MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Mengenal Teknik-Teknik Sablon Digital dan Perbedaannya dengan Sablon Manual

  • 18 April 2023
  • Windofa Apparel
Mengenal Teknik-Teknik Sablon Digital dan Perbedaannya dengan Sablon Manual

Jasa Sablon Digital - Kaos memang menjadi salah satu pakaian yang banyak diminati sebab sangat nyaman dikenakan dengan desainnya yang simpel. Meningkatnya permintaan dari kaos custom membuat para pelaku bisnis sablon berlomba-lomba dalam meningkatkan bisnis kaos polos yang mereka miliki. Kini sudah ada berbagai macam metode sablon digital yang banyak dimintai.

Lantas apa saja teknik yang digunakan? Berikut beberapa diantaranya:

Teknik Sablon Cutting

Metode sablon cutting menjadi salah satu teknik yang tidak terlalu rumit. Yang mana Anda hanya perlu memotong desain yang Anda inginkan di bahan heat transfer film (polyflex). Terdapat beberapa alat yang perlu dipersiapkan misalnya mesin cutting, mesin press, bahan polyflex,  kaos dan juga weeding tool yang akan membuat proses peeling Anda menjadi lebih mudah.

Teknik Sablon DTG

Dengan menggunakan metode atau teknik sablon DTG (Direct To Garment), Anda bisa secara langsung mencetak desain gambar ke bahan kaos yang dilakukan dengan menggunakan mesin print khusus. Pada umumnya metode ini dipakai untuk pesanan sablon dalam jumlah banyak.

Teknik Sablon DTF

Kini metode sablon DTF (Direct Transfer Film) memang sangat populer sebab Anda bisa langsung mencetak desain yang dinginkan diatas kertas film. Dengan begitu, Anda tidak lagi membutuhkan tahapan cutting ataupun weeding. Metode sablon ini bisa menghasilkan warna yang solid sehingga akan sangat cocok untuk cetak desain dengan ukuran besar.

Teknik Sublimasi

Metode yang satu ini sekilas memang hampir sama dengan metode transfer paper. Namun kertas dan tinta yang dipakai untuk mencetak menggunakan tinta dan kertas sublim. Metode yang satu ini terbatas pada median yang berbahan polyester dan juga bahan yang berwarna terang.

Teknik Transfer Paper

Sablon yang memakai metode ini akan dilakukan dengan cara mencetak gambar atau tulisan di kertas khusus (transfer paper, yang dilakukan menggunakan printer khusus bahan garmen, untuk kemudian dipindahkan dengan cara di press pada kaos). Ada dua  jenis transfer paper yakni, transfer paper yang digunakan untuk kaos berwarna putih atau terang, dan juga transfer paper untuk kaos yang berwarna gelap.

Baca Juga: Sablon Kaos Murah Berkualitas yang Bisa Anda Pilih

Itulah beberapa metode sablon digital yang kini sangat populer dipakai oleh para pelaku bisnis sablon.  Dengan kehadiran sablon digital, maka menyablon kaos bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Lantas apa sebenarnya perbedaan antara sablon digital DTF, sublimasi ataupun polyflex dengan sablon manual?

Jika dilihat dari segi kualitas, sebenarnya tidak ada jaminan apakah kualitas atau hasil sablonnya lebih bagus digital ataupun sablon manual. Hal tersebut tergantung dari perawatan hasil sablon kaos. Apabila tinta yang digunakan  kurang berkualitas tentu akan menghasilkan gambar yang mudah pudar atau mudah retak untuk sablon manual, sementara itu untuk sablon digital mempunyai jenis sablon yang cukup kuat sebab tergolong elastis.

Sementara itu, jika menggunakan sablon digital tidak terpaku pada minimal order sebab memang proses produksinya yang cepat serta mudah sehingga bisa dilakukan dengan mudah. Sedangkan untuk  sablon manual semakin banyak produksi, maka akan semakin minim pula biaya produksinya dan pada umumnya akan ada minimal order pada sablon manual.

Windofa Apparel jasa sablon digital sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala