MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Fakta Menarik Seputar Sablon DTG

  • 24 September 2024
  • tera asysyifaa
Fakta Menarik Seputar Sablon DTG

Tahukah kamu bahwa sablon DTG memiliki beberapa fakta menarik. Fakta tersebut membuat kita untuk lebih mempertimbangkan apakah benar atau tidak untuk memilih sablon dtg? Karena sablon tersebut bisa membantu kita dalam menciptakan kaos custom yang sangat kece.

Saat ini penggunaan sablon DTG telah sampai pada berbagai kalangan. Tak bisa dipungkiri pembuatan sablon pada kaos memengaruhi minat masyarakat luas untuk membuat kaos sablon custom sesuai keinginan dan kebutuhan kita.

Misalnya, membuat sebuah kaos custom seragam gathering. Dengan desain yang rumit dan banyak warna. Serta membutuhkan dahulu sample sebagai bahan pertimbangan yang kongkrit serta dapat dilihat secara visual.

Lantas apa saja fakta menarik dari sabon DTG? Apakah bisa menjadi nilai plus sebagai bahan pertimbangan untuk menggunakanya saat menyablon. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini:

Fakta Menarik Sablon DTG

Cetak Satuan Yang Fleksibel

sablon DTG

Fakta menarik pertama, DTG bisa melayani sablon kaos secara satuan. Dan dilengkapi dengan kecepatan waktu yang tergolong singkat. Kurang lebih hanya memakan waktu 1 jam proses, maka kaos sablon akan siap digunakan.

Dengan kelebihan kemampuan untuk mencetak secara satuan, maka dapat membuat kita lebih hemat dalam membuat sample atau kaos custom. Karena kita tidak perlu memesan dalam jumlah yang banyak ataupun partai.

Lalu apakah bisa dicetak secara partai? Tentu saja, layaknya metode cetak sablon. DTG bisa dipergunakan untuk mencetak kaos custom secara masal dan tetap menang dengan kecepatan waktu yang ditawarkan. Dibandinkan dengan metode cetak sablon manual yang memakan waktu lebih lama.

Membuat Desain Menjadi Lebih Ekspresif

Kata siapa sablon digital tidak bisa membuat desain menjadi lebih ekpresif ataupun fotogenik? Tingkat keakuratan mencetak dengan sablon digital menghasilkan prosentase hingga 98% dari desain aslinya.

Yang dimana hal tersebut memberikan hasil dari sablon digital memiliki ekpresif yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil sablon manual. Apalagi didukung dengan tidak adanya batasan warna yang membuat sablon digital lebih memantapkan diri dalam mempertahankan kemiripan desain.

Mengacu pada hal tersebut membuat para pengrajin kaos custom merekomendasikan sablon digital untuk diaplikasikan pada desain Ruster ataupun desain 3 Dimensi. Bahkan kini sudah banyak yang mencetak foto pada kaos dengan metode sablon digital ini. Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan hasil sablon yang lebih hidup dan juga ekspresif.

Dapat Diaplikasikan Pada Berbagai Desain

Melanjutkan dari point sebelumnya. Sablon digital sangat cocok untuk penggunaan berbagai desain. Hal ini didukung dengan kecanggihan mesin sablon digital yang menyerupau sebuah printer namun di desain untuk mencetak pada garment.

Maka dari itu berbagai desain dapat dicetak dengan metode sablon ini. Seperti desain typografi, desain bertema, foto real, berbagai font hingga gradasi dari berbagai warna. Dengan tingkat ketepatan dan ketajaman warna yang sangat baik.

Yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas cetakan, kita perlu membuat format desain sesuai kebutuhan. Hal ini dimaksudkan agar desain yang di sablon tidak akan tercetak dengan pecah-pecah ataupun reject. Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi saat menyablon.

Membutuhkan Tinta Putih Lebih Banyak

Jarang yang mengerti bahwa sablon DTG memerlukan lebih banyak tinta putih saat proses mencetak. Apalagi bila mencetak pada bahan kaso berwarna. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjadik tinta putih sebagai dasar warna cetakan.

Karena tidak semua warna langsung matching dengan desain yang kita buat. Dengan begitu warna putih berguna meutup warna bahan dan menjadi pondasi dalam membuat sablon DTG. Apalagi warna putih tergolong warna primer yang tidak akan merusak warna.

Namun tidak perlu diambil pusing, ketika desain tercetak secara sempurna pada kaos, tinta dasar putih ini tidak akan terlihat secara langsung pada hasil sablon. Karena tinta tersebut tertumpuk oleh tinta lain sesuai desain yang kita buat.

Sehingga hasil cetakan akan tetap menyeluruh dan tidak ada tembahan warna lainya.

Tinta Ramah Lingkungan

Pada umumnya DTG menggunakan tinta pigmen yang berbasis air. Hal ini membuat tinta DTG dapat menyerap dengan baik pada media garment seperti kaos polos. Apalagi bila diaplikasikan pada kaos berbahan katun seperti cotton combed.

Nah selain itu, tinta ini hanya mengandung senyawa air yang tidak berbahaya serta tidak mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan alergi ataupun iritasi kulit. Justru tinta DTG lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan beberapa tinta konvesnsional lainya.

Dengan begitu penggunaan tinta pada sablon ini dirasa aman, meski dimanfaatkan pada orang yang memiliki alergi ataupun anak-anak yang masih memiliki kulit rentan pada bahan kimia. Tidak perlu ragu dalam mengaplikasikanya.

Demikian 5 fakta menarik dari sablon DTG. Sablon digital sangat direkomendasikan untuk pembuatan kaos sablon. Meski dibanderol sedikit mahal namun akan terbayar dengan hasil yang akan kita terima. Dan kualitas setelah proses cetak akan tahan lama dan juga awet digunakan.

Nah, untuk menghasilkan cetakan sablon digital yang baik jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa hal. Baik desain, bahan, hingga warna sablon. Karena hal-hal tersebut memengaruhi hasil dari cetak sablon.

Baca Juga : Hal - hal yang perlu diperhatikan sebelum sablon DTG

Sebagai salah satu penyedia jasa sablon di Jakarta, Windofa Apparel menyarankan untuk mengaplikasikan sablon DTG dengan bahan kaos dengan komposisi 100% alami. Seperti Cotton Combed ataupun Cotton Bamboo.

Karena hal tersebut akan memberikan efektifitas serta hasil yang luar biasa pada desain yang dicetak. Yuk konsultasikan keperluan Anda seputar kaos polos dan juga jasa sablon pada windofa apparel. Hubungi kami sekarang juga.

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala