MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Rincian Metode Sablon: Perbedaan Antara Sablon Digital dan Manual

  • 07 December 2023
  • Windofa Apparel
Rincian Metode Sablon: Perbedaan Antara Sablon Digital dan Manual

Jasa Sablon Digital - Jadi, Anda ingin memberi desain pada kaos? Anda sudah datang ke sumber yang tepat. Ada dua pilihan utama: sablon digital dan sablon manual. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan mungkin mudah untuk memilih salah satu dan menjalankannya.

Apa Bedanya?

Inilah yang perlu diingat: Sablon manual lebih baik untuk desain dalam jumlah besar dan sederhana yang tidak memerlukan detail rumit.

  • Tinta diaplikasikan langsung ke kaos melalui stensil, sehingga memudahkan untuk memastikan desain sejajar dengan benar.
  • Selain itu, sablon bisa dilakukan pada hampir semua jenis kain, termasuk kaos, jaket, bahkan sepatu kanvas.
  • Namun sablon manual kurang cocok untuk desain yang rumit atau pesanan garmen dalam jumlah kecil.

Di sisi lain, pencetakan digital sangat ideal untuk desain yang lebih rumit atau pesanan beberapa kaos saja.

  • Desain dicetak terlebih dahulu pada kertas transfer lalu dipindahkan ke kaos dengan menggunakan panas.
  • Sablon digital menghasilkan gambar dengan kualitas jauh lebih tinggi.
  • Bisa mahal kalau butuh dalam jumlah banyak. Cocok untuk pesanan kecil dan khusus.

Jadi, saat memutuskan cara mencetak desain kaos Anda selanjutnya, pertimbangkan metode pencetakan mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Bagaimana Cara Kerja Sablon Manual?

Sablon manual sangat menarik karena menghasilkan gambar di atas kertas dengan mengoleskan tinta ke stensil. Stensil tersebut kemudian mentransfer desain ini ke kain dengan sangat presisi, yang memerlukan keterampilan dan pengetahuan khusus tentang tampilan setiap bagian jika diselesaikan dengan benar.

Sablon adalah teknik serbaguna yang digunakan pada berbagai permukaan, termasuk kertas, kaca, logam, dan plastik. Dan ini bukan hanya untuk kaos atau kain! Sablon dapat digunakan untuk membuat poster, keramik, dan bahkan cetakan seni rupa menonjol. Mengapa? Karena ketepatan pencocokan warnanya.

Anda bisa mendapatkan warna apa pun yang Anda butuhkan dengan sablon manual. Itu termasuk warna di luar jangkauan CMYK dan warna super banyak. Untuk kemampuan pencocokan presisi, tidak ada tandingannya, sejauh ini metode ini mengalahkan semua metode lainnya. Sablon juga menggunakan warna Pantone untuk memastikan merek Anda cocok dengan warna logo Anda. Hal ini penting jika Anda ingin tampilan yang konsisten di seluruh materi pemasaran, seperti kaos atau topi.

Baca Juga: Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Sablon Manual

Bagaimana Cara Kerja Sablon Digital?

Sablon digital, dengan cepat menjadi salah satu metode paling populer untuk mencetak pakaian karena sangat cepat dan serbaguna! Anda dapat mencetak logo atau desain Anda langsung ke kain apa pun tanpa harus bolak-balik mengubah desain. Seseorang mungkin memilih pencetakan digital ketika mereka sudah memiliki gambar akhir yang siap digunakan, sehingga menghemat waktu dalam memproses pesanan.

Berbeda dengan sablon manual, tidak perlu khawatir warna akan luntur atau pudar saat Anda menggunakan digital print. Pencetakan digital memadukan warna, seperti gradien, dengan kesempurnaan. Namun bagaimana pencetakan digital dapat menyelesaikan pekerjaannya? Singkatnya, pencetakan digital menggunakan file gambar untuk membuat cetakan.

Proses pencetakan digital dimulai dengan file digital dikirim ke printer yang menggunakan teknologi inkjet untuk mencetak gambar pada pakaian. Cetakan dibuat dengan memasukkan tetesan tinta kecil ke kertas atau media. Nozel kecil di head print mengontrol tetesan tinta tersebut. Dengan memvariasikan ukuran dan jarak tetesan, printer digital menciptakan beragam warna dan corak.

Beberapa tahun yang lalu, jika Anda ingin mencetak sesuatu berwarna, Anda dibatasi menggunakan proses empat warna. Namun kini, Anda bisa mencetak hingga enam warna dengan digital print. Dan itu belum termasuk semua warna abu-abu yang dapat dicapai oleh printer digital. Namun keunggulan pencetakan digital, selain aspek kenyamanan, ada pada detail halusnya!

Hal ini berbeda dengan sablon manual, yang memerlukan inspeksi manual selama prosesnya; pencetakan digital dengan mudah mendapatkan detail kecil, seperti garis, teks, dan semua sudut dan celah. Hasilnya, digital printing menjadi pilihan terbaik untuk mencetak produk yang membutuhkan tingkat detail tinggi.

Windofa Apparel jasa sablon digital sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala