MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Sablon Flock, Pengertian dan Kelebihanya

  • 29 July 2024
  • toko kaos polos
Sablon Flock, Pengertian dan Kelebihanya

Untuk dapat menuangkan sebuah gambar ataupun kata kata pada kaos, dapat menggunakan berbagai metode. Salah satu metode yang populer serta sering digunakan ialah metode cetak sablon. Dan diantara banyaknya metode sablon ada namanya metode sablon flock, yang cukup sering kita temui di berbagai jenis kaos.

Setiap jenis cetak sablon memiliki kelebihan serta ciri khas tersendiri. Termasuk juga sablon floc, memiliki beberapa ciri khas dan juga kelebihan serta kekurangan. Mungkin banyak dari kita yang tidak terlalu familiar akan sablon ini, namun bila sudah melihatnya secara langsung tentu kita akan lebih mudah untuk mengingatnya.

Jadi, Bagaimana? Apakah Anda Sudah Menegtahui apa itu sablon flock?

Pengertian Sablon Floc

Flocking Sablon merupakan metode sablon yang memanfaatkan serat fiber yang mirip bludru, untuk menciptakan efek tertentu pada kaos. Sablon ini menghasilkan volume desain yang sedikit berbeda, terlihat menonjol serta terasa berbeda ketika kita sentuh.

Menelisik sejarahnya, metode sablon ini telah lama dipakai di amerika, tepatnya pada abad ke 20 metode ini dimanfaatkan untuk meberikan nomor pnggung atau nomor urut pada member tim. Agar terlihat jelas dan mudah dikenali dari jauh, pada seragam tim olahraga lokal.

Umunya flocking menggunakan lem khusus untuk dapat merekatkan sablon tersebut secara sempurna. Rata - rata orang memanfaatkan sablon flocking untuk mencetak nomor, huruf dan kata-kata, atau sesuatu yang dibuat memiliki volume tersendiri.

Untuk mendapatkan sablon floc maksimal, dibutuhkan sebuah lem khusus dan juga tinta flocking. Ada 3 jenis tinta yaitu serbuk, lembaran dan juga sticker. Yang nantinya dapat dicetak melalui metode sablon manual ataupun sablon digital.

Sama seperti sablon lainya, sablon tersebut juga memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan bila diaplikasikan pada kaos, yang nantinya akan berhubungan dengan bagaimana cara merawat sablon flock.

Kelebihan sablon flock

Desain Sablon Tampak Timbul

sablon floc

Kelebihan pertama dari tinta flocking ialah menjadikan desain kita timbul. Atau memiliki volume yang terlihat berbeda. Hal tersebut memberikan nilai tambah pada hasil sablon yang terlihat lebih kece dan juga elegant.

Bila dipalikasikan pada desain berupa gambar ataupun makhluk hidup, akan membuat sablon ini nampak seperti 3D sablon. Meski hanya dapat didukung dengan beberapa warna saja.

Dapat Menutup Warna Permukaan Secara Sempurna

Kelebihan selanjutnya, sablon ini dapat menutup warna pemukaan kaos secara sempurna. Dengan kata lain hasil sablon tidak akan terpengaruh oleh warna permukaan kaos. Maka hasilnya akan membuat kaos menjadi lebih eksklusif.

Permukaan Hasil Sablon Halus

Yang tidak kalah penting, tekstur dari sablon flocking nampak seperti bludru. Sudah tentu sangat halus ketika kita sentuh. Meski halus, hasil nya sangat kuat dan juga tahan lama untuk diaplikasikan pada kaos.

Kelembutan hasil dari sablon ini, tidak kalah dari metode sablon manual lainya. Halus sehingga tidak menganggu walau saat kaos dikenakan.

Awet dan Tahan Lama

Harapan dari semua orang ketika membuat sebuah kaos sablon, ialah mendapatkan sablon yang awet dan juga tahan lama. Karena kaos sablon akan dikenakan dalam jangka waktu yang lama.  Sablon floc bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Meski menggunakan warna yang cenderung terbatas, sablon flocking dapat bertahan lama dan juga wet saat telah dicetak pada kaos. Yang penting melakukan proses pencucian serta penyetrikaan sesuai dengan kaidah yang dianjurkan.

Kekurangan Sablon Flock

sablon floc

Warna Yang Terbatas

Bila pada sablon manual lainya pemilihan warna sangatlah beragam, pada sablon flocking kita tidak dapat mengaplikasikan warna dalam jumlah yang banyak. Karena semakin banyak warna akan membuat sablon kurang maksimal.

Warna yang dianjurkan hanya sekitar 2 warna saja. Maka dari itu tak ayal sablon ini disebut sablon yang elegant, karena penggunaan warna sedikit yang membuat tampilan menjadi elegant.

Perlu Perawatan Khusus

Selanjutnya, memanfaatkan sablon flocking pada kaos membutuhkan sedikit penyesuaian dalam perawatan. Seperti proses pencucian dan juga proses pengeringan, hingga proses penyetrikaan. Karena sablon ini memiliki permukaan yang sedikit unik.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika akan mencuci sablon ini, jangan ragu untuk bertanya kepada windofa apparel bagaimana cara untuk mencuci kaos dengan sablon ini. Karena kesalahan dalam pencucian dapat membuat sablon menjadi rusak dan tidak tahan lama.

Sulit Di Aplikasikan Pada Desain Yang Rumit

Untuk hasil sempurna, lebih direkomendasikan memanfaatkan sablon jenis ini untuk desain layaknya kata - kata ataupun angka. Karena sablon ini cukup sulit untuk diaplikasikan kepada gambar - gambar yang rumit dan juga banyak.

Lebih baik diaplikasikan pada kata-kata ataupun angka, membuat sablon nampak keren dan juga ekslusif. Pesan Sablon Floc sekarang juga, dan dapatkan penawaran menarik dengan memesan melalui social media kami @windofaapparel.

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala