MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Tips Membuat Sablon Plastisol Berkualitas

  • 04 July 2024
  • toko kaos polos
Tips Membuat Sablon Plastisol Berkualitas

Seperti kita ketahui sablon plastisol dapat menghasilkan sablon dengan pilihan warna beragam yang dilengkapi dengan ketajaman dari warna tersebut. Untuk kontras dan kecerahan sablon plastisol menawarkan tingkat kecerahan yang mupuni serta kontras yang masih terbilang eye catching.

Sablon Plastisol menggunakan tinta berbasis minyak yang tidak dapat larut dengan air dan berbahan baku pvc. Menjadikan sablon plastisol memiliki tekstur yang kokoh dan kuat. Karena tinta tersebut menyerap serta menempel secara sempurna pada serat kain.

Baca Juga : Mengenal Sablon Plastisol dan Kelebihanya

Sablon plastisol sering kita jumpai di beberapa produk garment seperti jaket, hoodie, kaos ataupun polo. Item-item tersebut sering dimanfaatkan sebagai media souvenir, untuk promosi atau sekedar memberikan hadiah.

Dengan begitu, tentu membutuhkan pemilihan warna yang tepat guna memaksimalkan hasil dari sablon plastisol. Misalnya kita ambil produk kaos, bagaimana cara memilih perpaduan yang tepat antara warna kaos dan juga pemilihan tinta untuk menghasilkan sablon plastisol yang menarik?

Untuk lebih memberikan penjelasan, kami akan mejelaskan secara point-point memilih warna sablon plastisol ala windofa apparel.

Pilihan Bahan Yang Tepat

Pertama tama, kita harus memilih bahan media yang tepat. Baik kaos ataupun hoodie. Karena pemilihan bahan mempengaruhi bagaimana sablon itu akan tercipta. Lantas bahan seperti apa yang harus kita pilih?

cotton combed

Pilihan yang paling tepat untuk mengaplikasikan sablon plastisol ialah kain polyester ataupun kain dengan serat cotton yang memiliki tekstur halus, serta serat kain yang rapat. Misalnya cotton combed varian 30s.

Hal ini dimaksudkan guna sablon akan menyerap secara sempurna pada serat kain yang rapat. Kerpatan serat kain nantinya membuat hasil dari sablon ikut rapat dan tidak pecah-pecah. Karena tinta akan membentuk mengikuti serat kain.

Selain itu, kain seperti cotton combed yang memiliki serat rapat akan lebih tahan dalam proses pemanasan. Sehingga tidak mudah robek ataupun melar.

Pilih Warna Plastisol Yang Kontras Dengan Kain

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan ialah pemilihan warna kain yang kontras dengan tinta plastisol. Tinta plastisol tidak terpengaruh oleh warna dasar kain, sehingga pemilihan warna kontras atau tak senada tidak akan mempengaruhi kualitas dari sablon.

Namun pemilihan kontras yang baik, akan lebih memberikan taste lebih terhadap karya kaos atau hoodie yang kita kolaborasikan dengan sablon plastisol. Misalnya pemilihan warna kain hitam yang dipadukan dengan warna putih untuk sablonnya.

Atau pergunakan warna kain serta pemilihan tinta dengan tone yang senada namun tak sama. Karena kesamaan saturasi dan juga nada daoat menghasilkan sablon yang lebih elegant.

Serta perlu diingat, hindari pemilihan warna yang sama persis, dengan bahan kain. Karena hal tersebut akan membuat sablon tidak tampak ataupun nampak kusam.

Sesuaikan Desain Agar Terlihat Proporsional

Dalam menentukan desain untuk sablon plastisol, hal pertama yang perlu diingat adalah pilih atau buat desain yang dapat di sesuaikan dengan produk yang dibuat. Misalnya buat logo sebuah perusahaan bila ingin mencetaknya pada bagian dada kaos.

Desain sablon plastisol dapat berupa gambar, kata-kata, angka, logo dan perpaduan diantaranya. Maka sangat penting untuk menentukan ukuran serta peletakan yang mengikuti bentuk dari bahan yang dibuat.

Hindari untuk membuat desain yang terlalu besar ataupun terlalu kecil. Karena hasilnya bisa nampak hilang ataupun kurang proporsional.

Jangan lupakan peletakan, peletakan proporsionla pada kaos akan menampakan sisi sablon plastisol dalam keadaan prima. Ada beberapa spot yang bisa dipilih, seperti dada, perut, punggung belakang, hingga lengan dan bahu.

Untuk ukuran desain, bila ingin memanfaatkan seluruh bagian depan kaos dapat mengadopsi ukuran A4 ataupun A5. agar desain tetap terlihat elegant. Dan atur ukuran dengan tujuan untuk apa produk tersebut dibuat. Apakah kaos seragam gathering, seragam tim olahraga, seragam komunitas atau hanya sekedar kaos sablon custom.

Pergunakan Mockup

sablon plastisol

Agar dapat memberikan gambaran yang lebih baik, tak ada salahnya untuk memanfaatkan metode mock up untuk membuat sebuah simulasi kaos serta jacket yang akan dibuat. Karena mockup berguna untuk memadukan sebuah warna bahan beserta desain plastisol agar memberikan keyakinan bahwa desain serta pemiihan warna sudah tepat.

Selain itu, gambaran peletakan dari desain yang akan dibuat juga dapat tergambar lebih baik melalui mockup. Ada beberap aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah mockup, seperti canva, adobe photoshop dan juga freepik.

Atau, bila Anda dapat menemukan konveksi kaos sablon yang berkualitas, Anda akan mendapatkan mockup desain sebagai bahan approval secara gratis. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk membuatnya.

Itulah 4 hal yang dapat kita lakukan untuk memadukan warna serta bahan untuk menghasilkan sabon plastisol yang berkualitas. Ikuti social media windofa apparel di @widofaapparel untuk mendapatkan informasi seputar sablon ataupun kaos polos. Windofa Apparel menawarkan berbagai jasa sablon dengan harga bersaing dan kualitas yang mumpuni.

IRFAN
IRFAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
ANNISA
ANNISA
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
EVI
EVI
+6285183159405
WhatsApp (Fast Respon)
PAYMENT
Payment Option
BCA
6090589405
a/n : Windofa Apparel CV
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala