MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Bahan Kaos Yang Cocok Untuk Sablon Foil

  • 22 August 2024
  • tera asysyifaa
Bahan Kaos Yang Cocok Untuk Sablon Foil

Pada kesempatan sebelumnya kita telah sedikit membahas apa itu sablon foil dan apa saja keuntungan serta kisaran harga dari jasa sablon foil. Kita telah memahami bila ingin membuat sebuah karya kaos sablon yang baik tentu membutuhkan bahan kain yang menunjang.

Sebab bila kain yang kita gunakan tidak menunjang, hasil dari cetak sablon tidak akan maksimal malah ada yang cenderung gagal. Tentu kita ingin hal tersebut terjadi pada kita.

Untuk memberikan hasil yang maksimal sablon juga harus didukung dengan bahan bahan yang maksimal. Termasuk juga sablon foil. Karena sablon foil memanfaatkan lem khusus sebagai media penempelan dan menggunakan mesin press bertekanan agar foil dapat menempel secara sempurna pada kain.

Untuk lebih lengkapnya seputar pengertian sablon foil baca juga : Mengenal Lebih Dekat Sablon Foil

Berdasarkan hal tersebut, kita harus memilih bahan dengan tingkat penyerapan yang baik serta kain yang tidak mudah rusak saat terkena panas. Untuk menghasilkan sablon foil yang mumpuni. Lantas apa saja bahan kaos polos yang bagus untuk sablon foil ?

Bahan - Bahan Kaos Yang Baik Untuk Sablon Foil

Cotton Combed

Mungkin kita sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Bahan cotton yang memiliki komposisi 100% cotton yang dipintal menjadi sebuah benang dan dijahit menjadi kain. Merupakan bahan kaos polos yang sangat populer.

Memiliki varian code 20s, 24s, 30s yang menandakan ketebalan dari bahan tersebut. Memiliki daya serap yang baik membuat berbagai tinta sablon dapat menyerap secara sempurnadan merekat dengan baik.

Lalu bagaimana dengan kertas foil? Tentu saja hal tersebut tidak menjadi masalah. Lem foli dapat merekat dengan sempurna pada cotton combed. Dan kaos ini tidak akan rusak atau lecet ketika menerima panas dari mesin press.

Dengan kata lain bahan cotton combed sangat dianjurkan dalam membuat sebuah kaos sablon. Baik itu sablon rubber , sablon plastisol ataupun sablon foil.

Cotton Carded

Bahan cotton carded sering dianggap bahan bekas ataupun reject. Walaupun bahan ini tidak sebagus cotton combed namun cotton carded dapat diandalkan sebagai pendukung dalam proses cetak sablon termasuk sablon foil.

Secara dasar cotton carded hanya melalui proses penggarukan atau carding yang membuat tekstur dari kaos ini nampak lebih kasar dibanding dengan cotton combed. Sedangkan untuk komposisi yang digunakan antar cotton dan polyester pada bahan ini tak berbeda jauh dengan cotton combed.

Nah, walaupun begitu jangan anggap remeh cotton carde. Karena bahan ini memiliki tekstur yang padat sehingga memudahkan tinta sablon menempel pada permukaan kain. Dengan kata lain bahan carde adalah bahan yang direkomendasikan kedua setelah cotton combed.

Cotton Bamboo

Sedikit berbeda dari bahan cotton combed, cotton bamboo memanfaatkan serat bambu sebagai bahan dasar pemintalan kain. Sehingga menjadikan cotton bamboo memiliki permukaan yang halus nan rapat.

Untuk kualitas penyerapan bisa dikatakan katun bambu memilki tingkat penyerapan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis katun lainya. Sehingga metode cetak sablon apapun akan lebih mudah untuk merekat dengan sempurna pada bahan cotton bamboo.

Hal tersebut termasuk sablon foil. Lem khusus foil dan panasnya mesin high pressure dalam membuat sablon foil tidak akan menjadi masalah oleh cotton bamboo. Hanya saja karena segudang kebaikan cotton bamboo maka harga yang ditawarkan pun lebih tinggi dibandingkan dengan jenis bahan kain lainya.

Polyester atau TC

Bahan Polyester ialah sebuah bahan buatan ( kimia ) yang digabungkan dengan serat cotton dan dipintal menjadi sebuah kaos. Dengan komposisi yang lebih banyak bahan kimia dibandingkan dengan serat katun itu sendiri.

Dalam membuat sablon foil kaos dengan bahan polyester dapat menjadi solusi, meski menggunakan serat buatan namun tetap menghasilkan produk yang tidak kalah dengan cotton asli. Seperti mudah menyerap tinta sablon.

Faktor mudah menyerap sebuah tinta dapat menjadi faktor pendukung dalam membuat sebuah kaos yang diaplikasikan dengan sablon foil. Apalagi polyester didukung dengan harga yang reltif murah dibanding dengan cotton lainya.

Pemilihan bahan dasar sablon sangatlah penting, apalagi tekstur dari kaos mempengaruhi bagaimana hasil dari sablon tersebut pada kaos. Untuk mendapatkan informasi lainya seputar kaos polos dan jasa sablon jangan lupa untuk mengunjungi social media kami di @windofaapparel.

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala