MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Sablon Sublimasi Vs DTG, Mana yang Pas untuk Bisnis?

  • 28 March 2024
  • Windofa Apparel
Sablon Sublimasi Vs DTG, Mana yang Pas untuk Bisnis?

Jasa Sablon Digital - Sebagai pemilik bisnis kustomisasi garmen kecil-kecilan, ada beberapa teknik pencetakan atau sablon yang bisa dipilih. Apakah Anda baru memulai dan mencari metode yang paling hemat anggaran atau Anda berpikir untuk berinvestasi pada peralatan baru untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya, dua metode yang perlu Anda pertimbangkan adalah sublimasi dan direct-to-garmen (DTG). Teknik-teknik ini semakin populer dengan cepat dan dapat membantu Anda meningkatkan produksi tanpa mengorbankan kualitas.

Baik sablon sublimasi maupun DTG menawarkan banyak keuntungan, namun ada beberapa kelemahan yang juga harus Anda waspadai. Sebelum memilih satu untuk bisnis Anda dalam melayani kaos massal, baca postingan blog ini untuk mengungkap beberapa informasi bermanfaat.

Sablon Sublimasi

Sablon sublimasi pewarna adalah proses di mana suatu desain dicetak pada kertas khusus dan kemudian dipindahkan ke kaos atau pakaian lain. Gambar ditransfer melalui proses kimia di mana tinta padat melewati keadaan cair dan menjadi gas. Proses ini dipicu oleh penerapan panas. Ketika panasnya dihilangkan, gas menjadi padat kembali.

Anda hanya dapat menggunakan metode sablon ini untuk mencetak pada media poliester dan berlapis polimer. Jika Anda lebih menyukai topi dan kaos grosir yang terbuat dari serat alami seperti katun, cara ini mungkin tidak cocok untuk Anda.

Sablon sublimasi menghasilkan rasa yang sangat halus dan merupakan pilihan terbaik untuk desain fotografi. Tidak ada metode yang lebih baik untuk menciptakan hasil yang realistis. Dalam metode sablon ini, tinta menyatu dengan kain, bukan menempel di atasnya. Hal ini memastikan bahwa desain akan bertahan hingga ratusan kali pencucian tanpa memudar.

Metode penyesuaian ini sangat baik untuk jumlah kecil yang terdiri dari 20 pakaian atau kurang. Karena desainnya perlu dicetak terlebih dahulu pada kertas transfer khusus, maka proses ini lebih lambat dibandingkan sablon langsung ke garmen. Namun, ketika Anda memerlukan sablon berkelanjutan dan karya seni berkualitas foto, tidak ada yang lebih baik daripada sublimasi.

Sablon Direct to Garmen (DTG)

Sesuai dengan namanya, sablon direct-to-garment melibatkan penambahan gambar langsung ke pakaian menggunakan printer khusus. Sablon DTG adalah yang kedua setelah sablon dalam hal popularitas dan memungkinkan Anda membuat desain yang detail dan penuh warna. Prosesnya mirip dengan menggunakan printer inkjet biasa untuk mencetak di atas kertas. Namun bedanya, printer DTG didesain untuk mencetak langsung pada kaos dan pakaian lainnya dengan menggunakan tinta berbahan dasar air yang diserap oleh kain.

Pakaian dengan sablon DTG dapat bertahan melalui beberapa kali pencucian dan tetap bertahan selama bertahun-tahun. Printer DTG juga memungkinkan Anda mencetak kaos dengan desain yang menampilkan lebih dari 16 juta warna dalam sekali print. Tinta juga mengering hampir seketika, jadi tidak perlu khawatir akan noda.

Anda dapat menggunakan sablon DTG untuk menyesuaikan berbagai macam serat dan campuran alami. Anda juga dapat mencetak dengan warna apa pun, sehingga Anda bahkan dapat menggunakan metode ini untuk menyesuaikan kaos tie dye. Selama medianya rata, Anda dapat menyesuaikannya menggunakan printer DTG.

Baca Juga: Heat Transfer Vs Sablon: Apa Bedanya?

Untuk jumlah kurang dari 100 kaos, sablon DTG umumnya lebih hemat biaya dibandingkan sablon. Metode sablon ini juga cepat. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyiapkan dan menyiapkan sablon kaos, Anda bisa mencetak menggunakan metode DTG dalam hitungan menit.

Mana yang Terbaik untuk Usaha Kecil dan Menengah?

Bila Anda memiliki usaha kecil dan menengah, keputusan umumnya didasarkan pada biaya investasi awal dan efektivitas biaya peralatan secara keseluruhan. Apakah Anda memilih untuk menawarkan sablon DTG atau sublimasi, Anda akan dapat memberikan layanan hemat biaya untuk jumlah kecil. Kedua teknologi tersebut relatif terjangkau, tetapi Anda mungkin harus mengeluarkan lebih banyak uang di muka untuk membeli printer DTG daripada printer sublimasi.

Kedua metode ini bekerja dengan baik untuk menciptakan produk berkualitas tinggi yang akan menyenangkan pelanggan Anda yang paling pemilih sekalipun. Namun, perlu diingat bahwa sublimasi adalah pilihan yang lebih baik untuk mencetak desain dan foto yang sangat detail. Namun metode ini memerlukan lebih banyak waktu, dan Anda perlu berinvestasi pada mesin press panas selain printer sublimasi, kertas, dll.

Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis Anda saat ini, berinvestasi pada peralatan sablon DTG atau sublimasi akan menjadi investasi yang solid. Pertimbangkan tujuan bisnis Anda serta pro dan kontra yang tercantum di atas untuk menentukan mana yang tepat untuk Anda.

Windofa Apparel jasa sablon digital sekaligus menjadi distributor resmi untuk produk kaos polos dari berbagai brand ternama di dunia, mulai dari Gildan, Alstyle Apparel & Activewear, Win Cloth, New States Apparel, Fruit of The Loom, American Apparel, dan brand terkemuka lainnya. Selain itu, Windofa Apparel juga menyediakan bermacam jenis pakaian, mulai dari T-Shirt, Hoodie, Crewneck, Raglan, Polo serta pakaian lainnya, dengan kualitas jahitan yang berkualitas, kuat dan juga rapi. Yang juga ditunjang dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang ingin tampil beda, membuat T-Shirt khusus untuk keluarga, komunitas, fans club, atau ingin mendesain pakaian couple dengan pasangan, Windofa Apparel adalah spesialis toko kaos polos yang juga menyediakan jasa sablon manual serta jasa sablon digital dan jasa cetak DTF yang tentu saja dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin belanja di Windofa Apparel, ada banyak keunggulan yang dapat Anda nikmati, diantaranya:

  • Windofa Apparel menyediakan berbagai varian dan ukuran pakaian paling lengkap, yang tentu bisa disesuaikan dengan Anda.
  • Produk yang ditawarkan pastinya memiliki kualitas terbaik tetapi dengan harga yang terjangkau.
  • Payment dilakukan dengan menggunakan metode transfer langsung melalui rekening Bank yang populer di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI dan bank lainnya.
  • Dukungan shipping partner terkemuka, membuat Windofa Apparel selalu ada untuk mengirimkan pesanan Anda ke seluruh wilayah di Indonesia.

Anda bisa berbelanja secara langsung ke toko offline atau secara online melalui website resmi Windofa Apparel di halaman ini atau menghubungi kontak person yang disediakan. Selain itu, dengan mudah Anda dapat menemukan produk Windofa Apparel di e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Facebook dan Instagram serta Platform media sosial yang lainnya.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala