MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Pelajari Jenis-Jenis Sablon Digital untuk Berbagai Media

  • 11 December 2023
  • Windofa Apparel
Pelajari Jenis-Jenis Sablon Digital untuk Berbagai Media

Jasa Sablon Digital - Seiring perkembangan teknologi, kini terdapat teknologi berupa mesin khusus yang dapat dimanfaatkan untuk mencetak desain di atas kain ataupun kaos, baik secara langsung ataupun dengan menggunakan media transfer perantara. Teknik sablon kaos seperti ini disebut dengan sablon digital.

Terdapat berbagai jenis sablon digital, diantaranya ialah sebagai berikut :

Direct to Garment (DTG)

Direct to Garment (DTG) merupakan jenis sablon digital printing yang banyak digunakan dalam industri pakaian. Proses yang satu ini memungkinkan pencetakan secara langsung gambar berwarna ke pakaian misalnya ke kaos, kemeja, dan juga sweter. DTG mampu menghasilkan gambar yang tajam dan juga detail, yang mana jenis ini sangat cocok digunakan untuk mencetak desain pakaian yang rumit dan juga berwarna-warni.

Direct to Film (DTF Printing)

Sablon DTF (Direct to Film) merupakan salah satu teknik sablon digital yang dipakai untuk mencetak gambar/desain ke permukaan kain maupun tekstil. Metode yang satu ini secara khusus dikembangkan guna mencetak gambar maupun desain yang rumit dengan berbagai warna pada kain yang mampu menghasilkan sablon yang tajam dan juga berkualitas tinggi.

Proses sablon DTF dimulai dengan mencetak gambar/desain di film atau pada lembaran khusus yang menggunakan lapisan yang bisa menempel pada kain. Film tersebut kemudian ditempelkan ke atas permukaan kain yang akan dicetak. Kemudian, kain bersamaan dengan filmnya akan dijalankan melalui mesin pemanas yang akan meleburkan lapisan film tersebut sehingga gambar/desain bisa menempel dengan erat pada kain.

Dye Sublimation Printing

Dye sublimation printing merupakan teknik yang pada umumnya digunakan dalam pencetakan foto, pakaian olahraga, dan juga untuk desain interior. Proses tersebut akan melibatkan pencetakan gambar atau desain di kertas khusus yang kemudian dipanaskan serta gambar tersebut kemudian disebut dengan ‘sublimated’ ke permukaan, seperti kain. Hasilnya ialah gambar yang tahan lama dan juga tahan luntur dengan warna - warna yang cerah.

UV Printing

UV printing dilakukan dengan lampu UV untuk mengeringkan tinta ketika mencetak pada berbagai permukaan yang keras misalnya pada kaca, kayu, ataupun plastik. Ini merupakan metode yang sangat serbaguna dan juga bisa digunakan untuk membuat signage, hiasan, dekorasi interior dan banyak lagi. UV printing bisa digunakan untuk menciptakan gambar yang tahan terhadap cuaca dan juga terhadap sinar UV.

Baca Juga: Prinsip Desain Kaos Sablon yang Menarik

Latex Printing

Latex printing merupakan metode sablon digital yang cocok digunakan untuk mencetak gambar besar, misalnya poster atau banner. Tinta latex yang dipakai dalam proses tersebut cepat kering dan juga ramah lingkungan. Hasilnya ialah gambar yang tahan lama dan juga tahan air.

Ceramic Printing

Ceramic printing merupakan sebuah teknik yang dipakai didalam pembuatan porselen, ubin, dan juga keramik dekoratif. Gambar atau desain dicetak secara langsung pada permukaan keramik untuk kemudian dipecahkan dengan suhu tinggi. Ini mampu menciptakan produk dengan gambar yang tahan lama dan juga tahan panas.

Glass Printing

Glass printing ialah jenis sablon digital yang dipakai untuk mencetak gambar/desain di kaca. Teknik ini sering digunakan untuk pembuatan kaca dekoratif, panel dinding kaca, dan juga untuk furnitur kaca. Tinta khusus yang dipakai dalam proses ini mampu memberikan hasil cetak yang transparan serta tahan terhadap goresan.

Windofa Apparel Jasa Sablon Digital sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala