakan tinta yang lebih stabil dan tidak mudah luntur.

Perbedaan daya tahan

Cetakan DTF umumnya lebih tahan lama dibandingkan cetakan sablon. Bahkan, DTF menggunakan lem perekat yang lebih tahan dan tidak mudah terkelupas.

Perbedaan kesesuaian bahan

DTF cocok untuk berbagai jenis kain, termasuk kain bertekstur. Sedangkan sablon kurang cocok untuk kain yang bertekstur karena dapat membuat pola sablon menjadi tidak rata.

Perbedaan harga

Harga sablon DTF umumnya lebih terjangkau dibandingkan harga sablon. Hal ini karena DTF menggunakan proses pencetakan yang lebih sederhana.

DTF dan sablon merupakan dua teknik sablon kaos yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. DTF memberikan hasil cetak yang tajam, detail, kualitas warna bagus dan daya tahan lebih lama. Sedangkan sablon memiliki proses pengerjaan yang lebih cepat, cocok untuk berbagai jenis desain, dan memiliki harga yang lebih terjangkau.

Windofa Apparel print DTF meteran sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan print DTF meteran yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala