MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Mengenal Teknik Sablon Yang Umum Digunakan

  • 19 May 2024
  • toko kaos polos
Mengenal Teknik Sablon Yang Umum Digunakan

Jasa Cetak DTF - Kaos sablon sendiri merupakan jenis pakaian yang populer sekaligus digemari masyarakat. Hal tersebut karena kaos sablon ini merupakan pakaian yang nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Desain kaos sablon juga beragam, bahkan kita bisa mendesainnya sesuai keinginan kita sendiri. Oleh karena itu, kaos sablon seringkali digunakan sebagai ajang kreatifitas sekaligus ajang untuk menampilkan ciri khas dan jati diri seseorang.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sablon. Salah satunya yaitu jenis kaos dengan teknik sablon yang digunakan. Teknik sablon kaos sendiri merupakan teknik yang digunakan untuk memindahkan desain menggunakan bahan atau tinta khusus.

Teknik Sablon Kaos Satuan

Ada berbagai teknik yang dapat digunakan untuk menyablon kaos. Teknik sablon ini bisa disesuaikan dengan jenis kaos yang akan disablon sesuai kebutuhan. Berikut beberapa teknik sablon kaos yang dapat digunakan:

Teknik Direct to Garment (DTG)

Teknik sablon Direct to Garment (DTG) merupakan salah satu teknik menyablon menggunakan mesin DTG. Teknik sablon inu semakin hari semakin populer karena semakin banyak mesin DTG yang beredar di pasaran. Proses penyablonan dengan teknik DTG ini mirip dengan teknik printing dengan kertas. Proses penyablonan ini menggunakan mesin printer dan kaos yang polos akan dimasukkan ke dalam mesin DTG kemudian desain disetel melalui program komputer. Setelah itu, tinggal memasukkan perintah untuk mencetak pada program.

Teknik Sublimation

sablon sublimasi

Teknik sablon kaos satuan ini merupakan teknik sablon dengan sublimasi. Proses sablon ini melalui transfer paper yang sebelumnya sudah dicetak pada printer dengan menggunakan tinta sublim. Pemindahan dari transfer paper ke kaos menggunakan mesin press khusus yang ditekan pada kaos, sehingga tinta menempel dengan sempurna pada kaos. Teknik ini cocok digunakan untuk kaos berwarna putih dan cerah dan kurang cocok untuk kaos berwarna gelap.

Teknik Heat Press Printing

Teknik sablon kaos satuan Heat press printing mirip dengan teknik sublimasi apabila dilihat dari prosesnya, tetapi sebenarnya berbeda. Heat press printing bisa menggunakan kaos cerah maupun kaos gelap. Proses penyablonan dalam teknik ini menggunakan tinta sablon yang akan dicetak pada transfer paper yang khusus heat press. Kertas khusus heat press ini ditempelkan pada kaos yang disablon menggunakan mesin heat press seperti yang dilakukan pada teknik sublimasi.

Baca Juga: Jenis Sablon Baju Terbaru Agar Terlihat Lebih Menarik

Teknik Screen Printing (Teknik Sablon Manual)

Teknik sablon manual merupakan teknik sablon yang paling lama namun masih populer digunakan hingga saat ini. Kualitas warna yang dihasilkan cukup bagus, oleh karena itu teknik ini tetap populer hingga saat ini. Alat yang dibutuhkan untuk teknik ini cukup banyak, selain itu prosesnya juga lebih lama dibanding teknik lain. Teknik sablon ini lebih rumit dibandingkan dengan teknik lain, tetapi biaya produksinya lebih murah. Selain itu, variasi desain yang dapat dicetak juga lebih beragam.

sablon kaos jakarta

Beberapa tekhnik andalan sablon manual diantaranya sablon rubber, sablon plastisol, sablon discharge, sablon high density dan lain sebagainya. Untuk memberikan hasil yang maksimal dianjurkan untuk menggunakan bahan kaos seperti katun combed ataupun cotton karded.

Penggunaan katun akan mempermudah penempelan tinta kepada kaos, sehingga akan menghasilkan produk sablon yang terbaik.

Teknik Vinyl Cutting

Teknik vinyl cutting adalah teknik penyablonan dengan cara menempelkan stiker vinyl pada kaos sesuai desain yang diinginkan. Teknik ini tida k perlu menggunakan tinta dan hanya memerlukan stiker yang banyak tersedia di pasaran. Kemudian, dapat mencetaknya dengan menggunakan mesin cutter sesuai desain yang dimasukkan ke dalam komputer. Setelah itu, tempelkan hasil cetakan pada kaos dan tekan dengan mesin press hingga menempel lalu lepas lapisan bening secara perlahan agar desain tak ikut terkelupas.

Untuk menghasilkan kaos sablon yang bagus memerlukan bahan yang terbaik disertai dengan tinta sablon yang asli. Hal tersebut bisa di dapatkan di Windofa Apparel. Cek hasil produk kami di @windofaapparel atau kunjungi toko kami di Jl.Hj.Nawi no.19 Jakarta Selatan.

 

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala