MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Jenis - Jenis Sablon Untuk Hoodie

  • 03 July 2024
  • toko kaos polos
Jenis - Jenis Sablon Untuk Hoodie

Kita mengenal berbagai macam jenis jacket. Ya, pakaian yang berfungsi sebagai penghangat tubuh tambahan ini sering dimanfaatkan pula sebagai media OOTD. Salah satu jacket yang terkenal serta terfavorit ialah jacket yang berbentuk kaos tanpa adanya kancing, penggunaanya pun sangat mirip seperti kaos, atau yang sering kita sebut dengan hoodie.

Selain sebagai media OOTD hoodie juga sering dimanfaatkan sebagai media seragam ataupun promosi. Sebut saja seragam kelas, seragam komunitas hingga seragam kepanitiaan yang menggunakan hoodie sebagai media penyeragaman.

Untuk menjadikan hoodie keren dan juga unik tentu dibutuhkan cetak sablon pada hoodie. Cetak sablon berfungsi sebagai cara untuk menyampaikan ekpresi diri atau identitas sebuah produk yang di rangkum melalui sebuah desain.

Desain yang dibuat bisa sebuah gambar, tulisan, grafity, logo yang nantinya bisa di realisasikan melalui sebuah cetak sablon. Agar tidak terjadi salah pilih dalam pemilihan sebuah metode sablon windofa apparel berniat memberikan sedikit gambaran.

Gambaran mengenai sablon apa saja yang cocok diaplikasikan pada sebuah hoodie. Guna mendukung terbuatnya hoodie yang keren dan juga memukau.

Sablon Yang Cocok Untuk Hoodie

Yang perlu kita pahami tidak semua sablon yang kita temukan pada kaos cocok untuk dipalikasikan pada hoodie. Mengapa demikian, dikarenakan bahan baku dari hoodie cukup beragam, sehingga penentuan sablon harus mengikuti dari pemilihan bahan yang digunakan. Inilah dia jenis sablon yang cocok untuk hoodie

Sablon Rubber

Banyak dari kita yang sangat familiar dengan jenis sablon yang satu ini. Menggunakan tinta berbasis air ditambah campuran sedikit rubber ( Karet ). Disebut demikian karena sablon ini memiliki hasil yang bagus, halus dan nampak seperti karet saat dipegang.

Dengan menggunakan tinta berbasis air, dan bila dipadukan dengan bahan kain berbahan dasar kapas atau cotton, kain cotton akan menyerap tinta sablon secara sempurna. Yang mejadikan sablon tercetak secara sempurna.

Keuntungan lainya, sablon ini cukuplash fleksibel, jadi pelanggan tidak perlu bingung dalam pemilihan hasil tekstur yang diinginkan. Yang lebih utama, sablon ini memiliki waktu pengerjaan yang cepat namun dibanderol dengan tarif yang cukup nyaman di kantong.

Sablon Foam

Ingin membuat sebuah hoodie dengan cetakan sablon yang timbul? Menggunakan sablon foam adalah solusinya. Sablon foam memiliki hasil timbul bagai sebuah busa berongga yang mengembang di atas kain.

Menggunakan tinta khusus yang nantinya dipanaskan hingga tingkat panas tertentu lalu diproses melalui mesin hotpress. Proses pemanasan inilah yang membuat tinta dapat mengembang atau timbul bak sebuah busa.

Perlu diingat untuk mendapatkan sablon foam dengan tingkatan yang pas harus pintar-pintar dalam hal menakar campuran tinta beserta rubber netral secara pas. Seperti perbandingan 2:8 atau 3:7 anatara tinta dan juga rubber.

Sablon Plastisol

Sablon satu ini dapat dibilang merupakan sablon yang digemari oleh berbagai kalangan. Dan menjadi pilihan dalam membuat pakaian custom terutama pakaian dengan bahan dasar kaos. Tentu karena hasil sablon yang dihasilkan sangatlah bagus.

sablon plastisol

Sablon plastisol merupakan sablon yang memanfaatkan tinta berbasis mnyak. Tinta tersebut memiliki bahan baku berupa pvc dan berbasis minyak, maka hasil dari sablon ini memiliki tekstur yang keras, rapat namun halus dan rapi, sangat enak dipandang mata.

Untuk hasil warna? Tidak perlu diragukan lagi. Plastisol bisa menghasilkan sablon dengan ketajaman warna yang baik namun tidak mencolok. Dan tingkat presisi kemiripan hingga 97%. Tak hanya itu, plastisol juga memiliki fleksibilitas yang tinggi, bisa dibuat kasar ataupun halus pada area sablon yang diinginkan.

Baca Juga : Mau Sablon Plastisol Satuan? Di Windofa Apparel Aja

Lalu apa perbedaan dengan sablon lainya? Terletak pada tinta penggunaa, plastisol menggunakan bahan tinta dengan basis minyak, yang tidak bisa kering secara cepat, namun memiliki hasil yang sangat baik nan kuat saat sudah kering.

Dengan begitu, maka dibutuhkan alat khusus untuk mengeringkan tinta sablon plastisol. Karena tinta plastisol hanya dapat dikeringkan pada suhu 160 derajat celcius.

Itulah yang membuat sablon plastisol memiliki waktu pengerjaan yang lebih lama serta harga lebih mahal dibandingkan dengan sablon lainya. Namu semua itu terbayar, oleh kualitas sablon plastisol yang rapat, berwarna tajam, detail serta tahan lama.

Sablon Pigmen

Mungkin kini sudah jarang di industri konveksi yang masih menggunakan sablon pigmen. Namun kita bisa menjadikanya salah satu referensi. Sablon ini menggunakan tinta pigmen maka disebut sebagai demikian.

Sifat asli dari sablon ini ialah menyerap secara sempurna pada kain. Warna yang dihasilkan tidak mencolok sehingga membutuhkan kain berwarna cerah agar terbentuk hasil yang bagus. Ituah yang merupakan kleebihan sekaligus kekurangan dari sablon pigmen.

Cetak DTF

cetak dtf

Selanjutnya ada Cetak DTF. Cetak DTF ( Direct To Film ) ialah prose pencetakan sablon digital yang memanfaatkan mesin high pressure DTF. Bisa dibilang metode ini merupakan inovasi dari dunia sablon, karena proses penyablonan dengan metode ini hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja.

Diawali dari mencetak desain yang akan dibuat kepada lembaran film. Setelah itu posisikan film seusai keinginan pada media cetak, lalu mesin dtf akan mengepress dengan tingkat panas yang cukup tinggi, lalu selang beberap menit saja desain berhasil dicetak pada kaos ataupun hoodie.

Bukan hanya pada dua media tersebut saja, namun metode DTF dapat digunakan pada berbagai media lainya seperti topi, goodiebag, tote bag dan lain sebagainya.

Direct To Film atau Cetak DTF menghasilkan cetakan sablon yang bagus, rapat, serta sangat presisi dengan desain yang dibuat. Secaramudahnya, cetak DTF ibarat mem-print sebuah file pada media kain. Yang paling sering digunakan pada media kaos ataupun hoodie.

Perlu diingat dalam mebuat sebuah hoodie custom membutuhkan pemilihan bahan kain beserta metode sablon yang harus dipertimbangkan. Karena ketidakpaduan 2 hal tersebut akan membuat hasil dari hoodie custom dibawah ekspektasi.

Untuk mendapatkan informasi lainya seputar sablon bisa mengakses social media kami di @windofaapparel. Dan dapatkan penawaran menarik untuk jasa sablon.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala