MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Sablon PlastCharge, Apa pengertian dan keunggulanya?

  • 26 August 2024
  • tera asysyifaa
Sablon PlastCharge, Apa pengertian dan keunggulanya?

Dalam menggunakan kaos sablon sudah menjadi kewajiban bila kita harus mengenali berbagai jenis sablon beserta kelebihan dan kualitasnya. Guna dapat mempertimbangkan metode sablon apa yang akan kita gunakan. Termasuk dalam mempertimbangkan sablon plastcharge sebagai pilihan membuat kaos.

Mungkin sebelumnya Anda telah mengenal sablon discharge, salah satu metode sablon manual yang menghasilkan sablon dengan handfeel sangat halus. Dan memanfaatkan tinta berbasis air. Lalu sablon discharge sering disebut dengan sablon cabut warna, yaitu metode sablon yang memungkinkan merubah warna dasar kain hingga menjadi warna yang sama dengan warna tinta yang digunakan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Sablon Discharge

Lantas apa perbedaan dari sablon discharge? Dan apa kelebihan dari sablon tersebut?

Pengertian Sablon Plastcharge

Sablon plastcharge memiliki kepanjangan Plastisol Discharge atau dapat diartikan sebagai perpaduan antara sablon plastisol dan juga sablon discharge. Dengan menggunakan tinta plastisol serta memanfaatkan metode discharge.

Lebih lengkapnya sablon plastcharge memiliki sifat yang dapat merubah warna dasar kain sesuai dengan warna tinta yang digunakan. Namun sedikit berbeda dengan discharge, sablon plastcharge memanfaatkan tinta dengan basis minyak.

Pada dasarnya tinta plastisol memiliki handfeel yang solid pada permukaan kaos, nah bila pada sablon discharge dimaksudkan bagaimana caranya agar tinta sablon dapat menyerap ke dalam kaos. Tentu membutuhkan sedikit bantuan bahan kimia agar menghasilkan handfeel yang menyerap pada kaos. Itulah pengertian dari sablon plastcahrge.

Sablon ini termasuk dalam kaegori sablon manual, yang dimana masih menggunakan alat sederhana serta keterampilan seseorang dalam mencetaknya. Meski begitu untuk urusan hasil, tidak dapat diremehkan.

Hasil dari plascharge memiliki ketajaman warna yang baik serta detail kecil yang snagat rapih. Karena sabon ini juga didukung dengan berbagai kelebihan. Apa saja kelebihan dari sablon plastcharge?

Kelebihan Sablon Plastcharge

Menyerap Dengan Baik Pada Kain

Memiliki sifat yang sama dengan sablon discharge yaitu menyerap dengan baik pada kaos sehingga menghasilkan handfeel yang sangat halus. Tentu saja sifat menyerap total kedalam bahan memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan jenis sablon lainya.

Misalnya sablon plastisol dengan block desain yang besar akan sedikit menghalangi sirkulasi pada kaos. Dengan penyerapan besar maka proses sirkulasi akan tetap terjaga serta mengurangi efek gerah saat mengenakan kaos tersebut.

Selain itu, dengan menyerap secara sempurna kedalam bahan kaos. Maka sablon bertanda dapat menempel dengan baik. Dengan begitu kita tidak akan merasakan sablon mengelupas ataupun cepat dalam waktu dekat. Atau sering juga kita sebut dengan istilah awet.

Ketajaman Warna dan Detail Kecil Yang Baik

Mengacu pada penjelasan awal, bahwa sablon plascharge menggunakan tinta berbasis minyak saat mencetak desain. Dengan begitu sifat dari tinta berbasis minyak tentu ikut turun. Diantaranya mudahnya dalam menurunkan detail kecil.

Yaitu tinta dapat mengisi hingga detail terkecil dari desain yang dicetak. Dan juga hasil dari sablon tersebut akan menghasilkan warna yang cerah dan juga tajam. Itulah keunggulan dalam menggunakan tinta berbasis minyak.

Karena berbeda dengan tinta berbasis air, yang butuh sedikit usaha dalam mengarahkan tinta untuk dapat mengisi pada detail kecil pada desain sablon. Maka dari itu sablon plastcharge dirasa sangat pas untuk dimanfaatkan dalam membuat desain yang kompleks.

Permukaan Sablon Yang Halus

Sudah menjadi rahasia bahwa tekhnik dscharge ataupun plastcharge akan menghasilkan sablon dengan penyerapan sempurna. Dengan begitu maka ketika dipegang sablon akan terasa halus dan juga nyaman.

Hal ini akan lebih terasa ketika membandingkan dengan sablon rubber ataupun sablon plastisol. Dan kita coba untuk memegang sablon-sablon tersebut secara bersamaan dengan sablon plastcharge. Pasti akan terasa perbedaan yang signifikan.

Dapat Disetrika Secara Langsung

Berbeda dengan sablon plastisol ataupun rubber yang memilki volume sablon pada permukaan kaos. Sehingga akan mudah rusak dan meleleh ketika disetrika secara langsung. Tenang, hal tersebut tidak akan terjadi pada sablon plascharge.

Karena penyerapan pada kaos secara sempurna membuat sablon plascharge tidak akan bermasalah ketika di setrika secara langsung. Apalagi mengelupas ataupun meleleh.

Namun dibalik kelebihan yang beragam dari sablon plaschare, terdapat pula kekurangan dari sablon ini. Meski begitu kekurangan ini dirasa tidak bisa mengurangi kelebihan yang dimiliki oleh sablon plascharge.

Kekurangan Sablon Plastcharge

Biaya Operasional Yang Tinggi

Dengan kelebihan segala rupa, serta teknis yang cukup rumit dan didukung dengan bahan terbaik. Sablon plastcharge dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Apalagi bila memanfaatkan warna yang cukup beragam.

Namun kita bisa mengakali dengan memesan sablon dengan jumlah yang cukup besar atau banyak. Karena di Windofa Apparel semakin banyak jumlah pesanan maka akan semakin murah.

Resiko Tinggi

Meski masuk dalam kategori sablon manual, sablon plastcharge memiliki resiko kegagalan yang cukup tinggi. Dikatakan demikian karena dalam prosesnya menyamakan warna dasar kain dengan warna tinta dibutuhkan zat activator.

Pada proses peleburan warna tersebut, pekerja dituntut memilki keterampilan serta ketelitian yang cukup tinggi. Karena proses tersebut merupakan proses vital untuk menghasilkan sablon yang cukup baik.

Apalagi bila sablon plastcharge tidak terlalu terlihat warnanya ketika belum melalui proses pengepressan. Baru akan terlihat sempurna bila telah melalui proses tersebut. Di situlah ketelitian dibutuhkan.

Itulah gambaran dari apa itu sablon plastcharge. Pastikan untuk memahami terlebih dahulu pengertian dari berbagai metode sablon sebelum memanfaatkanya dalam membuat kaos sablon. Dapatkan penawaran menarik untuk jasa sablon di @windofaapparel.

 

 

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala