MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Perbedaan Sablon Kaos DTG dan DTF

  • 13 October 2023
  • Windofa Apparel
Perbedaan Sablon Kaos DTG dan DTF

Print DTF Meteran - Jika Anda ingin sablon kaos baik itu untuk kepentingan pribadi atau perusahaan, kini sudah banyak jasa print kaos yang bisa Anda pilih. Anda dapat memesan desain kaos sablon sesuai dengan selera serta kebutuhan. Namun, terkait dengan kualitas sablon memang berbeda-beda sesuai dengan teknik yang digunakan. Di antara beberapa teknik sablon, terdapat dua jenis teknik yang sering dipakai saat ini, yakni DTG dan DTF.

Lantas apa itu sablon DTG dan DTF? DTG (Direct to Garment) kini menjadi teknik sablon yang paling modern, terbaru serta sepenuhnya memakai mesin. Penyablon dapat mengatur pencetakan melalui komputer. Mesin yang digunakan akan bergerak secara otomatis langsung pada kaos dengan pengaturan yang telah diatur sebelumnya. Proses mencetaknya tidak lagi membutuhkan media untuk mentransfer ke atas kaos.

Dengan kata lain, cara kerja sablon DTG sama halnya seperti Anda print kertas menggunakan mesin printer. Perbedaannya baki yang biasanya dipakai untuk meletakkan kertas diganti dengan tempat khusus yang berguna untuk meletakkan kaos. Sedangkan DTF (Direct Transfer Film), perbedaannya dari DTG ialah untuk mentransfer cetakan ke permukaan kaos, diperlukan kertas film dan juga tepung perekat sablon.  

Perbedaan Metode Cetak Kaos DTG dengan DTF

Berikut beberapa perbedaan antara cetak sablon menggunakan DTG dan DTF:

Perbedaan Desain yang Digunakan

Perlu diketahui jika ternyata tidak semua desain bisa dicetak. Untuk sablon kaos transfer film DTF pengguna hanya dapat sablon dengan menggunakan desain warna solid. Desainnya perlu dimirror dengan menggunakan format file .PNG. Sementra itu, untuk print kaos DTG satuan pengguna bisa banyak melakukan experimen dengan sablon kaos menggunakan DTG RIECAT dengan desain warna solid, gradasi, tiga dimensi dan lain sebagainya.

Perbedaan Kualitas Hasil Sablon Kaos Custom

Hasil sablon kaos yang menggunakan teknik sablon DTF ialah elastis atau tidak mudah retak, memiliki ketahanan yang lebih kuat walupaun ditarik berkali-kali, texture halus ketika diraba, kualitas warna cetak kaos menggunakan riecat alfa cukup pekat, solid/ vivid dan juga tidak mudah luntur walaupun di uji tes cuci sikat.

Sementara itu, hasil sablon kaos menggunakan DTG RIECAT mempunyai texture yang halus ketika diraba, terlihat seperti retak apabila di tes tarik uji ketahanan. Hal ini disebabkan hasil print kaos DTG satuan akan mengikuti pori-pori kaos. Oleh sebab itu, gunakan kaos yang mempunyai gramasi 30s/40s dimana pori-pori kaosnya lebih kecil. Sedangkan untuk hasil sablon kaos DTG juga tidak mudah luntur meskipun dicuci berkali-kali.

Baca Juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Memesan Kaos Sablon di Konveksi Kaos

Perbedaan Jenis Tinta yang Digunakan

Sablon kaos DTF menggunakan tinta khusus yakni Vator Ink DTF dengan basic water base. Sehingga memang ramah terhadap head dan juga bisa mampu menghasilkan kualitas cetak kaos maksimal . Berikut beberapa keunggulannya :

  • Mempunyai kualitas hasil sablon yang lebih cerah
  • Bisa menghasilkan texture dengan warna yang solid, lebih glossy dan licin.
  • Hasil cetak DTF sama dengan kualitas dari hasil sablon DTG yang dan juga tajam
  • Hasil sablon lebih kenyal ketika diraba serta tidak mudah retak
  • Hasil sablon DTF bersifat elastis, tahan terhadap tarikan, tahan cuci serta tidak mudah luntur.

Sementara itu, untuk print kaos DTG pada umumnya dilakukan dengan menggunakan tinta textile germany basic water base yang mudah kering, sehingga ketika diaplikasikan untuk print kaos DTG, tinta dapat langsung menyerap ke dalam pori - pori kaos.

Windofa Apparel Print DTF Meteran sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala