MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Dibalik Layar: Eksplorasi Mendalam tentang Teknik Sablon Manual Kreatif

  • 20 February 2024
  • Windofa Apparel
Dibalik Layar: Eksplorasi Mendalam tentang Teknik Sablon Manual Kreatif

Jasa Sablon Manual - Teknik sablon manual merupakan salah satu cara menyablon yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Teknik ini cukup populer di kalangan pengusaha kecil, pengrajin kecil bahkan juga seniman karena biaya yang terjangkau serta kemampuan untuk mencetak pada berbagai bahan. Bisnis jasa sablon manual ini sangat menggiurkan, apalagi masa kampanye pemilu.

Omset pada bisnis ini akan naik berkali-kali lipat. Karena kaos dianggap sebagai media kampanye wajib dalam masa tersebut. Selain itu, sablon kaos juga dapat dijadikan sebagai media promosi untuk berbagai bisnis. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk kalian yang ingin bereksplorasi mengenai teknik sablon manual.

Alat yang dibutuhkan antara lain:

  • Cetakan (stensil) dengan gambar yang diinginkan
  • Bingkai sablon (screen)
  • Kain jarring atau kain polyester
  • Tinta sablon
  • Alat semprot atau karet rakel
  • Ember atau panci untuk membersihkan cetakan
  • Lampu pijar atau sumber cahaya lainnya

Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • Kain ataupun media lain yang akan dicetak
  • Kain lap atau tisu untuk membersihkan cetakan
  • Pelekat kertas atau masker untuk melindungi area yang tidak ingin dicetak

Teknik Menyablon Secara Manual

Langkah pertama, membuat cetakan (stensil) sesuai dengan gambar yang diinginkan. Cetakan dapat dibuat dengan menggunakan kertas, film transparan, atau kain karing. Gambar yang digunakan harus berwarna hitam dan putih tanpa gradasi.

Langkah kedua, menyiapkan bingkai sablon, bingkai sablon harus dipotong sesuai dengan ukuran cetakan kemudian kain jarring harus ditempelkan pada bingkai dengan menggunakan alat semprot atau lem. Pastikan kain jarring menutupi seluruh permukaan bingkai serta tidak ada bagian yang longgar

Langkah ketiga, menempelkan cetakan pada bingkai, dimana cetakan atau stensil harus ditempelkan pada bagian bawah bingkai sablon dengan menggunakan pelekat kertas atau lem. Pastikan cetakan menempel dengan rata dan tidak ada sedikitpun celah

Langkah keempat, menyiapkan tinta sablon. Tinta sablon harus disiapkan pada wadah yang datar dan lebar. Lalu, tinta harus diaduk dengan baik untuk memastikan teksturnya homogen

Langkah kelima mencetak gambar, letakkan kain atau bahan yang ingin dicetak pada permukaan datar kemudian tempatkan bingkai sablon diatasnya dengan sisi yang berisi kain jarring menghadap ke bawah. Tempatkan tinta diatas kain jarring dan ratakan dengan menggunakan karet rakel.

Baca Juga: Teknologi Cetak Terkini: Pentingnya Memilih Printer yang Tepat untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Langkah terakhir membersihkan cetakan, setelah selesai mencetak bersihkan sisa tinta pada cetakan dengan menggunakan kain lap atau bisa juga tisu. Cetakan harus dibersihkan dengan hati-hati agar cetakan tidak mudah rusak.

Kelebihan Sablon Manual

  • Kelebihan dari teknik sablon manual ini dapat dilihat dati kualitas hasil sablonnya. Hasil sablon manual ini terlihat detail sehingga hasilnya lebih sempurna
  • Harga sablon manual bisa dibilang cukup terjangkau. Karena, peralatan yang digunakan pun lebih sederhana dibandingkan dengan peralatan dari sablon digital. selain itu, umumnya biaya produksi pada sablon manual tergolong ekonomis apabila dilakukan untuk para pemula pelaku usaha sablon. Sehingga ketika konsumen memesan kaos sablon dalam jumlah yang cukup banyak, maka biaya produksi yang dikeluarkanpun tentu lebih murah dan terjangkau
  • Hasil warna dari sablon tentu saja menjadi sebuah pertimbangan yang sangat penting ketika seseorang ingin mencetak suatu desain ke permukaan kaos. Jasa sablon manual mampu menghasilkan warna yang bagus dan tidak mudah luntur
  • Matcing warna mencapai 80% sampai 90% sesuai dengan permintaan konsumen.

Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala