MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Mengapa Sablon Plastisol Sangat Diminati Berbagai Kalangan

  • 04 July 2024
  • toko kaos polos
Mengapa Sablon Plastisol Sangat Diminati Berbagai Kalangan

Metode cetak sablon ialah mencetak sebuah gambar ataupun desain kedalam sebuah media, seperti tas, topi ataupun kaos. Salah satu sablon yang sangat digemari ialah sablon plastisol. Yang masuk dalam kategori sablon manual.

Meski terkesan manual ( Tidak Canggih ) namun untuk hasilnya sangat bagus dan diminati oleh berbagai kalangan, terutama pecinta kaos. Sablon jenis ini dirasa memiliki kelebihan seperti kekuatan rekat yang bagus dan awet, hasil warna yang tajam, walau memiliki tarif yang sedikit mahal.

Agar tidak penasaran, ada baiknya untuk kita berkenalan dahulu kepada sablon plastisol. Dan mengapa metode ini sangat digemari terutama pada media kaos?

Sekilas Tentang Sablon Plastisol

Sablon plastisol, merupakan sablon manual yang memanfaatkan tinta berbasis minyak. Secara umum tinta tersebut berbahan dasar pvc yang dapat mengeras atau merapat ketika kering. Dan menggunakan basis minyak.

Dalam prosesnya sablon plastisol menggunakan sebuah screen sebagai media pencetak desain agar tercetak dengan baik pada kaos. Screen tersebut berisi film, atau cetakan desain yang akan kita cetak nantinya.

Setelah melakukan proses cetak menggunakan screen, ada sedikit proses pengeringan yang perlu dilakukan. Menggunakan alat khusus yang dapat mengeringkan sablon pada suhu 160 derajat celcius. Hal tersebut dilakukan karena plastisol menggunakan tinta berbasis minyak yang pengeringanya agak sedikit memakan waktu.

Lantas apa yang membuat sablon plastisol begitu diminati?

Ada beberapa hal yang sangat menjadi perhatian pada sablon plastisol. Dan hal-hal tersebut menjadikan sablon ini istimewa serta digemari oleh banyak kalangan. Pada kesempatan kali ini windofa apparel akan mencoba menggambarkan melalui sisi keuntungan, hasil sablon, harga dan proses, perawatan serta penyimpanan.

Keuntungan Sablon Plastisol

Ada banyak keuntungan bila kita menggunakan sablon plastisol. Diantaranya sablon sangat bagus, rapat, padat, detail namun tetap nyaman dilihat. Selain itu keawetan sangat baik alias tahan lama. Hal ini terbukti dari semakin tingginya permintaan customer dalam pengaplikasian sablon tersebut.

Keuntungan selanjutnya walau agak memakan waktu untuk kering, tinta sablon plastisol dapat menyerap denan baik. Termasuk kedalam celah-celah kecil, sehingga dapat menghasilkan desain menjadi lebih detail.

Untuk varian warna, tersedia dalam berbagai warna, sangat lengkap dan juga beragam. Baik warna primer, warna netral dan warna lainya.

Hasil Sablon

sablon plastisol

Ulasan diatas telah membahas sedikit akan hasil dari sablon plastisol. Secara garis besar hasil dari sablon ini memilki tekstur yang kuat, padat, warna yang tajam, rapih dan sangat nyaman untuk dilihat mata.

Baca Juga : Mau Sablon Plastisol Satuan Windofa Apparel Aja

Selain itu plastisol memiliki fleksibilitas tekstur. Yang berarti dapat dibuat halus ataupun kasar sesuai keinginan kita. Karena menggunakan tinta berbahan dasar pvc tentu memiliki kerapatan yang baik meski dibuat pada tekstur halus.

Pada beberapa kasus hasil dari plastisol juga ada yang timbul. Atau bisa dibilang 3D. itulah beberapa pertimbangan dari hasil sablon tersebut yang menjadikan sablon ini sangat begitu digemari oelh khalayak ramai.

Harga dan Proses

Pada dasarnya sablon plastisol masuk dalam kategori sablon manual yang dimana masih menggunakan keterampilan manusia dalam proses pengerjaanya. Akan tetapi hal tersebut terbayar akan hasil dari sablon tersebut.

Memang proses sablon ini lebih memakan waktu dibandingkan dengan jenis sablon manual lainya, dan harga yang dipatok juga dapat dibilang lebih tinggi dibandingkan sablon manual lainya. Hal tersebut di dasarkan pada penggunaan bahan beserta alat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sablon lainya.

Sebagai contoh tinta berbasis minyak yang memiliki kualitas serap lebih baik dan mudah penggunaanya, tentu dibanderol dengan harga lebih tinggi. Contoh selanjutnya penggunaan alat pengering dikarenakan plastisol melalui proses pengeringan dikarenakan hanya dapat kering di suhu 160 derajat celcius.

Tapi, semua hal itu terbayar setelah sablon tercetak pada kaos. Atau kalau ala bahasa anak sekarang dapat di istilahkan worth it antara harga dan juga hasil dari sablon tersebut.

Sisi Perawatan dan Penyimpanan

penyimpanan kaos

Yang terakhir, pertimbangan yang menjadikan sablon plastisol digemari oleh berbagai kalangan ialah kemudahan akan perawatan dan penyimpanan. Tentu hal ini sangat krusial, mengingat sebagus apapun produk akan mudah rusak bila salah dalam perawatan dan penyimpanan.

Sebagai gambaran, kaos sablon plastisol memiliki alur perawatan yang mudah, seperti cukup di cuci menggunakan detergent yang minim konsentrat dan juga tidak perlu menggunakan mesin cuci ( mengucek juga bisa ). Untuk pengeringan pun cukup dengan di angin-angin tanpa harus terkena sinar matahari langsung.

Bukan hanya di situ, kaos sablon plastisol akan tetap aman walau dicuci menggunakan mesin cuci ataupun dikeringkan menggunakan mesin. Sangat mudah dan fleksibel bukan?

Untuk penyimpanan, cukup menyimpan pada lemari atau rak pakaian. Bisa dilipat ataupun di gantung pada kastok. Yang penting terdapat ventilasi atau lubang angin pada tempat penyimpanan, yang dimaksudkan untu megurangi kelembapan dan mengurangi penyebaran jamur pada kaos.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan mengapa sablon plastisol begtu digemari. Bila Anda berminat menggunakan jasa sablon kaos, tidak ada salahnya untuk mempercayakan pada Windofa Apparel.

Kami telah berkecimpung kurang lebih 8 tahun di dunia kaos polos dan juga jasa sablon. Dapatkan informasi menarik lainya seputar kaos dan juga sablon melalui social media kami @windofaapparel. Atau jagan ragu untuk menghbungi kami melalui whatsapp.

Ingat sablon, Ingat Windofa Apparel.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala