MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Yuk Kenali Lebih Dalam Apa Itu Katun Combed dan Katun Bamboo

  • 14 February 2024
  • Tera Asysyifaa
Yuk Kenali Lebih Dalam Apa Itu Katun Combed dan Katun Bamboo

Apakah anda pernah mendengar apa itu kaos katun combed & katun bambu?

Nah, untuk anda yang kurang familiar dengan kedua jenis kaos katun ini, yuk simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Kaos Katun Combed?

kaos katun combed

Cotton combed merupakan salah satu bahan yang berasal dari kapas yang paling halus. Hal ini dikarenakan pembuatannya telah mengalami proses penyirisan atau combed sebelum kapasnya dipintal untuk dijadikan benang. Ketika proses ini dilakukan, bahannya pun bisa menjadi lebih kuat.

Kelebihan cotton combed adalah memiliki tekstur yang halus, dengan begitu sangat nyaman ketika digunakan dan bisa menyerap keringat, bahkan tidak panas.

Namun untuk bahan ini mudah terkena jamur ketika menyimpannya ditempat yang lembab terlalu lama dan tidak kuat ketika direndam lama.

Tidak hanya dijadikan sebagai kaos saja, bahan jenis ini biasanya digunakan juga sebagai bed cover, piyama, guling, dan sarung bantal.

Jenis ini pun berbeda dari tipe reguler, karena untuk cotton regular memiliki tekstur yang terlihat lebih kasar. Hal ini disebabkan tidak dilakukannya proses penyisiran seperti pada cotton combed.

Nah, untuk anda yang ingin membeli bahan kaos ini, maka sebaiknya anda bisa mengetahui jenis-jenis bahan kaos katun combed supaya lebih cocok saat memilih bahan kain dan pastinya bisa sesuai dengan kebutuhan anda.

Berbagai pilihan cotton combed bisa dilihat melalui kerapatan jahitannya hingga ketebalan kainnya. Nah, untuk membedakan ketebalannya, maka bahan ini memiliki simbol yang merupakan tanda tebalnya dari setiap jenis kainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai jenis dari bahan katun combed yang perlu anda ketahui.

Baca : Kami jual kaos polos Jakarta kualitas dijamin terbaik 100%. Harga ekonomis cocok buat Anda yang sedang menjalankan usaha sablon sendiri.

Cotton Combed 20S 

Jika dibandingkan dengan yang lain, bahan kaos ini adalah bahan yang paling tebal. Banyak orang yang beranggapan jika bahan ini adalah bahan yang berkualitas paling bagus daripada jenis yang lain.

Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang mencari kain ini untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan beberapa pakaian.

Harga kaos katun combed ini terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan bahan yg lain, namun hal ini sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Cotton Combed 24S

Jenis bahan ini mempunyai ketebalan atau gramasi antara 170 sampai 210 gr/m2. Dapat dikatakan bahwa bahan ini paling panyak peminat karena tidak tebal tetapi juga tidak tipis, tidak merasa gerah saat berada di tempat panas, dan tidak kedinginan saat berada di tempat dengan suhu dingin. Selain itu, harga dari bahan ini pun tidak jauh berbeda seperti kain jenis combed 20S maupun 30S.

Cotton Combed 30S 

Biasanya untuk bahan kaos ini banyak diincar kaum muda. Hal ini dikarenakan bahannya yang lebih tipis maupun tidak panas saat dipakai, dan juga menyerap keringat dengan baik, karena mempunyai ketebalan atau gramasi sekitar 140 sampai 160 gr/m2.

Hal ini yang membedakannya daribahan cotton combed 20S serta 24S. Tetapi, bukan berarti karena memiliki perbedaan dengan bahan combed 20S dan 24S, kain yang satu ini memiliki kualitas yang buruk, ya.

Bisa dikatakan bahwa bahannya tetap mempunyai kualitas yang sama karena memakai rajutan single knitt. Selain itu, kain ini juga tidak terasa berat ketika digunakan.

Kaos cotton combed 30S bahkan sangat cocok dalam hal Sablon Kaos. Selain itu, juga cocok dipakai pada cuaca panas. Bahan kain ini juga banyak digunakan kalangan produsen pakaian ternama, lho.

Cotton Combed 40S

Bahan kaos katun combed berikutnya adalah cotton combed 40S. Kain yang satu ini adalah jenis yang paling tipis dengan seratnya yang lebih halus jika dibandingkan dengan yang lain.

Selain itu, bahan cotton combed 40S mempunyai ketebalan atau gramasi sekitar 140 sampai160 gr/m2, dan tentunya masih memakai rajutan single knitt.

Nah, dengan ketipisan tertentu, membuat bahan ini tidak terasa panas, namun justru akan lebih adem saat digunakan. Selain itu jangan salah, walaupun kainnya tipis tetapi bahan yang satu ini banyak dipakai oleh sebagian produsen kaos ternama.

Di sisi lain, cotton combed 40S juga cocok digunakan dalam pembuatan kaos distro, dikenakan di hawa panas, pergi ke pantai, ketika bersantai di rumah, dan berbagai aktivitas lainnya.

Dan yang paling penting adalah kain ini pun mempunyai harga yang juga cukup terjangkau. Untuk memperolehnya, anda dapat berbelanja di toko online terpercaya.

Gramasi Cotton Combed

Setiap kain memilki berat yang berbeda, namun berat dari sebuah bahan sangat penting untuk diperhatikan dikarenakan penentuan bila kita ingin membuat kaos dalam jumlah yang banyak. Termsuk juga berat dari katun combed, sangat berpengaruh bila kita ingin membuat kaos berbahan katun combed dalam jumlah yang banyak. Berat dari katun combed dapat lebih dipahami melalui gambar berikut :

Kelebihan dari Cotton Combed

  1. Tekstur tebal, rapat dan halus.
  2. Tidak mudah berbulu
  3. Mudah menyerap air baik keringat ataupun air
  4. Mudah disablon dengan metode apapun

Apa Itu Katun Bambu? 

Nah, setelah anda mengetahui penjelasan mengenai kaos katun combed, kini saatnya anda mengetahui apa itu katun bambu.

Yang jelas kaos katun combed & katun bambu ini berbeda, yang mana kain dari katun bambu ini berasal dari 30% katun dan 70% serat bambu. Secara karakteristik katun ini sama saja seperti kaos katun umumnya. Bahkan, ada nilai kelebihan lain yang menjadikan bahan ini banyak dipakai untuk kaos anak-anak.

Dapat dikatakan bahwa bahan kaos katun bambu adalah pendatang baru yang memang sukses untuk bahan kaos. Ditambah lagi kepopuleran kaos yang menggunakan bahan katun bambu cukup meningkat karena berbagai kelebihan yang ditawarkannya, seperti anti bau dan anti bakteri. Dengan begitu, tidak mengherankan jika pada awal kemunculannya, kain ini dipilih untuk pakaian bayi. 

Namun saat ini penggunaan bahan Kaos Katun Bambu sudah banyak dimanfaatkan untuk kaos-kaos orang dewasa. Lalu sebenarnya apa aja sih kelebihan yang dimiliki oleh bahan kaos katun bambu? Sebelumnya sudah dibahas sekilas kelebihan dari bahan ini adalah anti bakteri. Hal ini dikarenakan bahan katun bambu memiliki zat penny quinine sebagai zat alami anti bakteri.

Untuk anda yang mempunyai kulit sensitif, tentu saja menggunakan kaos yang berbahan katun ini dapat mencegah iritasi kulit. Bahkan, zat anti bakterinya pun dapat mencegah kaos anda cepat rusak. Selain itu, bahan kaos ini mempunyai karakteristik lentur, lembut serta mempunyai daya serap yang baik. Ketika digunakan untuk kaos, katun bambu tidak akan mudah bau dan tidak mudah lembab.

Kain katun bambu mempunyai kemampuan yang paling baik dalam menangkal efek buruk sinar ultraviolet yang masuk ke dalam serat bambu, yaitu menjadi lebih rendah 20% daripada dengan menggunakan jenis bahan kaos lainnya. Ditambah lagi dari penelitian yang dilakukan, serat bambu mempunyai daya tahan hingga 417 kali lebih kuat daripada jenis kain lainnya. Wah, keren banget, ya!

Keunikan lainnya dari bahan kaos ini yaitu ketika digunakan pada musim panas, anda akan terasa sejuk, namun di saat mengenakannya pada musim dingin, sifatnya menghangatkan. Dengan begitu anda akan merasa nyaman ketika mengenakannya. Karena bisa dikatakan bahwa ada sebagian bahan kaos yang saat digunakan malah akan terasa panas, bahkan dapat membuat anda merasa semakin tidak nyaman saat beraktivitas.

Yang jelas kain serat bambu adalah jenis kain yang ramah lingkungan karena sangat mudah terurai. Baju kaos yang menggunakan bahan katun bambu benar-benar harus anda coba, terlebih lagi bahan ini termasuk pula sebagai bahan organik dan alami, sehingga sangat aman untuk dijadikan bahan pakaian anak-anak.

Yang pasti berbicara mengenai kelebihan dan kualitasnya, katun bambu ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Terlebih lagi perbedaan katun combed dan katun bambu sangatlah jelas dari bahan yang digunakan. Meskipun begitu, bisa dikatakan bahwa harga dari katun bambu terbilang lebih mahal daripada bahan katun combed.

Namun hal ini tak perlu dikhawatirkan karena bahan katun bambu memang sangat berkualitas. Walaupun sama-sama memakai benang 30s, namun antara katun combed dan katun bambu ada perpedaan dari segi ketebalannya. Yang mana bahan katun bambu ini akan cenderung lebih tipis daripada bahan combed. Tidak hanya itu saja, pilihan warnanya pun kurang banyak daripada katun combed.

Dari berbagai ulasan yang telah dipaparkan di atas, maka kedua jenis bahan kaos tersebut bisa dijadikan sebagai pilihan untuk anda yang suka sekali mengenakan kaos. Nah, jangan lupa juga untuk memilih bahan kaos yang sesuai dengan kebutuhan anda, ya. Dengan begitu, anda pun bisa semakin nyaman saat mengenakannya.

Gramasi Katun Bamboo

Melanjutkan narasi di atas, bahwa setiap kain memilki gramasi atau berat kosong yang nantinya berguna untuk mengukur berapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat kaos dalam jumlah besar. Untuk lebih jelasnya dapat menyimak gambar dibawah ini :

Keunggulan Katun Bamboo

  1. Tekstur Halus dan adem
  2. Menahan paparan sinar uv hingga 20%
  3. Memilki sifat Anti Bakteri
  4. Memilki sifat menyerap air lebih baik dari katun combed
  5. Anti Alergan

Bagaimana? Sudah jelas kan, berbagai pembahasan di atas? Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai kaos katun combed & katun bambu. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa juga untuk share ke teman kalian, ya!. 

Ikuti instagram windofaapparel di @windofaapparel untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik lainya.

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala