MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Kenali Jenis-Jenis Sablon Kaos Digital

  • 26 October 2023
  • Windofa Apparel
Kenali Jenis-Jenis Sablon Kaos Digital

Jasa Sablon Digital - Seiring kemajuan teknologi, jika ingin mencetak desain di permukaan kaos/kain, seseorang tidak tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat layar (screen) serta membuat pola desain ke layar. Kini terdapat teknologi berupa mesin khusus yang dapat digunakan untuk mencetak desain di atas kain atau kaos, baik itu secara langsung atau dengan menggunakan media transfer perantara. Teknik sablon kaos semacam ini disebut dengan sablon digital.

Sebenarnya sablon kaos ini tidak dapat disebut 100 % digital, karena memang masih membutuhkan banyak campur tangan manusia untuk menjalankan mesinnya. Namun, karena menggunakan mesin maka prosesnya bisa menjadi lebih cepat dan sederhana.

Terdapat berbagai jenis sablon digital yang sering dipakai untuk mencetak desain di atas kaos, diantaranya ialah sebagai berikut:

Direct to Garment (DTG)

Dalam proses print DTG, desain sablon akan dicetak secara langsung ke kaos. Sablon DTG membutuhkan mesin printer khusus untuk garment dan juga menggunakan tinta khusus yang dapat meresap ke dalam kain serta tidak luntur.

Kelebihan dari sablon printing DTG diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Proses cepat serta mudah, tidak memakai kertas transfer.
  • Bisa digunakan untuk mencetak berbagai desain bahakan yang rumit serta full color.
  • Sablon akan meresap ke serat kain, dengan tekstur yang lembut seperti bahan katun yang digunakan itu sendiri.

Sablon jenis ini akan memiliki hasil yang lebih optimal apabila sablon dilakukan untuk kaos yang berwarna terang.

Sablon Polyflex

Untuk sablon digital jenis polyflex, artwork atau desainnya akan di-setting di komputer yang sudah terhubung ke mesin khusus. Kemudian, ada 2 jenis proses yang dapat dipilih yaitu cutting dan juga printing.

Sablon polyflex dengan proses cutting akan dikerjakan dengan menggunakan mesin cutting falam membentuk desain, baik yang berupa tulisan maupun gambar menggunakan warna tertentu. Kelemahan dari proses cutting ialah tidak dapat mengerjakan gambar full color atau gradasi warna.

Sedangkan untuk sablon polyflex yang menggunakan proses printing, maka gambar berwarna bisa dibuat. Hal ini disebabkan dalam proses printing desainnya akan dicetak dengan menggunakan tinta.

Transfer Paper

Sablon digital transfer paper dilakukan dengan menggunakan kertas khusus yang dijadikan sebagai media untuk mentransfer artwork atau desain ke permukaan kaos. Desainnya akan dicetak dengan menggunakan printer ke transfer paper untuk kemudian dipindahkan ke permukaan kaos atau kain melalui proses pengepresan menggunakan suhu 100 -150oC.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Sablon DTF

Sublimasi (Sublimation)

Sablon sublimasi mencetak desain di kertas sublimation dengan memakai printer inkjet rumahan yang umum digunakan (dengan modifikasi khusus untuk merek tertentu), setelah itu dipress dengan menggunakan hotpress pada suhu 200 hingga 250oC.

Sablon ini menggunakan tinta khusus sublime, atau jika ingin menghasilkan kualitas yang lebih baik maka dapat menggunakan kertas khusus sublimation. Kelebihan dari sablon digital sublimation diantaranya ialah prosesnya yang cepat dan bisa menghasilkan warna sablon yang lebih cerah pada kaos berbahan polyester.

Rubber Transmax

Sablon jenis ini merupakan upgrade dari sablon sublimasi, yang mana sablon rubber transmax bisa digunakan untuk mencetak desain di jenis bahan katun combed. Proses produksi yang dilakukan bisa lebih cepat dari DTG yang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit .

Windofa Apparel Jasa Sablon Digital sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala