MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Panduan Memilih Sablon Manual & Digital untuk Branding

  • 01 September 2021
  • windofaapparel
Panduan Memilih Sablon Manual & Digital untuk Branding

Apakah Anda sedang mempertimbangkan meningkatkan promosi produk dengan cara membagi-bagikan kaos, topi, atau kaos kaki dengan logo atau simbol brand tercetak apik? Untuk itu, Anda membutuhkan memilih percetakan yang tepat. Biasanya, akan ditawarkan sablon manual dan digital untuk memenuhi kebutuhan.

Cetak merek milik Anda dalam bentuk produk seperti ini memang cara pemasaran lama, tapi masih bisa diandalkan untuk mendatangkan pelanggan baru.

Justru, ini bisa jadi cara yang memungkinkan untuk mengembangkan jangkauan. Supaya tak bingung, berikut panduan memilih sablon digital dan manual untuk menampilkan merek Anda di mata publik dengan cara yang sederhana tapi berkesan.

Manfaat Cetak Branding untuk Promosi:
Menciptakan rasa dekat antar karyawan karena memakai Brand yang sama
Meningkatkan jangkauan secara lokal
Menjadi hadiah sekaligus promosi tersembunyi bagi pelanggan setia
Sebagai hadiah atau giveaway yang menarik


Kelebihan Sablon Manual
Sablon manual atau silk screen printing adalah teknik cetak gambar yang mengandalkan sebuah layar dan kerapatan tertentu.

Cara kerja Sablon Manual adalah menggunakan layar yang sudah diberi pola dari negatif desain berbahan kertas HVS atau kalkir, kemudian kain direntangkan supaya menghasilkan cetakan yang baik.

Sedangkan, alat khusus untuk menekan tinta dari screen ke kain disebut dengan rakel. Bisa dibilang, rakel dan screen adalah alamat utama dalam sablon manual. Kemudian, diberi fotoresis dan disinari, disiram dengan air dengan tujuan pola jadi lebih tampak dan terbentuk bagian yang dapat dilalui tinta. Nah, biasanya sablon manual menggunakan bahan dasar nylon atau sutera.

Satu layar digunakan untuk satu warna sementara jika ingin warna yang berbeda-beda, harus memakai layar yang lain. Setiap elemen dan warna dicetak satu per satu.

Semakin detail dan sulit design, semakin lama pula proses pencetakannya. Untuk waktu proses sablon sangat beragam, tergantung dengan seberapa sulit desainnya.

 

Baca Juga : Kami juga jual kaos polos Jakarta kualitas premium harga ekonomis. Dijamin terbaik 100%. Melayani seluruh wilayah Indonesia.

 

Berikut adalah keunggulan sablon manual yang perlu Anda tahu dan sebagai alat pertimbangan:

Lebih Fleksibel
Sablon manual sangat fleksibel soal kain yang bisa digunakan. Sebut saja seperti katun, kanvas, denim, poliester, bahkan kain yang menyerap air dengan cepat seperti rayon pun bisa digunakan.

Bahkan, dengan sablon manual Anda bisa mencetak di atas kain untuk tenda, spanduk, gazebo, dan lainnya. Anda tidak akan dibatasi dengan ukuran dan logo brand Anda dapat men design nya sesuai keinginan.

Ini yang menjadikan pembeda jelas antara sablon manual dan sablon digital. Jadi, Anda bisa mencetak logo di tempat-tempat atau di atas kain yang unik sebagai bentuk pemasaran anti mainstream.

Lebih Murah dan Mudah
Anda ingin cetak kaos dengan desain sendiri dalam jumlah besar? Perhitungkan karena tergolong lebih terjangkau untuk produksi secara masal. Memang proses set-up memiliki biaya yang mahal, tapi Anda hanya membutuhkan satu screen untuk bisa digunakan berulang kali dan sebanyak yang dibutuhkan.

Nah, selain itu dengan membagi-bagikan kaos, topi, atau mencetak logo brand di atas tenda juga bisa menjadi promosi jangka panjang yang menarik. Untuk next project, Anda bisa lakukan saat ada perbaruan logo atau memperbarui desain yang makin mutakhir.

Gambar Lebih Tajam dan Bersih
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sablon manual bisa dicetak di beragam jenis kain. Tidak itu saja, hasil Sablon Manual juga dinilai lebih hidup dan lebih jelas jika dibandingkan dengan hasil sablon digital. Tinta diserap jauh ke dalam kain sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam dan bersih.

Ingin gunakan kain yang tebal dan gelap? Tidak masalah,sablon manual lebih mudah diaplikasikan sekalipun lapisannya tebal dan memiliki warna akhir yang lebih cerah, walau kainnya gelap.

Hasil yang Lebih Tahan Lama
Jenis sablon manual memiliki daya tahan sablon yang lebih tahan lama. Selain  itu, hasilnya juga lebih mudah tahan terhadap cucian dan teknik pengeringan apa pun dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Anda bisa minta pada jasa sablon manual untuk mendapatkan pelapisan aditif pada tinta untuk meningkatkan daya tahannya dan bisa melindungi dari sinar UV, goresan, dan terhadap integritas cetakannya.

Kelebihan Sablon Digital
Sablon Digital baru memasuki dunia percetakan pada akhir tahun 1980-an. Semakin berkembangnya jaman, sablon digital menjadi inovasi tersendiri dan menawarkan percetakan tekstil dengan teknologi. Sayangnya, kehadiran sablon digital justru memberi dampak pada industri tekstil rumahan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa sablon manual mencetak gambar dengan lapis demi lapis dan tidak mudah, apalagi replikasinya tidak selalu tepat. Namun sablon Digital memiliki ruang lingkup kreativitas yang lebih berkembang dan gambar hiper-realistis yang juga cepat dan efisien.

Yang membedakan sablon manual dan digital tidak hanya kecepatan dan keefisienan cetaknya, tapi juga bagi Anda yang ingin menggabungkan elemen logo dan fotografi dalam cetak kaos, topi, dan produk lain untuk materi pemasaran, digital printing memiliki nilai plus.

Proses sablon digital adalah dengan rendisi digital yang didapat dari file design, diunggah pada mesin cetak digital. Karenanya, desain cetak bisa lebih rumit dan berwarna. Setelah desain di-upload pada mesin cetak, nantinya kain akan tercetak pola atau gambar yang diinginkan. Hasil cetak sablon digital memiliki hasil yang lebih modern, profesional, dan tak kalah tajam.

Jika sablon manual membutuhkan screen dan rakel untuk mencetak pada kain, alat sablon digital yang dibutuhkan juga beragam. Seperti hotgun riegun yang berfungsi untuk mengeringkan sablon. Alatnya mirip seperti hair dryer karena mengeluarkan uap panas supaya tinta lekas kering. Selain itu juga ada kompresor yang fungsinya untuk merapatkan pori-pori kaos supaya tinta bisa meresap dengan baik dan tidak melebar di luar pola.

Berikut ini beberapa kelebihan sablon digital untuk pencetakan tekstil:

Lebih ramah lingkungan
Jika Anda adalah pribadi yang sangat peduli dengan kelestarian alam, maka memilih cetak digital bisa menjadi pilihan. Ini karena mesin cetak digital hanya menggunakan jumlah pigmen yang sesuai kebutuhan untuk desain. Artinya, tidak ada pemborosan bahan dan tidak ada kelebihan tinta yang melebar ke mana-mana.

Apalagi, tidak semua tinta sablon itu ramah lingkungan dan beberapa bisa mencemari lingkungan. Tidak banyak yang tahu bahwa sablon digital membutuhkan listrik dan air yang lebih sedikit untuk keperluan percetakan.

Hasil Lebih Cepat
Jika Anda menggunakan sablon digital, hasil cetak bisa jadi lebih cepat. Anda hanya perlu mengirimkan design secara online, baik menggunakan e-mail atau chat Whatsapp pada pihak percetakan. Design akan diunggah langsung pada mesin cetak.

Ini jelas akan lebih cepat, tidak perlu cetak satu per satu seperti manual yang setiap warna membutuhkan satu screen. Juga tidak perlu ada screen yang harus dipersiapkan jadi cetak baju, kaos, atau topi murah bisa dilakukan saat itu juga.

Memiliki Lebih Banyak Pilihan Warna
Keuntungan Sablon Digital yang tidak dimiliki oleh sablon manual adalah pilihan warna cetak yang tidak terbatas. Sablon digital menggunakan tinta, cat, atau pewarna lain sementara sablon digital bisa memunculkan hampir semua warna. Dengan begitu, hasil gambar akan lebih mewah dan tidak terbatas dengan pola dan warna.

Ingin cetak foto atau logo yang lebih rumit untuk keperluan pemasaran? Sablon digital bisa mewujudkan keinginan Anda tersebut. Apalagi replikasi cetakannya adalah 1:1, dan bahkan detail terkecil pun bisa dihasilkan dengan baik.

Mana yang Lebih Baik Antara Sablon Manual dan Sablon Digital?
Jika Anda bertanya mana yang lebih baik antara sablon manual dan digital, maka yang bisa menjawab adalah diri Anda sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan, misal Anda ingin kaos yang mendukung konsep marketing secara vintage, maka sablon manual bisa jadi pilihan.

Atau sebaliknya, jika perusahaan Anda mendukung kampanye ramah lingkungan dan pengerjaan yang lebih cepat, jawaban terbaiknya adalah sablon digital. Perhatikan juga mengenai kelebihan satu sama lain, misalkan sablon manual memiliki hasil cetak yang lebih kuat, tapi Sablon Digital hasilnya lebih berwarna dan modern. Jangan lupa menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki, bahan yang akan digunakan, ukuran, dan waktu pengerjaan.

Pada akhirnya, sablon manual dan digital memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kembali lagi pada tujuan Anda dan harapan pada hasil akhir produk yang diinginkan. Semoga dengan panduan memilih jenis sablon di atas bisa membantu Anda menemukan yang terbaik.

IRFAN
IRFAN
+62 815-8456-6554
WhatsApp
ANNISA
ANNISA
+62 812-8426-726
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+62 878-8669-0280
WhatsApp
EVI
EVI
+62 813-8137-2434
WhatsApp
PAYMENT
Payment Option
BCA
2180025319
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
Mandiri
1270005073778
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BRI
033001044536509
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BNI
399499219
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala