MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Ini Dia Perbedaan DTF dan DTG yang Perlu Diketahui

  • 17 May 2023
  • Windofa Apparel
Ini Dia Perbedaan DTF dan DTG yang Perlu Diketahui

Jasa Cetak DTF - Seiring perkembangan teknologi dalam dunia sablon, kini teknik sablon sudah semakin canggih dengan kehadiran sablon digital. Dan jika membahas terkait sablon digital, kini kehadiran dari sablon DTG dan DTF memang banyak diminati. Lantas apa sebenarnya perbedaan dari sablon DTG serta DTF?

Mengenal Sablon DTF (Direct to Film)

Sablon DTF dilakukan dengan memakai kertas transfer khusus yang sebelumnya telah diberi bubuk berwarna putih dan hitam. Setelah itu, desain yang akan disablon di kaos ditempelkan ke lembaran kertas transfer. Lalu, kertas transfer yang sudah ditambah desain diaplikasikan di kaos.

Yang menjadi perbedaan paling utama antara DTG dan DTF ada pada metode dan proses penyablonan. Selain itu, jika dibandingkan dengan sablon DTG, sablon yang menggunakan metode DTF juga terbilang baru.

Saat Anda ingin membuat/memproduksi sablon kaos yang full print, jenis sablon DTF sangat cocok untuk dijadikan pilihan, walaupun Anda hanya memesan kaos sablon satuan sekalipun. Selain itu, sablon jenis DTF juga dapat di aplikasikan di berbagai macam jenis kain mulai dari katun, polyester, nilon, wol, kulit, sampai dengan sutra sekalipun.

Itulah salah satu alasan utama mengapa sablon DTF menarik perhatian banyak orang. Namun, perlu diperhatikan jika berbeda jenis kainnya, maka akan berbeda pula perlakuan/treatment sebelum serta setelah dilakukan proses sablon, yang tentu saja perlu mengikuti karakteristik dari masing-masing kain yang digunakan

Mengenal Sablon DTG (Direct to Garment)

Pada proses pembuatan sablon DTG dibutuhkan bantuan dari mesin inkjet printer yang telah dimodifikasi. Tujuan dilakukannya hal tersebut ialah supaya bisa dengan mudah menyablon serta mentransfer desain atau gambar secara langsung ke atas permukaan kain.

Jika dilihat dari sisi proses produksinya, sablon DTG memang menjadi salah satu pilihan tepat untuk digunakan dalam proses produksi sablon custom. Bukan hanya itu, lama waktu yang diperlukan untuk melakukan proses sablon juga terbilang cepat.

Kelebihan Sablon DTF Dan DTG

Setelah Anda mengenal sablon DTG dan juga DTF, Anda perlu mengetahui kelebihan dari sablon DTG dan juga sablon DTF sebagai berikut:

Kelebihan Sablon DTF

Berikut ulasan yang perlu Anda ketahui terkait dengan kelebihan serta kekurangan sablon menggunakan metode  DTF, seperti:

  • Jika dibandingkan dengan sablon DTG, Sablon DTF menggunakan tinta atau pewarna yang lebih hemat. Sehingga hal tersebut bisa meminimalisir pengeluaran biaya untuk tinta sebagai proses produksi.
  • Bisa digunakan untuk menyablon bagian-bagian kaos yang sulit untuk disablon sekalipun.
  • Ada beragam jenis kain yang dapat disablon menggunakan teknik ini
  • Karena ketika dilakukan penyablonan dilakukan dengan menggunakan kertas transfer, artinya sebelumnya tidak harus dilakukan pre-treatment. Yang mana hal tersebut tentu berbeda dari sablon DTG, yang harus dilakukan proses pre-treatment supaya bisa menghasilkan sablon yang benar-benar berkualitas.

Baca Juga: Kenali Kualitas Sablon Manual yang Awet dan Tahan Lama

Kelebihan Sablon DTG

Berikut beberapa kelebihan dari sablon DTG:

  • Teknik sablonnya sangat fleksibel dan lebih simpel dan ringkas.
  • Sablon DTG bisa memberikan hasil sablon yang berkualitas.
  • sablon DTG mampu memberikan hasil sablon yang halus saat Anda sentuh, jika diaplikasikan dengan menggunakan cara yang tepat.
  • Hemat waktu dan juga biaya, sama seperti sablon DTF yang bisa digunakan untuk pesanan satuan sekalipun.

Windofa Apparel jasa cetak DTF sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala