MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sablon DTG

  • 24 September 2024
  • tera asysyifaa
Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sablon DTG

Sejak dulu penggunaan metode sablon sudah menjadi andalan untuk menjadikan kaos lebih cantik serta lebih enak untuk dipandang. Dengan sablon kita bisa memindahkan kata-kata, gambar, hingga foto untuk membuat kaos menjadi lebih menarik.

Saat ini terdapat metode sablon digital yang menawarkan kecepatan, tingkat detail yang lebih tinggi serta hasil yang sangat bagus untuk dicetak pada kaos. Salah satunya menggunakan metode sablon DTG.

Sebagai salah satu pilihan sablon digital, DTG cukup sering dimanfaatkan untuk keperluan sablon kaos, karena DTG akan membantu menghasilkan detail sablon secara baik, hingga memiliki ketepatan hingga 98% dengan desain.

Tentu hal tersebut sangatlah tepat. Namun untuk memaksimalkan kualitas hasil dari sablon DTG, kita tidak boleh melupakan beberapa faktor pendukung yang memengaruhi kualitas dari sablon tersebut. Seperti bahan kaos, jumlah warna, format desain, serta posisi sablon.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas apa saja faktor yang harus diperhatikan sebelum sablon DTG. Akan tetapi sebelum melangkah kepada hal-hal tersebut ada baiknya untuk mengingat kembali apa itu sablon DTG.

Apa Sablon DTG Itu?

sablon dtg

Sablon Direct To Garment atau yang sering kita dengar dengan nama DTG, merupakan sebuah metode sablon digital, yang mencetak sebuah desain langsung pada kaos. Dengan memanfaatkan mesin DTG.

Dalam arti kaos akan diletakan pada mesin DTG dan ketika mesin bekerja desain akan tercetak secara otomatis terhadap kaos tanpa perantara apapaun. Tinta cetak langsung mengenai kaos setelah selesai pengaturan dan proses pencetakan dilakukan.

Mesin Print DTG akan bergerak secara otomatis sesaat proses setting selesai. Dan akan mulai bergerak untuk menempelkan tinta sesuai dengan desain yang tercetak pada komputer. Hasil dari DTG lebih bagus dari sablon manual.

Menempel dengan baik, serta tidak mudah mengelupas. Kini DTG sangat sering digunakan oleh berbagai merk Apparel, termasuk Windofa Apparel

Baca Juga : Perbedaan DTF dan DTG

Lalu, seperti halnya ulasan diatas. DTG akan menjadi maksimal bila didukung dengan beberapa hal. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Sablon DTG:

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sablon DTG

Bahan Kaos

Yang perlu kita pertimbangkan pertama ialah bahan kaos. Untuk menghasilkan DTG yang maksimal membutuhkan kain yang memiliki daya serap baik terhadap cairan. Hal tersebut dimaksudkan guna memudahkan tinta menyerap pada kaos.

Selain itu kaos dengan bahan kapas 100% lebih dinajurkan, karena kaos dengan bahan kapas memiliki ketahanan panas yang baik. Sehingga saat proses pencetakan kaos ini akan bertahan pada suhu tinta sablon yang cukup tinggi.

Selain itu kaos dengan serat kapas memiliki fleksibilitas yang cukup baik. Sehingga membuat kaos dapat disablon dalam posisi manapun tanpa ribet. Kaos dengan spesifikasi ini sering dinamakan Cotton Combed, ataupun Cotton Bamboo.

Windofa Apparel memberikan rekomendasi kaos terbaik untuk cetak DTG dengan bahan baku Cotton Combed serta Cotton Bamboo sebagai berikut :

Kaos Cotton Combed Black Colony Premium 7200

sablon dtg

100% Cotton Combed 20s

Ada Jahitan Samping

Bahan Reaktif

Jahitan Rantai Pada Pundak

Double Stick Pada Leher

Lebih lengkapnya bisa mengunjungi halaman berikut : https://windofaapparel.com/product-view/85/1/kaos-polos/kaos-polos-cotton-combed-20s-black-colony-premium-7200.html 

Kaos Cotton Bamboo Black Colony Premium 8200

kaos polos

Bahan Katun Bambu 70% + Katun Kombed 30%
Bahan Reaktif
Ketebalan 30s (Agak Tipis)
Bahan Adem, Halus, atidak berbulu
Daya Serap Keringat lebih baik dibanding katun lain
Anti Bakteri & Hipoalergenik

Detailnya silahkan mengunjungi halaman berikut : https://windofaapparel.com/product-view/40/1/kaos-polos/kaos-polos-cotton-bamboo-30s-black-colony-premium-8200.html 

Warna Desain Sablon DTG

Mengapa kita harus mempertimbangkan warna desain yang akan di sablon DTG? Karena sablon DTG memiliki ketepatan warna yang sangat tepat, bila di presentasikan sablon DTG memiliki ketepatan hingaa 98%

Dan sablon DTG tidak memiliki batasan warna, atau dapat diartikan siap untuk menyablon dengan desain yang rumit dan juga banyak warna. Berbeda dengan sablon manual yang memiliki perhitungan biaya berdasarkan warna.

Sablon DTG juga sangat direkomendasikan untuk kita yang gemar menggunakan sablon gradasi ataupun desain 3D. Didukung dengan tinta berbasis pigmen, yang membuat hasil dari cetakan akan awet dan juga tidak mudah luntur ataupun mengelupas.

Format Desain

Untuk menyablon DTG tidaklah membutuhkan format yamg sulit. Hanya membutuhkan beberapa penyesuaian agar gambar mudah untuk dicetak dan menghasilkan cetakan yang rapih tanpa pecah-pecah. Maka untuk mencapai hal itu perlu diperhatikan :

  1. Memiliki gambar dengan format png properties atau png tanpa background dengan ukuran minimal 1000Mega Pixels setara ukuran A4 ( 20x30cm).
  2. Maksimal memilki ukuran 3000Mega Pixels setara dengan ukuran A3 ( 30x40 cm), dengan kerapatan pixel 300DPI
  3. Boleh menggunakan format PDF asalkan desain tidak menggunakan font to curve serta all object to curve ( tanpa adanya effect ) bila mengenakan effect disarankan menggunakan format .png
  4. Membuat vektor yang notabene merupakan gabungan antar garis ataupun titik yang disambungkan menjadi sebuah gambar. Untuk memastikan dengan format sesuai program layaknya .eve.

Bila Anda merasa bingung, Anda dapat mengonsultasikan desain Anda kepada tim Mockup kami. Kami akan mengarahkan Anda sesuai dengan format desain yang dibutuhkan. Hubungi windofa apparel sekarang juga melalui whatsapp.

Posisi Menyablon Desain

Dalam membuat sebuah sablon ada beberapa posisi yang perlu kita pertimbangkan untuk menempatkan posisi sablon. Seperti pada bagian dada, punggung hingaa lengan. Karena semua itu berpengaruh kepada hasil sablon.

Yang paling favorit ialah menggunakan format sablon pada bagian depan ( Dada lurus ) atau sudut-sudut dada. Biasanya desain sablon pada posisi ini untuk desain Typografi ataupun desain Vektor yang lengkap dengan gambar. Mencetak sablon pada bagian dada bisa seperti pada format dibawah ini :

Selain pada bagian dada, bagian punggung juga menjadi spot favorit dalam menentukan lokasi sablon kaos. Untuk bagian punggung biasanya dihiasi typografi. Yang dimaksudkan untuk menonjolkan sesuatu yang kita buat. Entah itu jargon ataupun tagline.

Terutama bila diaplikasikan pada kaos seragam gathering, pada bagian punggung sering dimanfaatkan sebagai moto perusahaan ataupun jargon dan nama kegiatan tersebut.

Yang perlu diingat, pengaplikasian sablon DTG tidak dinajurkan untuk bagian lipatan atau tepat pada jahitan. Dan tidak dianjurkan pada posisi yang sulit dilihat pada bagian leher misalnya. Meski DTG memiliki kemampuan cetakan yang baik, namun untuk menjangkau bagian tersebut tetaplah tidak akan maksimal. Karena sablon akan menyerap dengan baik pada permukaan yang datar.

Demikian beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum membuat sablon DTG. Notabenya sablon DTG menghasilkan warna yang lebih hidup dan juga detail, dengan demikian pertimbangan akan hal-hal tesebut sangatlah penting.

Selain itu dengan memerhatikan faktor-faktor tersebut membuat kita semakin mengerti dalam memamksimalkan sablon DTG. Mempertimbangkan berbagai faktor mencerminkan bahwa kita ingin hasil terbaik dari kaos custom yang ingin kita buat.

 

 

 

 

 

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala