MENU
How to Order
ARTICLE
Latest Update

Cara Mengenali Jahitan Kaos Polos Distro Yang Berkualitas

  • 11 March 2022
  • windofaapparel
Cara Mengenali Jahitan Kaos Polos Distro Yang Berkualitas

Untuk membuka usaha jual custom kaos, tentu bahan kaos polos menjadi sangat penting. Sayangnya, banyak orang tidak tahu cara membedakan kualitas kaos dengan benar. Umumnya, orang hanya meihat pamor dan brand konveksi kaos tanpa melihat dekat produknya.

Hal ini tentu kurang baik bagi Anda yang menginginkan kaos custom. Karena itu, pada artikel kali ini, mari gali bersama cara yang bisa Anda gunakan untuk mengenali kaos polos distro bagus hanya dari jahitannya. Berikut adalah pembahasannya!

Kenali Dulu Berbagai Jenis Jahitan Kaos

Sama saja seperti mengetahui harga Sablon Kaos Plastisol yang relatif mahal karena kualitas tinta print yang digunakan lebih berkualitas, Anda perlu kenali dulu jenis jahitan pada kaosnya. Untuk memastikan Anda tidak salah mengenali kaos berdasarkan kualitas jahitannya, mari bahas dulu jenis jahitan yang ada di kaos berikut ini:

Stick Overdeck

Jahitan ini adalah jenis yang dipasang menggunakan mesin jahit khusus. Nama mesin tersebut adalah high speed overdeck, jadi jahitannya juga diberi nama hal tersebut. Jenis jahitan kaos ini dijumpai pada area bawah lengan kaos. Umumnya, aplikasi jahitan ini bisa juga dipakai untuk tipe kaos oblong.

Jika sering cetak kaos DTF yang wrap sampai lengan, Anda harus perhatikan kualitas jahitan ini. Jangan sampai jahitan tidak rapi dan malah membuat wrap gambar DFT yang digunakan jadi tidak bagus.

Stick Small Stitch

Jenis jahitan ini adalah jahitan kecil yang digunakan untuk memperkuat posisi rib pada kaos. Biasanya karena ukuran kecil dan cenderung simple, banyak orang tidak memperhatikannya. Namun, jahitan kecil ini memegang peran penting dalam bentuk kaos dan kekuatannya.

Stick Large Stitch

Jenis jahitan ini adalah jahitan besar yang digunakan untuk kunci area obrass, badan dan rib dari kaos. Penggunaan jahitan ini lebih pada lapisan tambahan untuk memperkuat struktur kaos. Karena mampu memperkuat kaos, tidak aneh jika penggunaan jahitan ini lebih umum pada pakaian anak – anak yang masih aktif bergerak.

Decoration Stick

Jahitan ini disebut juga stick overdeck kumis. Fungsi jahitan ini umumnya adalah dekorasi. Jadi misalkan Anda tidak ingin hasil sablon karet plastisol terlihat bland dan terlalu sederhana, di sekitarnya bisa Anda pakaikan jenis jahitan ini di area strategis untuk tampilan kaos.

Mengenali Kriteria Jahitan Kaos Berkualitas

Setelah tahu jenis jahitan dan fungsinya, sekarang waktunya menggunakan identifikasi kualitas jahitan di atas untuk analisa. Untuk memastikan kualitas kaos tinggi, pastikan cek hal – hal penting berikut ini: 

Hasil Jahitan Harus Rapi ke Arah Dalam

Untuk melihat kualitas jahitan kaos distro, bandingkan tingkat rapi jahitan. Pastikan jahitan tidak memiliki jeda besar tampak constant dan seragam. Jahitan ini harus selalu mengarah ke dalam agar tidak terlalu menonjol.

Jahitan yang Digunakan Bukan Sambungan

Jahitan dengan kualitas baik selalu menggunakan satu benang panjang yang kuat. Jika bagian jahitan menggunakan benang sambungan, Anda harus langsung curiga. Penggunaan benang satu panjang bukan sambungan adalah untuk pastikan kekuatan jahitan tersebut.

Lulus Test Uji Sobek

Konveksi kaos yang populer, pasti memiliki standar tersendiri sebelum jual kaos mereka. Umumnya, standar yang penting harus lulus adalah tes sobek. Tes ini menentukan apakah jahitan kaos sudah kuat dan kencang. Jika benang yang digunakan tidak bagus dan mudah sobek, pasti kualitas kaos tersebut tidak bagus dan belum layak jual.

 

       Baca juga : Panduan Memilih Sablon Manual & Digital untuk Branding

 

Sambungan Jahitan Harus Rapi dan Seragam

Pada bagian kaos, ada yang namanya sambung jahitan. Jenis jahitan ini umumnya berupa jahitan besar, overdeck ataupun obrass. Jahitan ini berada di area bawah lengan, ketiak ataupun sepanjang rib. Jenis jahitan ini harus rapi jika ingin kaos tergolong kualitas.

Kualitas jahitan yang rapi ini sering ditemukan pada kaos sablon karet timbul ataupun sablon biasa kelas premium. Jika menemukan tampilan jahitan rapi sambungannya, Anda harus siap keluar kocek besar hanya sekedar bertamu.

Lebar Sambungan Harus Kecil Pada Bagian Dalam

Test kualitas yang bisa dilakukan adalah dengan melihat lebar sambungan jahitan kecil pada bagian dalam kaos. Pada pabrik kaos polos combed 30s, penilaian standar dengan cek bagian jahitan dalam kaos digunakan untuk jaga standarisasi hasil produksi kaos. Hal ini berhasil dan banyak kaos bagus selalu keluar dari pabrikan tersebut.

Terlihat Ada Jahitan Rantai Pada Area Penting Kaos

Cek apakah ada jahitan rantai pada kaos. Jika ada, ini adalah tanda kualitas kaos tinggi. Jahitan rantai memakan banyak waktu dilakukan dan umumnya adalah tanda dedikasi pembuat kaos untuk menggunakannya.

Tidak Boleh Ada Sisa Benang di Ujung Akhir Jahitan

Pada kaos sablon rubber bagian jahitan bisa ditutupi agar lebih rapi dengan gambar. Sayangnya jika di kaos polos, kerapian benang bisa jadi indikator kualitas. Kaos yang bagus umumnya memotong semua sisa benang yang mencuat dan membuatnya jauh lebih rapi.

Penggunaan Alat Modern dengan Kualitas Baik

Sama seperti sablon yang hasilkan cetak bagus jika pakai alat print bagus juga, hal ini berlaku untuk jahitan ternyata. Bayangkan sablon DTF yang pakai alat murah, pasti cetak transfernya tidak terlalu bagus warna dan tampilannya. Sekarang bandingkan jahitan. Jika pakai alat obrass ataupun mesin jahit lama, hasilnya pasti tidak rapi dan perlu perbaikan manual agar tampil lebih baik.

Karena itu, sebisa mungkin cari informasi apakah produsen pakai alat modern atau tradisional terlebih dahulu. Info ini penting dalam tentukan kualitas sebelum beli kaos banyak dari produsen tersebut.

Selalu Pertimbangkan Harga dan Kualitasnya

Walaupun sudah tahu teknik pilih kualitas kaos dari segi jahitan, Anda harus tetap pertimbangkan harga juga. Contoh saja Anda ingin membuat sablon kaos DTF (Direct to Film) untuk pemakaian pribadi. Sablon ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan sablon manual plastisol. Jika menggunakan kaos dengan kualitas tinggi, biaya pembuatan kaosnya pun akan seimbang dari segi harga.

Kombinasi harga produksi yang cukup tinggi akan membuat harga jual Anda juga harus ditingkatkan. Sayangnya tidak semua orang tertarik pada kaos mahal, apalagi tanpa brand. Karena itu, banyak yang memilih kualitas kaos standar untuk teknik sablon relatif mahal.

Anda juga tentunya akan tahu perbedaan DTF dan DTG terutama dari segi harga. Pertimbangkan teknik sablon mana yang worth it dipadu dengan kualitas kaos yang juga berkualitas.

Sekarang Anda Bisa Analisa Sendiri Kualitas Jahitan Kaos Distro Polos

Dengan mengacu pada pengetahuan analisa di atas, Anda sekarang bisa memilih lebih baik mengenai bahan kaos sablon. Menggunakan kaos kualitas baik dan sablon yang tentunya cocok. Jika saja di pasaran harga sablon rubber satuan rata – rata hanya 40 ribu Rupiah saja, Karena memakai bahan kaos kualitas tinggi, Anda bisa menjual di harga rata – rata Rp, 60.000.

Meningkatkan kualitas kaos yang baik dan juga memperkenalkan teknik sablon yang cocok, sekarang Anda bisa gunakan trik ini untuk jadi yang lebih kompetitif.

Sekian pembahasan tentang cara membedakan kaos dengan jahitan berkualitas, semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk Anda dalam memilih bahan kaos polos beserta jahitanya!

IRFAN
IRFAN
+62 815-8456-6554
WhatsApp
ANNISA
ANNISA
+62 812-8426-726
WhatsApp (Fast Respon)
AMAN
AMAN
+62 878-8669-0280
WhatsApp
EVI
EVI
+62 813-8137-2434
WhatsApp
PAYMENT
Payment Option
BCA
2180025319
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
Mandiri
1270005073778
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BRI
033001044536509
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
BNI
399499219
a/n : Irawan Kusuma Wijaya
SHIPPING
Shipping Partner
gojek
grab
sicepat
jne
jnt
anteraja
tiki
lion parcel
pos
deliveree
wahana
MEX
dakota
indah cargo
mps
herona
cititrans
pahala