MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Print DTG vs DTF: Metode Mana yang Harus Dipertimbangkan?

  • 11 May 2023
  • Tera Asysyifaa
Print DTG vs DTF: Metode Mana yang Harus Dipertimbangkan?

Print DTF Meteran - Industri sablon telah mendapatkan beberapa inovasi selama bertahun-tahun, dan banyak inovasi itu telah membuat gelombang. Dan salah satunya adalah sablon direct-to-film (DTF). Dengan keserbagunaannya yang luar biasa pada berbagai media, beberapa pihak yakin bahwa ini berarti akhir dari metode pencetakan direct-to-garment (DTG) yang populer; tetapi beberapa orang yang lain tidak begitu yakin.

Mungkin Anda telah melihat metode pencetakan DTF dan DTG sebagai bagian dari perluasan layanan untuk Anda di masa mendatang. Anda mungkin telah melakukan bisnis kaos selama beberapa waktu, tetapi Anda pasti ingin mencoba sesuatu yang baru dan menarik basis pelanggan baru. Anda telah mendengar banyak tentang keduanya, dan Anda ingin tahu apakah salah satu opsi ini dapat membawa bisnis Anda lebih jauh.

Membuat keputusan tidak begitu mudah. Berapa banyak Anda dapat berkomitmen untuk anggaran Anda? Cara sablon manakah yang paling baik untuk mengarahkan pelanggan baru kepada bisnis Anda? Bagaimana Anda tahu metode apa yang tepat untuk bisnis Anda?

Nah, jangan khawatir; biarkan artikel ini membantu Anda memutuskan apakah DTG atau DTF yang merupakan cara terbaik untuk bisnis Anda.

Membandingkan DTG dan DTF

Jika Anda baru mengenal industri ini atau ingin mengembangkan bisnis yang sudah ada, pertimbangkan petunjuk berikut sebelum Anda memilih salah satu solusi pencetakan pada kaos untuk kebutuhan Anda.

Waktu produksi

Pencetakan DTG adalah yang paling lambat dari dua solusi sablon karena mencetak desain baris demi baris. Untuk sablon DTG level awal, Anda akan mencetak antara 15 hingga 20 kaos per jam, tidak termasuk waktu yang Anda perlukan untuk melakukan pra-proses sebelumnya. Anda masih bisa mengurangi waktu dengan melakukan pre-treatment garmen terlebih dahulu atau dengan membeli garmen siap pre-treatment yang dijual di berbagai toko.

Dengan pengaturan peralatan yang tepat di toko Anda, Anda dapat menyelesaikan proses pencetakan, mulai dari pretreatment hingga heat press terakhir, dalam satu jam dengan enam hingga tujuh kaos siap. Pengoptimalan ruang kerja lebih lanjut dapat dengan mudah membuat Anda mendapatkan 15 hingga 20 kaos per jam.

Namun, dalam opsi sablon DTF, mencetak banyak desain pada satu film transfer membantu mengurangi waktu produksi secara signifikan. Berdasarkan beberapa perkiraan, Anda mungkin dapat mencetak 60 film transfer dalam waktu kira-kira setengah jam atau lebih sebelum menerapkan heat press pada desain ke garmen.

Masih membutuhkan tenaga manual untuk memotong dan memisahkan semua film yang dicetak, tetapi Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menyiapkan kaos daripada sablon DTG. Mengesampingkan pra-proses memberikan keuntungan waktu yang signifikan bagi sablon DTF dibandingkan sablon DTG.

Jumlah pesanan

Sablon DTG cocok untuk skala kecil, pesanan yang sangat sesuai dengan desain yang rumit dan berbagai warna. Sablon DTG memiliki waktu penyiapan yang singkat karena sangat mirip dengan mencetak dokumen. Setelah Anda melakukan pretreatment pada garmen dan membiarkan pretreatment setelah heat press, sejajarkan garmen dengan pelat sablon, ratakan semua lipatan, dan mulailah mencetak!

Oleh karena itu penting untuk memiliki proses pencetakan yang dioptimalkan dengan baik yang memungkinkan Anda mengeluarkan banyak hasil pada waktu yang tepat untuk memenuhi permintaan pelanggan. Anda masih harus memperhatikan output keseluruhan Anda sehingga Anda tidak menghabiskan terlalu banyak biaya produksi.

Baca Juga: 7 Tips Hemat Saat Order Kaos Custom

Daya tahan

Dalam hal daya tahan, kita akan melihat dari daya regang dan daya cuci sablon. Yang pertama mengacu pada seberapa baik sablon kembali ke bentuk aslinya setelah diregangkan beberapa kali dengan tangan. Yang kedua mengacu pada seberapa baik sablon bertahan setelah melalui banyak pencucian di mesin cuci.

Untuk sablon DTG, pakaian yang dicetak dengan pretreatment dan curing yang benar cukup tahan lama. Hasil cetak DTG biasanya bertahan hingga 50 kali pencucian lebih jika Anda merawatnya secara ekstra. Perhatikan bahwa ini dapat bergantung pada kain dan tinta yang Anda gunakan. Setelah beberapa waktu, Anda mungkin melihat retakan yang tersebar atau warna pudar di beberapa bagian sablon.

Jenis tinta, larutan pre-treatment, dan metode curing adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketahanan sablon terhadap peregangan atau bentuk keausan lainnya. Bereksperimen akan membantu Anda mencapai keseimbangan yang baik untuk mendapatkan hasil terbaik dari sablon Anda. Menggunakan heat press untuk kedua kalinya juga dapat memastikan tinta terpasang ke dalam substrat, yang selanjutnya meningkatkan daya tahannya.

Ambil kaos sablon DTF dan regangkan desainnya sebanyak mungkin. Anda mungkin memperhatikan bahwa desain kembali ke bentuk aslinya begitu Anda berhenti meregangkannya. Maka tidak ada stretch mark, sobekan, atau kerusakan pada sablon. Daya tahannya dalam pencucian juga lebih baik daripada DTG, terutama jika Anda merawat pakaian Anda dengan baik.

Windofa Apparel print DTF meteran sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala