MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Inilah Perbedaan Antara Sablon DTF dan DTG

  • 21 February 2023
  • Windofa Apparel
Inilah Perbedaan Antara Sablon DTF dan DTG

Jasa Cetak DTF - Perkembangan teknik sablon baju memang tengah mengalami perkembangan yang pesat, yakni dari metode manual menjadi metode sablon digital. Terdapat dua metode yang paling populer yakni sablon DTF dan DTG, tahukah Anda apakah perbedaan keduanya?

Pengertian Metode DTF dan DTG

DTF sendiri merupakan singkatan dari Direct Transfer Film yang merupakan metode sablon yang dilakukan dengan menggunakan bantuan kertas serta tepung perekat sablon. Kemudian, kaos atau kain akan melalui proses penekanan dan juga pemberian temperatur tertentu untuk bisa menghasilkan sablon berkualitas.

Sementara itu, DTG merupakan singkatan dari Direct to Garment yang berarti keseluruhan proses sablon telah melalui mesin tanpa tenaga manusia. Yang mana semua proses pengoperasian tergolong lebih mudah dan juga simpel.

Perbedaan Metode DTF dan DTG

Berikut uraian lengkap terkait perbedaan antara metode DTF dengan DTG dalam sablon:

Mesin dan Ukuran Bahan

Perbedaan utama dari DTF dan DTG bisa dilihat dari penggunaan mesin sablonnya. DTF memakai printer riecat alfa basic, sementara DTG menggunakan printer DTG riecat. Bahan untuk DTF sendiri berbentuk lembaran kertas dengan ukuran A3 atau juga dalam bentuk roll yang tergolong lebih hemat. Sablon DTG membutuhkan bahan khusus dengan ukuran yang spesifik misalnya A3, A4, sampai dengan A5 yang lebih fleksibel sesuai dengan ukuran sablon.

Metode Cetak Sablon

Perbedaan berikutnya ada pada metode cetak sablon, yang mana DTF mencetak desain pada paper terlebih dahulu. Kemudian, metode DTF akan melelehkan tinta menggunakan suhu tertentu sembari menempelkan dan juga menekannya pada media kaos. Berbeda dengan hal tersebut, bahan untuk cetak sablon DTG terlebih dahulu perlu melalui treatment agar print dapat menempel pada kaos. Proses printing desain berikutnya bisa secara langsung pada kain tanpa perlu melewati pencetakan di kertas terlebih dulu.

Jenis Tinta

Perbedaan berikutnya ada pada jenis tinta, metode DTF memakai tinta Vator Ink DTF yang sifatnya water-based. Tinta tersebut dapat memberikan hasil sablon DTF yang kenyal, tidak mudah retak, dan juga menghasilkan warna yang solid.

Sementara itu, tinta untuk metode DTG memakai tinta Textile Germany Basic Water Based yang mempunyai keistimewaan mudah kering. Ketika sablon selesai, tinta bisa langsung terserap pada pori kaos serta mengering. Tinta tersebut juga memberikan hasil sablon yang lebih tajam dan juga halus.

Baca Juga: Ini Kelebihan Sablon Manual yang Perlu Diketahui

Kualitas

Keunggulan dari sablon DTF terletak pada hasil sablonnya yang tidak mudah retak dan juga lebih elastis. Sablon dapat merekat dengan kuat bahkan setelah          Anda menyikatnya sekalipun. Namun, tentu saja hindari menyetrika bagian sablon supaya tidak mudah rusak dan tetap awet.

Sedangkan, sablon DTG mempunyai hasil sablon yang beresolusi tinggi sebab pencetakannya melalui komputer. Tingkat presisi dari gambar juga menjadi keunggulan utama dari sablon DTG dengan hasil cetakan yang halus dan juga lentur.

Menemukan sablon yang berteknologi tinggi dengan hasil yang memuaskan tentu bukan menjadi hal yang mudah. Anda perlu memilih penyedia jasa sablon kaos berkualitas yang menggunakan metode DTF dengan harga yang terjangkau namun dengan hasil yang memuaskan. Anda dan keluarga atau teman-teman kini bisa tampil menarik dengan mengenakan kaos desain Anda sendiri yang eksklusif sera unik.

Windofa Apparel jasa cetak DTF sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala