MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Memahami sablon plastisol beserta berbagai kelebihanya

  • 30 May 2024
  • toko kaos polos
Memahami sablon plastisol beserta berbagai kelebihanya

Sablon Plastisol - Metode sablon telah kita kenal sejak waktu yang lama, yaitu metode yang menggunakan screen sebagai alat pencetak desain atau gambar pada berbagai media. Salah satunya media kaos polos.

Sablon dapat mempercantik kaos menjadi lebih trendy dengan berbagai desain yang dicetak melalui screen. Selain itu sablon dapat menegaskan pesan, identitas hingga ekpresi melalui gambar yang dicetak.

Dengan demikian, metode sablon yang digunakan harus sesuai guna mendapat hasil baik untuk kaos custom yang keren. Salah satu metode yang sering kita dengar adalah sablon plastisol. Apa itu sablon plastisol? Serta apa kelebihanya?

Apa Itu Sablon Plastisol ?

Secara umum sablon plastisol merupakan sablon manual ( menggunakan screen ) dan memanfaatkan cat minyak yang bersifat plastis sehinga mudah untuk dibentuk dalam berbagai bentuk serta dalam berbagai ukuran.

Tinta sablon plastisol terbuat dari campuran PVC, plasticizer dan pigmen warna. PVC adalah bahan plastik yang memberikan daya tahan serta ketebalan sablon, plasticizer ialah bahan yang memberikan kelembutan dan elastisitas pada sablon.

Dengan demikian sablon plastisol dapat menghasilkan sebuah sablon dengan tekstur yang halus, lembut dan tidak mencolok. Namun tampilan warna nya pun tetap terlihat cerah dan tidak kusam. Dan ketahanan warna yang tidak perlu diragukan.

Agar lebih yakin dalam menggunakan sablon plastisol pada kaos, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan yang ada pada sablon plastisol. Namun bila Anda mencari jasa sablon plastisol, Anda bisa menghubungi Windofa Apparel.

Kelebihan Sablon Plastisol

Warna Lebih Solid

Hasil dari sablon plastisol memilki warna yang lebih solid, tidak renggang ataupun retak-retak. Gambar atau desain yang dihasilkan pada kaos akan lebih solid serta kuat dan tidak mudah mengelupas.

Untuk kualitas warna, tentu menghasilkan warna yang cerah namun tidak mencolok ataupun kusam. Sangat nyaman untuk dipadukan dengan berbagai warna kaos. Baik warna cerah ataupun gelap.

Hasil Sablon Tahan Lama

Sablon plastisol menggunakan tinta dengan basis minyak ( Oil Based ) serta terdapat bahan PVC sebagai pendukung utamanya. Dimana PVC bertugas untuk menjaga serta mempertahankan hasil sablon yang lebih lama.

Dengan kata lain hasil dari sablon ini menjadi lebih kuat serta tahan lama. Hal ini juga berlaku untuk setelah pencucian. Sablon akan tetap dalam keadaan baik setelah melalui proses pencucian menggunakan mesin cuci sekalipun.

Hal tersebut disebabkan tinta plastisol yang dapat meresap sempurna pada kain dengan rentang waktu tertentu, sehingga tinta menempel dengan erat pada kain. Walaupun pada dasarnya tidak semua kain cocok untuk disablon plastisol.

Memiliki Varian Warna Yang Banyak

Selain tahan lama, sablon plastisol juga sangat berperan untuk Anda yang gemar menggunakan banyak warna dalam sablon. Terdapat berbagai pilihan warna untuk mempercantik kaos dengan sablon plastisol.

Karakteristiknya pun agak sedikit berbeda dengan tinta sablon lainya. Seperti memilki sifat yang sangat jernih hingga menghasilkan warna yang terang namun tidak mencolok. Ataupun memiliki varian warna yang banyak sehingga memudahkan kita untuk memvisualisasikan berbagai desain dengan sablon plastisol.

Penyesuaian Tekstur

Pada penggunaan sablon plastisol, kita dapat mengatur tekstur yang ingin dihasilkan. Ingin halus ataupun kasar. Tenang walau dibuat tekstur kasar, hasil dari sablon ini tetap rapat dan juga solid, tidak mudah luntur apalagi mengelupas.

Penyesuaian ini dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kaos berdasarkan kebutuhan, misalnya kaos yang digunakan family gathering dibuat dengan tekstur halus, guna dapat menegaskan identitas kegiatan serta bagus saat di foto.

Dari sekian banyak kelebihan sablon plastisol, tentu sablon ini juga memilki kekurangan. Apa saja kekurangan dari sablon plastisol?

Kekurangan Sablon Plastisol

Pengerjaan Yang Lama

Pada dasarnya tinta plastisol memilki sifat yang tidak mudah kering. Dengan kata lain akan sedikit memakan waktu untuk mengeringkan tinta plastisol meskipun tinta tersebut terdapat pada screen.

Dengan begitu, proses membuat kaos dengan sablon plastisol akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan jenis sablon yang lain.

Terbatas pada bahan tertentu

Selanjutnya kekurangan pada sablon plastisol ialah keterbatasan bahan. Yaitu tidak semua bahan cocok untuk di sablon plastisol. Salah satu bahan yang cocok untuk di sablon plastisol adalah Cotton Combed 30s.

Kain yang berasal dari pemintalan kapas ini dapat menyerap tinta plastisol dengan sangat sempurna. Sehingga menjadikan desain lebih tervisualisai, tajam dan juga tahan lama.

Tidak Bisa Di Setrika

Kekurangan lainya adalah hasil cetal dari sablon plastisol pada kaos, tidak boleh di setrika. Karena dapat merusak hasl dari sablon.

Untuk mengatasinya kita dapat menyetrika dengan cara membalik kaos atau menyetrikanya melalui bagian dalam kaos. Atau menggunakan alas seperti koran untuk menutup hasil dari sablon.

Bagaimana? Apakah Anda berminat menggunakan jasa sablon plastisol? Bila berminat menggunakan sablon plastisol, nyablon aja di Windofa Apparel. Jangan lupa untuk mengikuti social media kami @windofaapparel dan dapatkan penawaran menarik seputar sablon dan juga kaos polos.

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala