MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Langkah Mudah Mengaplikasikan Sablon Manual

  • 14 November 2023
  • Windofa Apparel
Langkah Mudah Mengaplikasikan Sablon Manual

Jasa Sablon Manual - Sablon memang menjadi salah satu teknik yang paling banyak dipakai untuk menambahkan gambar atau tulisan pada kaos ataupun pada media lainnya. Di era yang sudah serba modern ini, sekarang teknik sablon dapat dilakukan dengan lebih praktis dengan menggunakan mesin-mesin berteknologi khusus. Walaupun demikian, masih banyak yang memilih cara sablon manual.

Peralatan dan juga bahan-bahan yang diperlukan dalam melakukan sablon manual tentu saja berbeda dari sablon modern yang menggunakan mesin. Sablon manual juga dikenal dengan sebutan screen printing. Mengapa demikian? Sebab di dalam prosesnya dilakukan dengan menggunakan screen dan juga tinta sablon yang diaplikasikan pada media sablo secara langsung secara langsung. Lantas bagaimana sebenarnya langkah-langkah melakukan sablon manual?

Siapkan Alat, Bahan, dan Lokasi Sablon

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah menyiapkan alat dan bahan serta menentukan lokasi sablon agar proses sablon manual dapat berjalan dengan lebih lancar dan juga optimal. Sedangkan untuk ruangannya, akan lebih baik apabila Anda memilih ruangan yang gelap agar hasil sablonannya lebih berkualitas. Untu kedia yang dipakai bisa berupa kaos, jenis pakaian lain, ataupun media lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk alat-alat yang perlu dipersiapkan diantaranya ialah screen & frame sablon, rakel, busa sebagai tatakan screen, foto emulsi, lampu 250 watt,  kaca bening,  emulsi, tinta sablon dan juga persiapkan sarung tangan latex.

Persiapkan Desain Sablon

Cara sablon manual kedua ialah dengan mempersiapkan desain gambar ataupun tulisan yang akan dijadikan sebagai desain sablon. Anda bisa menggambarnya sendiri, atau Anda juga bisa mencetak desain gambar/tulisan yang diinginkan dengan memakai printer inkjet atau printer laser. Pastikan desain tersebut memakai warna hitam pekat.

Lapisi Bagian Screen dengan Emulsi

Kemudian campur emulsi dengan sensitizer (pada umumnya sudah sepaket), aduk hingga merata, perhatikan pula petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan. Kemudian, lapisi screen sablon menggunakan emulsi tadi, ratakan menggunakan rakel dan pastikan semuanya rata dan juga tidak terdapat bagian yang menggumpal.

Panaskan dengan Lampu

Setelah itu, letakkan screen tersebut dan juga letakkan kertas desain gambar/tulisan yang telah dibuat di bagian screen yang sebelumnya telah dilapisi menggunakan emulsi foto. Kemudian, tempelkan kertas tersebut dengan menggunakan selotip. Lalu arahkan lampu ke arah gambar, matikan sumber pencahayaan lainnya, setalah itu diamkan 10 hingga 15 menit. Setelah itu, lepaskan kertas tersebut secara perlahan.

Baca Juga: Pahami tentang Metode Printing DTF dan Kelebihannya

Siramlah Screen dengan Air Dingin

Langkah selanjutnya semprotkan air dingin ke atas permukaan screen dengan menggunakan selang atau shower khusus hingga emulsi foto terkelupas serta desain mulai telihat jelas. Kemudian, keringkan screen, setelah itu lapisi bagian screen yang kosong (yang tidak ada desainnya) dengan menggunakan selotip.

Proses Sablon Dimulai

Screen telah siap digunakan, kemudian masuk ke proses sablonnya. Letakkan kaos yang akan disablon di area datar, lalu letakkan screen diatas bagian kaos tersebut. Kemudian tuangkan tinta sablon secara perlahan ke atas permukaan screen secara horizontal, kemudian ratakan menggunakan rakel ke bawah satu arah sampai screen terlapisi tinta dengan sempurna.

Itulah beberapa cara sablon manual yang perlu diperhatikan. Namun, jika Anda ingin hasil terbaik tanpa perlu repot mengerjakannya sendiri maka Anda bisa memanfaatkan jasa sablon manual. Windofa Apparel jasa sablon manual sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala