MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Metode Sablon Digital yang Perlu Diketahui dengan Baik

  • 23 February 2023
  • Windofa Apparel
Metode Sablon Digital yang Perlu Diketahui dengan Baik

Jasa Sablon Digital - Kini bisnis kaos costum atau kaos sablon memang tengah digandrungi banyak orang. Bahkan jumlah permintaan dari kaos sablon sendiri mengalami peningkatan yang cukup pesat  dan membuat banyak pelaku bisnis meningkatkan kualitas dan juga mengembangkan usaha mereka. Mulai dari desain kaos, bahan yang dipakai, warna kaos yang digunakan, harga terjangkau, serta masih banyak lagi hal menarik lainnya.

Pembuatan kaos sablon juga tidak lepas dari metode yang digunakan. Beberapa orang memang masih banyak yang menggunakan sablon manual untuk custom kaos, namun juga tidak sedikit yang menggunakan metode digital sablon. Sebenarnya ke dua metode tersebut pun mempunyai kelebihan masing-masing.

Metode Sablon Digital

Berbicara terkait membuat kaos sablon, terdapat beberapa metode sablon digital yang biasanya digunakan. Pembuatan sablon kaos menggunakan metode sablon digital banyak dipilih oleh pelanggan sebab proses pengerjaannya yang terbilang cepat. Pilihan warnanya juga tidak terbatas. Selain itu, hasil tinta sablon juga bisa lebih tahan lama ketika dicetak di bahan kaos. Untuk menghasilkan kaos sablon yang berkualitas juga perlu didukung dengan pemilihan alat ataupun metode digital yang tepat. Berikut beberapa metode sablon digital yang dapat digunakan untuk membuat sablon kaos :

1. Metode Transfer Paper

Metode yang pertama yang bisa digunakan ialah transfer paper. Ini merupakan metode mencetak gambar ataupun desain yang diinginkan ke atas bahan kaos dengan menggunakan kertas khusus. Nantinya gambar di dalam kertas tersebut akan dicetak dengan menggunakan alat khusus, yakni mesin hot press. Selain memiliki fungsi untuk mentransfer hasil tinta, mesin tersebut juga membantu untuk mengeringkan hasil cetakan sablon.

Didalam metode transfer paper, terbagi lagi menjadi dua macam cara, yakni metode transfer paper standar dan juga transfer paper dark. Transfer paper standar pada umumnya digunakan untuk membuat kaos sablon warna putih. Sementara itu, untuk transfer paper dark biasa dipakai untuk kaos dengan warna gelap, misalnya hitam, coklat, biru dongker, dan yang lainnya.

2. Metode Sublimasi

Metode berikutnya yang bisa digunakan ialah sublimasi. Metode tersebut dianggap sebagai metode sablon digital yang praktis dan juga mudah. Sama seperti transfer paper, desain akan dicetak di kertas khusus, lalu akan dipress atau dirolling di atas bahan kaos dengan suhu tinggi yang mencapai 2000°C. Metode tersebut biasa digunakan pada kaos berwarna putih atau terang.

Apabila Anda ingin menggunakan metode sublimasi, bahan kaos yang dipakai tidak boleh sembarangan, pada umumnya hanya dengan bahan polyester. Mengapa bisa demikian? Sebab teknik sublimasi tersebut memang kurang cocok apabila diaplikasikan di bahan kaos cotton murni. Untuk prosesnya sendiri memang hampir sama dengan metode transfer paper, hanya yang membedakan ada pada tinta yang dipakai.

Baca Juga: Jenis Bahan Terbaik yang Bisa Digunakan untuk Kaos Polos

3. Metode Cutting

Memakai metode cutting didalam proses sablon kaos, memang sangat berbeda dengan metode sebelumnya. Didalam metode ini, Anda tidak membutuhkan printer untuk bisa mencetak desain atau gambarnya. Metode cutting juga dipakai untuk bisa menghasilkan gambar sablon yang timbul. Mesin hot press dan juga mesin pemotong diperlukan untuk membuat kaos custom sablon dengan menggunakan metode ini.

4. Metode DTG

Metode yang terakhir ialah dengan memakai DTG (Direct To Garment). Metode sablon kaos yang satu ini memang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis custom kaos, sebab memang dianggap lebih efektif. Alat yang dipakai dalam metode ini, yakni komputer, mesin DTG, dan juga mesin hot press. Kelebihan yang diperoleh dengan menggunakan metode DTG ialah hasil sablonnya yang  terlihat mengkilat setelah dipress. Hasil sablon juga terbilang lebih awet sebab adanya mesin hot press. Disamping itu, hasil warna yang diberikan dari metode yang satu ini juga lebih bervariasi jika dibandingkan dengan  metode digital lainnya.

Windofa Apparel jasa sablon digital sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+62 815-8456-6554
WhatsApp
ANNISA
ANNISA
+62 812-8426-726
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+62 878-8669-0280
WhatsApp
EVI
EVI
+62 813-8137-2434
WhatsApp
PAYMENT
Payment Option
BCA
2180025319
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
Mandiri
1270005073778
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BRI
033001044536509
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BNI
399499219
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala