MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Bagaimana Membuat Desain DTF & Membuat Kaos Anda Standout?

  • 12 December 2023
  • Windofa Apparel
Bagaimana Membuat Desain DTF & Membuat Kaos Anda Standout?

Jasa Cetak DTF - Kemampuan sablon DTF untuk mencetak grafis berkualitas tinggi dan tahan lama pada berbagai bahan membuatnya populer di kalangan perusahaan dan masyarakat. Namun, seperti halnya teknik sablon lainnya, kualitas hasil akhir sangat dipengaruhi oleh kualitas desain itu sendiri. Tapi bagaimana cara membuat desain DTF?

Pada artikel ini, kami akan membahas dasar-dasar desain untuk sablon DTF. Kami akan membahas beberapa aspek penting untuk dipertimbangkan, saran untuk menghasilkan desain yang menarik, serta alat dan perangkat lunak untuk membantu Anda sukses. Sumber daya ini akan memberi Anda informasi dan alat yang Anda perlukan untuk menghasilkan desain hebat untuk sablon DTF.

Bagaimana Cara Membuat Desain Sablon DTF?

Memilih profil warna yang tepat

Saat mendesain untuk sablon DTF, memilih profil warna yang tepat sangatlah penting. Sablon DTF menggunakan tinta CMYK untuk memadukan warna. Namun, model warna ini tidak dapat mereproduksi semua warna, dan warna yang dapat direproduksi mungkin tidak cocok dengan desain aslinya. Sangat penting untuk memilih profil warna yang sesuai dengan sablon DTF. Ini memastikan desain DTF Anda tampil seakurat dan seberwarna mungkin.

Pantone Matching System (PMS) menawarkan serangkaian warna standar yang dapat direproduksi secara andal di seluruh teknik sablon. Anda dapat yakin bahwa hasil akhirnya semirip mungkin dengan desain asli Anda dengan memanfaatkan warna PMS dalam desain DTF Anda.

Warna titik (tinta pra-campuran yang diterapkan langsung ke desain) adalah kemungkinan lainnya. Warna spot memberikan warna yang lebih cerah dan hidup dibandingkan model warna CMYK. Itu membuatnya ideal untuk desain dengan banyak warna atau warna merek.

Memahami keterbatasan sablon DTF

Sablon DTF memberikan beberapa keunggulan dibandingkan teknik sablon konvensional (sablon manual), namun juga memiliki kekurangan. Memahami kendala ini akan membantu Anda meningkatkan desain sablon DTF dan meminimalkan kemungkinan kesulitan yang mungkin mempengaruhi kualitas produk.

Resolusi hasil cetakan merupakan kendala penting yang harus diperhatikan. Sablon DTF memiliki resolusi lebih rendah dibandingkan pencetakan direct-to-garment (DTG), oleh karena itu desain dengan detail halus atau teks kecil mungkin tidak dapat dicetak dengan baik. Mendesain menggunakan fitur yang lebih besar dan kuat yang terlihat bahkan pada resolusi yang lebih rendah sangatlah penting untuk menghindari masalah ini.

Baca Juga: 5 Tips Mendesain Sebuah Karya Seni untuk Sablon

Memilih grafis dan gambar yang sesuai

Agar desain DTF terlihat luar biasa dan menyampaikan pesan Anda secara efektif, grafik dan gambar yang tepat harus digunakan. Saat memilih grafik dan gambar untuk sablon DTF, ingatlah hal berikut:

  • Resolusi gambar: Sangat penting untuk menggunakan foto dengan kualitas tinggi jika Anda ingin desain Anda tampak jelas dan tajam. Untuk sebagian besar aplikasi sablon DTF, kami merekomendasikan resolusi minimal 300 dpi.
  • Warna dan kontras: Penting untuk mempertimbangkan warna dan kontras saat memilih grafik dan gambar. Gambar dengan kontras kuat dan warna cerah biasanya memiliki performa terbaik untuk sablon DTF. Hasil gambar seperti ini lebih berwarna dan menarik.
  • Kesederhanaan desain: Sablon DTF bekerja paling baik dengan desain yang memiliki bagian yang kuat dan lugas. Sederhanakan desain Anda agar dapat dicetak secara efisien. Desain dengan elemen kompleks atau sedikit teks mungkin tidak terlihat jelas.
  • Kompatibilitas dengan bahan: Karena bahan yang berbeda mungkin berdampak pada tampilan grafis dan gambar, penting untuk menguji desain Anda pada bahan yang tepat yang akan Anda gunakan untuk sablon DTF. Anda dapat menghindari kemungkinan masalah seperti perubahan warna atau pencetakan tidak rata dengan melakukan ini.

Mempersiapkan desain untuk dicetak

Saatnya menyiapkan desain Anda untuk dicetak setelah Anda memilih grafis dan gambar yang ideal untuk desain DTF Anda dan mempertimbangkan batasan sablon DTF. Mengikuti langkah-langkah penting ini akan membantu Anda menyiapkan desain untuk sablon DTF:

  • Ukuran desain Anda: Tentukan dimensi akhir desain, lalu skalakan dalam perangkat lunak desain Anda. Untuk mengakomodasi kemungkinan pergerakan selama proses pencetakan, pastikan untuk memberikan ruang yang cukup di sekeliling desain.
  • Konversikan desain Anda ke CMYK: Dalam program desain Anda, ubah mode warna desain Anda ke CMYK. Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan bahwa warna desain Anda sesuai dengan sablon DTF.
  • Gunakan format file yang tepat: Simpan desain Anda dalam jenis file seperti PDF, vektor, atau PNG yang sesuai untuk sablon DTF. Ini memastikan hasil akhir yang tajam dan jelas, pastikan Anda menyimpan file dengan kualitas tinggi (setidaknya 300 dpi).
  • Cetak sampel: Merupakan ide bagus untuk mencetak sampel uji desain Anda pada bahan tertentu yang akan Anda gunakan untuk sablon DTF sebelum melakukan pencetakan besar. Ini akan memungkinkan Anda melihat kemungkinan masalah dan membuat perubahan desain sebelum mencetak dalam jumlah yang lebih besar.
  • Pertimbangkan untuk menambahkan lapisan dasar berwarna putih: Tergantung pada bahan dan desainnya, Anda mungkin perlu menambahkan lapisan dasar berwarna putih untuk memastikan warna yang kaya dan akurat. Ini penting untuk desain dengan warna cerah atau yang dicetak pada kain gelap.

Windofa Apparel jasa cetak DTF sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala